Prediksi Harga MediaTek Dimensity 9000

  • Whatsapp


Jakarta, Selular.ID – MediaTek telah mengumumkan Dimensity 9000 pada pekan lalu, dan diperkirakan meluncur pertama kali dibulan Februari 2022.

Bacaan Lainnya

Kabar tersebut dari pembocor di Weibo, bahwa produk Dimensity 9000 akan hadir di pasar smartphone untuk menjadi pesaing kompetitornya snapdragon 8 gen 1, agar bisa menjadi perbandingan produk chipset mana yang terbaik

Laporan dari Digital Chat Station menyebut bahwa chipset smartphone pertama MediaTek yang dibangun dengan proses 4nm ini akan ditawarkan dengan harga dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan chipset 5G pendahulunya.

Artinya smartphone dengan dukungan chipset baru ini diperkirakan dipasarkan dengan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan perangkat yang didukung oleh chipset Dimensity 1200.

Laporan ini juga menyebut bahwa meski harga Dimensity 9000 akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan Dimensity 1200, chipset S8 Gen1 yang belum diumumkan. Qualcomm dikabarkan akan mengusung harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan chipset unggulan terbaru MediaTek.

Sedangkan untuk Dimensity 7000 5nm, Digital Chat Station melaporkan bahwa perangkat dengan dukungan chipset ini akan mulai menyapa konsumen pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang.

Menurut laporan sebelumnya, Chipset Dimensity 9000 dengan jaringan 5G sub-6GHz baru adalah chip smartphone yang menggunakan inti Cortex-X2 dengan clock hingga 3,05Ghz dan merupakan chip ponsel pintar pertama di dunia yang menyertakan Bluetooth 5.3.

SoC diatur dalam pengaturan 1+3+4. Selain Cortex-X2 “ultracore” tunggal, ia memiliki cluster 3X “super core” Cortex-A710 dengan clock hingga 2,85Ghz, dan sekelompok 4 core Cortex A510 efisiensi clock pada 1,8Ghz.

Chipset tersebut akan mendukung kecepatan RAM LPDDR5x hingga 7500Mbps di smartphone. Ini juga memiliki 14MB cache, yang menurut Mediatek meningkatkan kinerja sebesar 7% dan konsumsi bandwidth sebesar 25% dibandingkan hanya 8MB cache.

Baca Juga:Chip 4nm TSMC Pertama di Dunia Tiba, MediaTek Dimensity 9000 5G

Untuk grafis, ada GPU Mali-G710 baru dengan 10-core. Ada SDK raytracing baru bagi pengembang untuk menghadirkan peningkatan visual baru agar lebih dekat dengan kinerja grafis tingkat PC.

ISP (Image Signal Processor) Dimensity 9000 secara teoritis dapat menangkap video 4K HDR dari tiga kamera secara bersamaan. MediaTek menjelaskan bahwa dengan menangkap tiga eksposur secara bersamaan dari tiga kamera, masing-masing melalui salah satu dari tiga ISP, dapat memproses total 270 frame per detik untuk menghasilkan video HDR 18-bit 4K.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *