Produsen Senjata Kalashnikov Kini Juga Bikin Mobil Listrik – Otomotif – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Moskow, Majalahtime.com – Perusahaan kondang asal Rusia yang sohor dengan senapa untuk militer – Kalashnikov – kini tak hanya memproduksi senjata. Perusahaan yang didirikan Mikhail Kalashnikov itu sekarang juga mengembangkan kendaraan listrik.

Bacaan Lainnya

Seperti dilansir laman Harian Rusia dan Carscoops, Senin (21/11/2021) pengembangan mobil bertenaga setrum oleh Kalashnikov sejatinya telah dilakukan sejak tahun 2018. Saat itu, perusahaan ini menghadirkan konsep CV-1 Listrik bergaya retro.

Setahun kemudian atau di tahun 2019 prototipe model lain – yakni Prototipe listrik Izh UV-4 yakni mobil empat pintu – diperkenalkan. Model ini memiliki varian taksi yang diperkenalkan di hajatan Moskow Motor Show 2019.

“Kami juga ingin seperti pabrikan-pabrikan mobil listrik lainnya – terutama Tesla – yang dengan keunggulan teknologinya mampu merebut hati konsumen di era mobil elektrik seperti sekarang. Kami memiliki modal itu semua sebagai keunggulan kami yang tidak akan kalah dengan mereka,” ungkap Juru Bicara Kalashnikov.

Tampilan bagian samping mobil listrik Kalashnikov UV-4 di pengajuan hak paten – dok.Istimewa

Baru-baru ini gambar paten Kalashnikov Izh UV-4 EV empat pintu kembali muncul. Banyak kalangan menduga gambar yang merupakan lampiran dari pengajuan hak paten ini merupakan versi produksi.

Pada dokumen itu juga terlihat model versi dua pintu yang lebih ringkas dengan tiga roda. Gambar yang muncul di kantor paten Rusia itu menunjukkan UV-4 tidak banyak berubah.

Dia tetap mempertahankan bentuk aneh yang membuatnya terlihat seperti Renault Twizy namun dengan dimensi ukuran yang kebesaran, roda terbuka, dan pintu bergaya ala kendaraan militer. Kendaraan ini memiliki dimensi panjang 3,4 meter (m), lebar 1,5 m, dan tinggi 1,7 m.

Sejumlah fitur seperti AC, pemanas, kluster instrumen digital, layar infotainment, dan suspensi yang dapat disesuaikan menjadi fitur standar. Semburan tenaga motor listrik yang diusung mobil ini disebut mencapai 50 kW atau setara dengan 67 hp.

Kalashnikov UV-4 listrik dilihat dari atas – dok.Istimewa

Laju kecepatan tertinggi mencapai 80 kilometer per jam (km/jam). Bobot keringnya hanya 650 kilogram.

Kalashnikov tidak ngungkapkan angka untuk baterai, tetapi pada tahun 2019, mereka mengklaim itu cukup untuk jangkauan 150 km. Kelebihan lainnya adalah mobil ini tahan bahaya kebakaran dan ledakan rendah jika terjadi kecelakaan.

Sementara itu kendaraan yang belum disebutkan namanya di dokumen hak paten itu memiliki gaya yang mirip dengan UV-4, tetapi dengan bodi dan jarak sumbu roda yang jauh lebih Prototipe listrik Izh UV-4. Kendaraan listrik beroda tiga (dua di depan dan satu di belakang) ini terlihat berbagi bagian depan dengan saudaranya yang beroda empat, namun bentuknya lebih bulat dan tanpa pintu, sehingga kabinnya terbuka.

Gambar hak paten mobil listrik tiga roda Kalashnikov – dok.Istimewa

Ruang kabinnya hanya menyediakan tempat duduk untuk dua penumpang dan beberapa barang bawaan. Ini juga berbagi tata letak dasbor yang sama dengan UV-4 meski ada pembeda yakni hadirnya sunroof.

Hanya, hingga kini Kalashnikov belum memberikan informasi waktu terkait dengan peluncuran kendaraan itu. Begitu pula dengan ancar-ancar harga maupun pasar yang bakal dibidiknya. (Ril/Ara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *