Ponsel Lipat Masa Kini yang Menggiurkan!

  • Whatsapp


Jakarta, Selular.ID – Ponsel lipat buatan Samsung yakni Galaxy Z Flip 3 yang diluncurkan bersamaan seri Galaxy Fold 3, saat ini tengah naik daun di kalangan pecinta gawai. Kehadiran smartphone foldable terbaru Samsung itu seolah hampir mengalahkan pesona iPhone besutan Apple yang selama ini banyak digandrungi. Bahkan, beberapa selebriti dan selebgram pun kerap kali ditemukan mengunggah smartphone Galaxy Z Flip 3 milik pribadinya di akun media sosial masing-masing.

Bacaan Lainnya

Keunikkan desain lipat pada ponsel yang tak seperti smartphone pada umumnya menjadi salah satu faktor yang membuat netizen semakin tergiur untuk meminang smartphone sultan tersebut. Belum lagi, kejernihan kamera dan beberapa fitur yang ditawarkan Samsung untuk menambah nilai jual dari ponsel lipat Galaxy Z Flip 3 ini.

Kali ini, team Selular berkesempatan menjajal smartphone Galaxy Z Flip 3 varian warna cream. Lantas, seperti apa pesona yang disuguhkan oleh ponsel lipat Samsung yang belum lama ini semakin viral lantaran dipakai oleh selebgram ternama yaitu Awkarin? Langsung saja, berikut kami sajikan untuk Anda.

Rangkaian Isi Kotak

Seperti biasa, sebelum membedah spesifikasi dan hal menarik lainnya yang disuguhkan oleh smartphone, terlebih dahulu akan diulas mengenai rangkaian isi yang tersedia di balik kotak penjualan.

Soal kotak penjualan Samsung Galaxy Z Flip 3, desainnya dibuat simple berbentuk persegi panjang. Lalu, kotak penjualannya dibalut warna hitam pekat dengan gradasi warna abu-abu tua di bagian depan bawah.

Lambang huruf “Z” berwarna putih yang cukup besar juga terpampang jelas di halaman depan, menyebrangi antara gradasi warna hitam dan abu-abu. Tak lupa, di bagian bawah kotak terdapat tulisan merk series smartphone “Samsung Galaxy Z Flip 3”.

Saat kotak penjualan dibuka, pelanggan hanya akan mendapatkan satu unit smartphone Samsung Galaxy Z Flip 3, kabel USB Type-C tanpa kepala charger, dan buku panduan. Dari desain sampai isi kotak penjualan, dibuat sangat sederhana.

Desain Unik yang Mencuri Perhatian

Samsung Galaxy Z Flip 3

Hal utama yang menjadi nilai jual dari Samsung Galaxy Z Flip 3 ini sudah jelas desain uniknya yang tak biasa dari ponsel pada umumnya, yakni bentuknya yang bisa dilipat. Samsung Galaxy Z Flip 3 terdiri dari empat varian warna yaitu, Phantom Black, Cream, Green, dan Lavender.

Di kesempatan kali ini, team Selular berkesempatan menjajal varian warna cream. Serupa dengan Samsung Galaxy Fold, sisi-sisi dari Galaxy Z Flip 3 ini dilapisin dengan bingkai Armor Alumunium, yang diklaim Samsung bakal memperkuat body dari ponsel lipat besutan Samsung ini.

Berbicara soal desain, Samsung Galaxy Z Flip 3 dibalut dengan Corning Gorilla Glass Victus yang membuat smartphone ini mulus dan lumayan licin. Jadi, sangat disarankan untuk menambahkan casing pada badan ponsel agar Anda jadi lebih nyaman pada saat menggunakan Galaxy Z flip 3 untuk aktivitas sehari-hari.

Bagian engsel pada bodi ponsel, cukup mudah dan fleksibel pada saat ditutup dan di buka. Pada saat layar sedang keadaan tertutup, seluruh bagian smartphone tertutup erat berkat bingkai armor alumunium yang menyelimutinya. Hal tersebut membuat keamanan menjadi semakin terjamin untuk bagian layar dalamnya.

Samsung Galaxy Z Flip 3 diklaim lebih tipis dari pendahulunya, yang dimana Z Flip 3 ini dimensinya adalah 72,2 x 166,0 x 6,9 mm pada saat posisi layar sedang dibentangkan. Kemudian pada saat posisi layar sedang ditekuk, dimensinya sebesar 72,2 x 86,4 x 17,1 mm.

Lebih lanjut, Samsung Galaxy Z Flip 3 masih memiliki berat yang sama dengan pendahulunya, yaitu 183 gram. Perangkat ini juga sudah dilindungi oleh sertifikasi IPX 8 yang membuatnya tahan akan cipratan air tawar. Fitur NFC juga sudah terbenam di gawai ini.

Layar Utama

Untuk bagian layar utama pada Samsung Galaxy Z Flip 3, perangkat ini mengusung panel Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci dengan resolusi 1080p. Refresh rate-nya sebesar 120 Hz adaptif dengan rasio yang panjang yakni sebesar 22:9.

Namanya juga smartphone lipat, sudah pasti di bagian tengah layar utama terdapar bekas lipetan yang cukup menonjol. Hal tersebut membuat kesan agak “mengganjal” pada saat team Selular sedang melakukan aktivitas scroll pada layar.

So far, bekas lipatan tersebut tak menjadi masalah serius karena lambat laun pengguna bakal terbiasa akan hal itu. Layar utamanya sangat nyaman pada saat digunakan untuk menonton film. Untuk kegiatan sosial media dan editing foto serta video pun juga sangat oke, layarnya terasa “empuk” ketika disentuh.

Ketika digunakan untuk bermain game ringan seperti guitar flash dan real drum, layar dari Samsung Galaxy Z Flip 3 ini lumayan responsif. Pada saat dibentangkan, layarnya sedikit lebih luas dari smartphone non-lipat pada umumnya.

Layar Sekunder

Samsung Galaxy Z Flip 3

Selanjutnya untuk layar sekundernya, perangkat Samsung Galaxy Z Flip 3 mengusung layar tambahan yang lebih luas dibanding pendahulunya. Dengan panel Super AMOLED seluas 1,9 inci, layar mungil ini dilengkapi dengan resolusi 112 x 300.

Berkat layar sekunder ini, pengguna dapat melihat tanggal, jam, sisa baterai, serta bisa foto selfie dengan keadaan layar utama tertutup. Cara foto selfie melalui layar mungil itu ialah cukup dengan “double klik” pada tombol power.

Beberapa widget lainnya juga bisa pengguna lihat melalui layar sekunder ini seperti notification, musik, cuaca, dan lain-lain. Jika pengguna ingin mengatur urutan widgetnya, cukup melalui menu settings yang bisa Anda temui dengan melakukan scroll kanan di bagian layar kecil ponsel.

Sementara itu untuk mengatur volume dan brightness melalui layar tambahannya, pengguna cukup scroll layar dari arah atas ke arah bawah. Meski masih rentan tergores atau retak jika tak hati-hati dalam penggunaannya, namun layar kecil pada ponsel lipat Samsung ini cukup membantu dalam aktivitas sehari-hari.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy Z Flip 3

Soal kualitas kamera yang disuguhkan oleh Samsung Galaxy Z Flip 3 menjadi salah satu pertanyaan utama para penggemar gadget. Galaxy Z Flip 3 dilengkapi dengan dual camera di cover screennya, yang terdiri dari kamera belakang ultrawide dan wide dengan masing-masing resolusinya sebesar 12 megapiksel.

Sedangkan untuk kamera depan yang terdapat didalam layar, beresolusi 10 megapiksel. Jika pengguna ingin memotret dalam keadaan layar tertekuk setengah, maka ukuran kameranya akan berubah menjadi vertikal.

Sekedar informasi, seperti smartphone Samsung pada umumnya, kamera di Galaxy Z Flip 3 ini tak menyediakan settingan otomatis untuk watermarknya. Jadi, jika pengguna ingin menambahkan watermark di hasil foto dari Samsung Galaxy Z Flip 3 ini, caranya ialah dengan klik foto yang ingin ditambah watermark, lalu  klik edit, setelah itu Anda bisa mencari watermarknya di bagian sticker.

Kamera Samsung Galaxy Z Flip 3 juga dilengkapi dengan beragam opsi rasio yang meliputi 3:4, 9:16, 1:1, dan 9:22. Untuk maksimal timer pada kamera depan dan belakang yaitu 10 detik. Pada kamera depan dan belakangnya juga sudah disediakan flash, yang membuat hasil foto Anda semakin cantik jelita. Lalu, pada kamera fotonya baik depan ataupun belakang, terdapat 12 varian filter.

Sementara itu untuk kamera videonya, fitur stabilizer hanya tersedia untuk kamera belakangnya. Terdapat pula empat opsi rasio yang meliputi 9:16, 16:9, 1:1, dan 9:22. Untuk ukuran videonya, terdiri dari lima pilihan yang meliputi HD 30, FHD 30, FHD 60, UHD 30, dan UHD 60.

Hasil Kamera

Guna melihat detail dari hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Z Flip 3, berikut penulis paparkan untuk Anda:

Peforma dan Baterai 

Baterai Samsung Galaxy Z Flip 3

Selain tampilannya yang stylish, Samsung juga membekali Galaxy Z Flip 3 ini dengan chipset gahar yaitu Qualcomm Snapdragon 888. Chipset gahar tersebut juga disandingkan dengan RAM sebesar 8 gigabyte serta penyimpanan internal yang terdiri dari dua opsi, yaitu 128 gigabyte dan 256 gigabyte. Pada saat team Selular mencoba menggunakan ponsel lipat ini untuk bermain game berat PUBG Mobile, settingan tertingginya masih di HDR Ultra.

Soal chipset memang oke, namun sayangnya kapasitas baterainya terbilang minim, yaitu hanya berkapasitas 3300mAh. Lantaran kapasitasnya yang kecil, berdasarkan hasil pemakaian, menurut team Selular ketahanan baterainya terbilang cukup boros.

Kesimpulan

Setelah team Selular menjajal keunggulan dari Samsung Galaxy Z Flip 3 selama dua pekan, menurut penulis smartphone ini lebih tepat digunakan untuk keperluan entertainment atau sosialita. Bagi kalian yang merupakan pecandu game berat, disarankan beralih ke smartphone lain yang memang ditujukan untuk gaming. Tetapi jika hanya digunakan untuk game ringan, performanya cukup bagus.

Sayangnya, Samsung Galaxy Z Flip 3 ini tergolong ke smartphone yang lumayan cepat menimbulkan panas. Namun, panasnya masih berada di level normal yang tak terlalu parah. Tetapi untuk urusan optik, bisa diancungkan dua jempol. Pasalnya, hasil kamera foto selfienya sangat cerah dan tajam.

Kamera dari Galaxy Z Flip 3 benar-benar memberikan hasil yang nyata dan jernih, pori-pori Anda juga bisa terlihat dengan jelas. Jadi, effect perhalus wajahnya hanya ditambahkan sedikit. Pengguna dirasa bakal dibuat kagum dengan performa kamera dari Samsung Galaxy Z Flip 3 ini.

Kamera belakangnya terbilang lebih apik daripada lensa di bagian depannya. Terus soal kamera videonya, fitur stabilisasinya sangat mulus. Smartphone lipat buatan Samsung yang satu ini cocok untuk kebutuhan konten foto dan video. Apalagi, ditambah dengan desain uniknya yang bisa dilipat, membuat smartphone lebih simple dibawa kemanapun.

Sekian artikel review dari Samsung Galaxy Z Flip 3 yang team Selular suguhkan kali ini. Jangan lupa juga, tonton video di bawah ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.