Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Mobil Pertama untuk Pasangan Muda | Suara-Pembaruan.com

  • Whatsapp
Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Mobil Pertama untuk Pasangan Muda | YuKepo.com


Bacaan Lainnya

banner 300250

unsplash.com

Memiliki mobil masih jadi impian sebagian besar orang. Beberapa kalangan menganggap mobil adalah simbol kesuksesan. Kendaraan pribadi ini juga masih jadi incaran banyak pasangan muda yang baru menikah. Kriteria mobil pertama untuk pasangan muda biasanya beragam tergantung dari personalitinya.

Menggunakan kendaraan pribadi pasti akan lebih nyaman apalagi jika sudah ada kehadiran buah hati. Mobil lebih melindungi daripada motor untuk memboyong anggota keluarga pergi ke luar rumah. 

Meski sudah menimbang-nimbang alasannya, membeli mobil untuk pertama kali sering kali tidak mudah. Nggak semua orang ngerti mesin mobil, otomotif, dan hal lain yang sebenarnya penting untuk diketahui. Selain alasan harga, beberapa tips berikut akan diberikan untuk menemukan mobil pertama untuk kalian.

1. Memilih jenis yang dibutuhkan



pixabay.com

Memiliki mobil pertama biasanya panjang angan-angan. Inginnya begini dan begitu tanpa memikirkan prioritas dan tujuannya. Kamu harus tahu jenis mobil apa yang dibutuhkan. Apakah mobil keluarga untuk banyak anggota keluarga, mobil kecil, atau mobil minibus? Jangan membeli yang nantinya hanya akan nganggur di garasi.



2. Tempat duduk



pixabay.com

Kalau butuh mobil keluarga, semua mobil yang ditujukan untuk segmentasi keluarga umumnya punya tempat duduk tiga baris. Mobil jenis ini ideal untuk yang punya banyak anggota keluarga dan bisa mengangkut penumpang maksimal tujuh orang.

Kalau baru punya satu anak dan tidak ada anggota keluarga lagi, belilah mobil dengan tempat duduk dua baris. Kapasitasnya masih cukup untuk membawa lima orang.

Kalau punya rencana sering berlibur dengan keluarga dan mengajak orang lain seperti orang tua dan mertua, beda cerita. Kamu bisa membeli mobil dengan tempat duduk tiga baris supaya bisa seru-seruan sekeluarga.

3. Baru atau bekas



pixabay.com

Pilihan ini juga penting untuk jadi pertimbangan. Ingin punya mobil keluaran baru dengan nominal harga yang relatif mahal atau mobil bekas yang lebih terjangkau? Pertimbanga ini mempengaruhi kondisi mesin dari mobil tersebut.

Memang lebih aman membeli mobil baru dibandingkan membeli bekas dengan segala risikonya. Bagi orang awam, awam yang tak begitu mengerti riwayat penggunaan mobil second, bisa saja lebih memilih yang bekas. Harganya cukup jauh daripada mobil baru. Tapi mungkin saja biaya perawatannya yang lebih mahal karena ada banyak perbaikan di sana-sini.

4. Mobil baru yang murah


pixabay.com

Kalau nggak berani ambil risiko membeli mobil bekas, lebih baik membeli mobil baru saja. Memiliki mobil baru punya banyak kelebihan. Tentunya kamu harus punya budget yang cukup untuk sebuah mobil baru meskipun sudah ada banyak jenis mobil yang cukup ramah di kantong.

Kalaupun mau ambil cicilan, ambil jangka waktu cicilan yang tidak lebih dari empat tahun. Usahakan pula agar cicilan nggak lebih dari 35% total penghasilan bulanan uangmu nggak boros hanya untuk mobil baru.

5. Cari yang irit


pixabay.com

Memiliki mobil yang irit sangat membantu menghemat cash flow bagi yang mobilitasnya tinggi. Ketika sudah punya keputusan untuk membeli mobil, artinya kamu sudah siap dengan segala risikonya. Termasuk biaya perawatan, biaya operasional, dan dana darurat untuk mobil jika sewaktu-waktu mengalami kendala.

Maka, ada baiknya jika mobil pertamamu adalah mobil yang mesinnya bisa irit bahan bakar. Umumnya semakin tinggi kapasitas mesin, semakin tinggi pula konsumsi bahan bakar. Selain itu, kapasitas mesin mobil juga berimbas pada jumlah pajak yang harus dibayarkan. Pikirkan matang-matang, ya.

6. Harga jual terbaik



pixabay.com

Mobil juga bisa dijadikan investasi asal mudah laku bila dijual kembali. Mobil yang punya harga jual bagus biasanya adalah yang banyak digunakan masyarakat atau “mobil sejuta umat”. Kendaraan ini bisa dijadikan mobil pertama. Kalau suatu hari ingin upgrade, mobil pertama itu bisa dijual kembali dengan harga yang relatif stabil karena masih banyak yang mencari.

7. Cek surat dan kelengkapan kendaraan



pixabay.com

Biasanya pasangan muda yang ingin cepat punya mobil suka lupa tentang ini. Apalagi kalau membeli mobil bekas. Jarang ada yang mengecek kelengkapan suratnya. Kalau beli mobil tersebut di luar kota, pastikan surat pajaknya bisa segera diganti di domisili supaya mempermudah pembayaran.

Kriteria di atas wajib jadi pertimbangan untuk kamu dan pasangan yang berencana untuk membeli mobil. Apapun jenis dan mereknya, kalian harus siap dengan segala risikonya dan tetap menjaga diri untuk tertib berlalu lintas, ya.




Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *