Pesan Menteri Tjahjo Saat Melantik 3 Pejabat Tinggi Madya Kementerian PANRB

  • Whatsapp
Pesan Menteri Tjahjo Saat Melantik 3 Pejabat Tinggi Madya Kementerian PANRB
banner 468x60


Suara-Pembaruan.com – Sebagai aparatur sipil negara, pejabat pimpinan tinggi Madya di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) turut mengemban tugas untuk mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo, terutama yang berkaitan dengan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat melantik tiga pejabat pimpinan tinggi Madya Kementerian PANRB, di Kantor Kementerian PANRB, Selasa (27/04). “Pemilihan Eselon I (PPT Madya) itu memperoleh persetujuan Bapak Presiden dan melaksanakan visi misi Presiden,” tegasnya.

Tiga pejabat yang telah dilantik adalah Erwan Agus Purwanto sebagai Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Alex Denni sebagai Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, dan Muhammad Imanuddin sebagai Staf Ahli bidang Politik dan Hukum Kementerian PANRB.

Sebelumnya, Kementerian PANRB menggelar serangkaian seleksi terbuka untuk mengisi tiga jabatan pimpinan tinggi (JPT) Madya. Seleksi terbuka diikuti oleh pegawai negeri sipil (PNS), maupun kalangan non-PNS. Jabatan yang dapat diisi oleh PNS maupun non-PNS adalah Deputi bidang SDM Aparatur.

Menurut Menteri Tjahjo, catatan reformasi birokrasi sebagaimana arahan Presiden Jokowi, adalah perlunya penyederhanaan birokrasi sebagai upaya memacu birokrasi adaptif dan cepat dalam pelayanan dan pengambilan keputusan. Upaya penyederhanaan birokrasi juga pada dasarnya dilakukan untuk mengubah pola pikir aparatur yang cenderung hierarkis menjadi lebih lincah dan inovatif.

Lebih lanjut, Menteri Tjahjo juga mendorong setiap lini pemerintahan agar membangun digitalisasi birokrasi. “Seluruh kementerian, instansi, lembaga, dan daerah harus menerapkan pemerintahan yang berbasis elektronik,” imbuhnya.

Digitalisasi harus dilakukan dengan matang sehingga akan berpengaruh pada pelayanan publik yang lebih mudah dan cepat. Selain itu, ekosistem kerja harus ditingkatkan dalam upaya mendorong kolaborasi. Perubahan dan peningkatan ekosistem kerja dapat diwujudkan dengan digitalisasi yang dilakukan secara optimal.

Terakhir, Menteri Tjahjo berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk membangun kerja sama yang baik di Kementerian PANRB. “Selamat bertugas untuk teman-teman yang telah menerima Keppres dari Bapak Presiden,” pungkasnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto, Wakil Kepala KASN Tasdik Kinanto, Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Muhammad Yusuf Ateh yang hadir secara virtual, dan sejumlah pejabat Kementerian PANRB.



:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *