Connect with us

Published

on


Suara-Pembaruan.com – PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan Program Pos Migran Indonesia dalam rangka menjadi pusat layanan yang melayani pekerja migran asal Indonesia. Di antaranya fasilitas keuangan berupa digital touchpoint atau aplikasi keuangan mobile. Sudah ada 625 pekerja migran Indonesia yang sudah melakukan pemasangan atau instal aplikasi tersebut terjadi transaksi Rp1,8 miliar.

Hal ini dijelaskan oleh Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 6 April 2021.

“Program Pos Migran Indonesia ini sebenarnya telah mulai dirintis sejak tahun 2020. Kami berkoordinasi dengan sangat intens bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk menyiapkan program itu,” ujarnya.

Pihaknya menyediakan dua fasilitas bagi program ini yaitu fasilitas keuangan berupa digital touchpoint atau aplikasi keuangan mobile di mana pekerja migran agar dapat melalukan transaksi keuangan dengan keluarga mereka.

Alhamdulillah sampai hari ini sudah ada 625 pekerja migran Indonesia yang sudah melakukan pemasangan atau instal aplikasi tersebut. Yang terbanyak masih keluarganya di Indonesia, kedua adalah pekerja migran Indonesia di Taiwan, dan ketiga yakni pekerja migran Indonesia di Malaysia,” kata Faizal.

Pihaknya mengatakan dari 625 pengguna itu sudah terjadi transaksi Rp1,8 miliar hanya dalam beberapa hari. Transaksi terbanyak pertama yakni melakukan transfer uang, kedua adalah melakukan pembayaran seperti token listrik dan pulsa telepon, dan untuk transaksi terbanyak ketiga yaitu remitansi atau pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia.

Jasa keuangan oleh Pos Indonesia ini berbeda dengan jasa keuangan dari layanan financial technology atau fintech lainnya. Yang membedakan dari aplikasi fintech ini karena Pos Indonesia memiliki interaksi fisik di 4.800 kantor Pos Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki 58.000 agen pos yang tersebar di desa.

Fasilitas kedua adalah fasilitas fisik yaitu pusat informasi migran Indonesia yang disediakan oleh BP2MI yang berada di dua lokasi, salah satunya Bandung.

InsyaAllah akan terdapat lebih dari 200 pusat informasi migran Indonesia yang disediakan di berbagai Kantor Pos Indonesia,” kata Faizal.

Menurut Faizal, Kalau dulu layanan pos hanya digunakan untuk mengirimkan uang dan barang, saat ini layanan pos telah bertransformasi menjadi pusat layanan masyarakat, termasuk masyarakat saat ini bisa melegalisir akte kelahiran.

Alhamdulillah saat ini kami mendapatkan kepercayaan dari BP2MI untuk menambah satu lagi layanan kepada masyarakat di kantor Pos Indonesia,” ujarnya. (red/pen)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan Tanggap Bencana

Gempa Malang, BRI Salurkan Bantuan Tanggap Bencana Bagi Masyarakat Terdampak

Published

on

By



Jakarta, Bumntrack.co.id – Sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat, BRI menyalurkan bantuan tanggap bencana kepada masyarakat di wilayah Malang dan Jawa Timur setelah gempa bumi melanda. Bantuan yang disalurkan kepada masyarakat terdampak berupa pemberian ribuan makanan cepat saji, ribuan paket sembako, obat-obatan dan survival kit kepada masyarakat terdampak.

“Kami memastikan bantuan telah tersalurkan kepada masyarakat terdampak bencana gempa Malang. Melalui unit kerja kami di setiap wilayah, kami pastikan BRI bergerak cepat dan terus memberikan bantuan tanggap bencana,” kata Corporate Secretary BRI, Asetika Oryza Gunarto di Jakarta, Selasa (13/4).

BRI juga terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan kepada korban bencana gempa sebagai upaya meringankan beban masyarakat dan mempercepat pemulihan pasca bencana. BRI juga memastikan layanan perbankan di wilayah Malang dan Jawa Timur pasca gempa tetap berjalan normal sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi perbankan. Selain itu, BRI juga telah melakukan pemantauan dan inventarisasi aset yang terdampak dan kondisi Kantor maupun Unit Kerja BRI di daerah terdampak bencana dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan yang signifikan.

“BRI menyiagakan unit kerja untuk dapat memberikan layanan perbankan agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih. Masyarakat juga dapat bertransaksi secara normal melalui layanan e-channel seperti ATM dan CRM, hingga Agen BRILink. Selain itu juga ada layanan e-banking BRI seperti mobile banking, internet banking juga tetap tersedia untuk melayani kebutuhan perbankan bagi nasabah,” jelasnya.

Continue Reading

Berita

Ikuti Hannover Messe, Pupuk Indonesia Tunjukkan Inovasi Digital ke Eropa

Published

on

By



Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Pupuk Indonesia (Persero), menjadi satu dari 156 perusahaan di Indonesia yang terpilih dan turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri dan perdagangan terbesar di dunia, Hannover Messe (HM) 2021 Digital, yang digelar pertama kalinya secara virtual dari Jerman.

“Pupuk Indonesia dipilih oleh Kementerian Perindustrian berkat transformasi digital yang memanfaatkan industri 4.0 secara optimal dan dinilai dapat mendukung transformasi industri dan ekonomi nasional,” kata Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (13/4).

Anggota holding Pupuk Indonesia, yaitu Pupuk Kaltim dan Rekayasa Industri, juga ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari 6.500 perusahaan dari 75 negara yang menampilkan inovasi digitalnya. Hal ini merupakan bentuk dukungan Pupuk Indonesia dalam mendorong percepatan digitalisasi atau Making Indonesia 4.0. HM 2021 Digital merupakan kesempatan bagi Pupuk Indonesia untuk memperluas kerja sama dengan negara lain.

“Dalam HM 2021 Digital, Pupuk Indonesia memaparkan berbagai hasil transformasi digital. Mulai dari bidang produksi (Smart Production), distribusi (Smart Distribution), teknologi pemupukan presisi (Precision Farming), hingga proyek strategis. Disamping juga memperkenalkan produk-produk yang selama ini sudah menjangkau banyak negara baik di Asia Pasifik, Eropa dan juga Amerika,” jelasnya.

Di bidang produksi, Pupuk Indonesia menampilkan Smart Production, yaitu sistem big data yang mengintegrasikan data penumatik dan Distributed Control System (DCS) dengan data operasional, seperti hasil maintenance, inspeksi, dan tes laboratorium. Dari pengolahan data ini, Pupuk Indonesia bisa mendapatkan evaluasi proses produksi secara real time.

“Hasilnya akan meningkatkan efisiensi konsumsi energi, production rate, reabilitas pabrik, dan menurunkan durasi shutdown,” jelas Panji.

Pada bidang distribusi, lanjut Panji, Pupuk Indonesia menerapkan Smart Distribution, yaitu sistem penebusan pupuk secara online (e-Commerce) yang terintegrasi dengan gudang, selanjutnya sistem pemantauan stok dan distribusi atau Distribution Planning & Control System (DPCS), hingga sistem optimalisasi bongkar-muat barang di seluruh pelabuhan milik Pupuk Indonesia.

“Semua dilakukan secara real time, sehingga kami bisa mengelola data secara akurat, mempercepat proses pengambilan keputusan, hingga efisiensi biaya dan sumber daya manusia,” ujar Panji.

Untuk teknologi pemupukan presisi, Pupuk Indonesia menampilkan Precision Agriculture Platform for Oil Palm (PreciPalm). Teknologi ini menyediakan informasi kondisi nutrisi unsur makro lahan kelapa sawit dalam bentuk peta digital lahan yang diolah dari citra satelit dan model matematis. Informasi ini kemudian digunakan untuk menghasilkan rekomendasi pemupukan N (Nitrogen), P (Phosphor), K (Kalium) dan Mg (Magnesium). “Serta dapat digunakan juga untuk memantau kondisi nutrisi lahan perkebunan paska pemupukan secara real time,” jelas Panji.

Selain inovasi teknologi digital, Pupuk Indonesia juga memaparkan sejumlah proyek strategis, dengan tujuan untuk menarik minat investasi dan transfer teknologi ke dalam negeri. Diantaranya adalah proyek revitalisasi pabrik Pusri IIIB yang akan beroperasi pada tahun 2024. Pabrik pupuk ini akan menggunakan teknologi terkini yang ramah lingkungan dan efisien dalam konsumsi energi. Kemudian proyek amoniak-urea dan methanol di Kabupaten Bintuni, Papua Barat, yang akan mendorong pemanfaatan sumber gas potensial di Indonesia Timur.

“Serta dalam rangka pengembangan industri pupuk dan petrokimia di Indonesia Timur, yang akan membuka banyak lapangan pekerjaan,” ujar Panji.

Panji menyakini bahwa melalui HM 2021 Digital ini, Pupuk Indonesia akan berpeluang memahami kebutuhan industri dan perdagangan luar negeri. Sehingga dapat memacu penjualan produk unggulan, seperti pupuk urea, NPK, amoniak, serta produk kimia lainnya untuk berbagai kebutuhan industri di mancanegara.

Continue Reading

GALERI FOTO

Bangun Sarana Prasarana Unmas Bali

Published

on

By


Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Haru Koesmahargyo (kiri) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Rektor Universitas Mahasaraswati (Unmas) I Made Sukamerta (kanan) di Denpasar, Bali, akhir pekan. Bantuan tersebut merupakan dukungan bagi civitas akademika Unmas untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Bank BTN juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa Unmas yang ingin terjun di dunia properti untuk mengikuti program pengembangan developer muda yang dihelat Housing Finance Center (HFC) milik perseroan.Foto/Dok-BTN/BUMNTRACK
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Haru Koesmahargyo memberikan sambutan jelang menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) di Denpasar, Bali, akhir pekan. Bantuan tersebut merupakan dukungan bagi civitas akademika Unmas untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Bank BTN juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa Unmas yang ingin terjun di dunia properti untuk mengikuti program pengembangan developer muda yang dihelat Housing Finance Center (HFC) milik perseroan.Foto/Dok-BTN/BUMNTRACK
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Haru Koesmahargyo (kiri) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Rektor Universitas Mahasaraswati (Unmas) I Made Sukamerta (kanan) di Denpasar, Bali, akhir pekan. Bantuan tersebut merupakan dukungan bagi civitas akademika Unmas untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Bank BTN juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa Unmas yang ingin terjun di dunia properti untuk mengikuti program pengembangan developer muda yang dihelat Housing Finance Center (HFC) milik perseroan.Foto/Dok-BTN/BUMNTRACK
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Haru Koesmahargyo (kiri) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Rektor Universitas Mahasaraswati (Unmas) I Made Sukamerta (kanan) di Denpasar, Bali, akhir pekan. Bantuan tersebut merupakan dukungan bagi civitas akademika Unmas untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Bank BTN juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa Unmas yang ingin terjun di dunia properti untuk mengikuti program pengembangan developer muda yang dihelat Housing Finance Center (HFC) milik perseroan.Foto/Dok-BTN/BUMNTRACK

Continue Reading

Headline

Headline5 jam ago

Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021 | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Sudah serba daring, banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia bisnis. Banyaknya kegiatan yang beralih dari sistem offline...

Headline9 jam ago

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas | Suara-Pembaruan.com

www.instagram.com Pernah dengar istilah Lamington, dong? Kue ini beberapa tahun lalu sempat diadopsi salah satu selebriti yang membuka usaha oleh-oleh...

Headline1 hari ago

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian | Suara-Pembaruan.com

www.marieclaire.com Tampil dengan jeans setiap hari mungkin akan membuat pemakai setianya bosan. Bagaimana kalau sesekali kamu mencoba belted cullotes yang tak...

Headline1 hari ago

Cara Membuat Chicken Schnitzel dengan Salad Sebagai Menu Makan Siang Baru | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Bingung mau bekal makan siang apa buat besok? Coba sisihkan nasi dan tempemu sejenak. Coba panganan ala Barat bernama...

Headline2 hari ago

Cara Menarik Tampilan Fashion yang Kontroversial

Dobel demin adalah tampilan fashion yang cukup kontroversial. Pasalnya penampilan ini terkenal memecah belah secara agresif masuk dan keluar dari...

Headline3 hari ago

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Tak hanya dianugerahi pesona alam, Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja juga menyimpan banyak potensi karya kerajinan tangan...

Headline3 hari ago

Menciptakan Cinta Abadi, Menurut Orang Yunani Kuno

Semua orang ingin menemukan jenis cinta yang bertahan lama. Faktanya, orang Yunani Kuno mengidentifikasi delapan jenis cinta yang berbeda. Dan,...

Headline3 hari ago

NU Care Gelar Khitanan dan Operasi Katarak Gratis Hasil Donasi Konsumen Alfamart

Suara-Pembaruan.com, Mustafa, seorang pemuda berusia 24 tahun menunggu bapaknya yang sedang menjalani operasi katarak di klinik Asshomadiyah Medicare Centre, Kelurahan...

Headline3 hari ago

Bagaimana Jenggot Pria Bisa Mengubah Gaya

Fakta tak terbantahkan bahwa jenggot membuat pria lebih menarik. Apalagi, banyak pria yang disurvei menjawab bahwa mereka merasa lebih tampan...

Headline4 hari ago

Terobosan Digital, Solusi Jitu UMKM Go Global

Pandemi Covid 19 ternyata juga membawa dampak positif bagi UMKM Indonesia. Bagaimana tidak, melalui sentuhan teknologi digital dan komunikasi mampu...

Trending

Copyright © 2021 Suara-Pembaruan.com | Kerjasama dan kolaborasi silahkan email: pimpinanmedia@gmail.com. Hotline 0817-21-7070