Peran Strategis Seskoal Dalam Pengembangkan Pendidikan TNI AL

  • Whatsapp
Peran Strategis Seskoal Dalam Pengembangkan Pendidikan TNI AL


Suara-Pembaruan.com – Ketua DPR RI Puan Maharani Sebut Seskoal Punya Peran Strategis untuk Pengembangan Pendidikan di TNI AL. Saat Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani memberikan kuliah umum di sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan pentingnya sumber daya manusia yang punya loyalitas tinggi pada negara.“Kekuatan pertahanan negara sangat membutuhkan sumber daya manusia, prajurit TNI, yang tidak hanya andal tetapi juga memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi,” ungkap Puan.

Dalam kesempatan itu, Puan menegaskan bahwa DPR RI mendukung upaya membangun kekuatan TNI untuk melaksanakan pertahanan negara. Namun, langkah itu membutuhkan cara pandang geopolitik yang menempatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Maka pembangunan kekuatan TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di laut, sekaligus sebagai salah satu komponen kekuatan maritim, adalah suatu kebutuhan dalam pembangunan pertahanan Negara,” ungkap Puan.

Dalam kuliah umumnya, Puan berharap Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut atau (Seskoal), sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut, melaksanakan peran strategis dalam mempersiapkan think tank dan center of excellence on naval and maritime science.

Adapun beberapa isu nasional yang menurut Puan perlu menjadi fokus dan atensi Seskoal sebagai lembaga think tank dalam bidang pertahanan matra laut.

Mulai dari agenda Indonesia sebagai poros maritim dunia, pengamanan wilayah batas maritim dengan 10 negara tetangga yang masih belum tuntas, maritime security, serta Minimum Essential Force (MEF) pertahanan negara aspek matra laut yang akan berakhir pada tahun 2024.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *