Headline

Progres Berjalan Baik, KEK Kendal Jadi Role Model KEK di Indonesia

207
×

Progres Berjalan Baik, KEK Kendal Jadi Role Model KEK di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Progres Berjalan Baik, KEK Kendal Jadi Role Model KEK di Indonesia


SuaraPemerintah.id – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal menjadi salah satu contoh bagus (role model) dari 15 KEK di seluruh Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Dewan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto saat berkunjung ke Pendopo Kabupaten Kendal yang disambut Bupati Kendal, Dico Ganinduto. Hadir dalam kesempatan itu Wakil ketua III Tim Pelaksana DN KEK, Budi Santoso.

Dalam kesempatan tersebut, Enoh melaporkan progres terbaru mengenai perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal. Hal itu setelah Dewan Nasional KEK melakukan evaluasi terhadap KEK Kendal, dan hasilnya disimpulkan bahwa KEK Kendal siap beroperasi.

Enoh menjelaskan bahwa evaluasi juga dilakukan kepada 15 KEK di seluruh Indonesia. Dari berbagai parameter penilaian, perkembangan berjalan baik.

“Kami telah melakukan evaluasi terhadap 15 KEK di seluruh Indonesia, dan kinerja KEK Kendal baik sekaligus termasuk yang terbaik di antara Kawasan Ekonomi Khusus lainnya,” ujar Enoh dalam keterangan yang diterima redaksi Jumat (30/4/2021).

Menurut Enoh, salah satu faktor yang membuat KEK Kendal berkembang ialah kantor administrator KEK di Kendal yang berperan menyukseskan KEK.

Lewat kantor administrator, investor bisa merasakan kemudahan mendapatkan fasilitas fiskal maupun non-fiskal KEK. Adapun kantor administrator KEK Kendal sendiri sudah resmi beroperasi sejak 23 April 2021.”Kantor administrator ibarat pintu gerbang bagi para investor,” kata Enoh.

Menanggapi hal itu, Bupati Kendal, Dico Ganinduto berharap bahwa dengan status KEK yang dimiliki Kawasan Industri Kendal (KIK) dan adanya kantor adminstrator, semakin mempermudah investor sekaligus menjadi pilihan terbaik untuk berinvestasi di Jawa Tengah.

“Tentunya, kawasan ekonomi khusus lebih mempermudah investasi dengan adanya insentif yang diberikan. Harapannya (Kawasan Industri Kendal) bisa menjadi kawasan industri yang berbeda, menjadi opsi terbaik untuk berinvestasi di Jawa Tengah,” kata dia.

Dito mengatakan pemerintah daerah juga akan proaktif dalam memberikan dukungan supaya kawasan industri di Kendal lebih cepat berkembang, dan bisa menjadi percontohan untuk kawasan industri lainnya,” ujar Dico.

Dico menyatakan bahwa KEK Kendal telah banyak berkontribusi untuk Kendal. Saat ini dengan adanya Kawasan Industri Kendal, branding Kendal bisa menjadi lebih baik, KIK juga telah berkontribusi untuk membuka lapangan pekerjaan. “Kami berharap KIK dapat bersinergi untuk membangun Kendal, tidak hanya industri, tapi juga pariwisata dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Kendal,” ujar Dico.

President Director PT Kawasan Industri Kendal Stanley Ang mengatakan potensi KEK Kendal menjadi role model sangat dimungkinkan. Hal ini tak lepas dari dukungan pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan investor mulai perizinan mendirikan usaha, izin lingkungan, bangunan, sampai hak untuk mendapatkan insentif pajak.

“KEK Kendal sudah mampu membantu tenant mendapatkan insentif tax holiday, kami adalah KEK pertama yang bisa membantu tenant mendapatkan tax holiday, dan peningkatan tenant setiap tahun secara signfikan yang per akhir Maret 2021 ini sudah ada 66 tenant, dengan total investasi yang masuk Rp 19,2 triliun,” terang Stanley.

Stanley mengatakan KEK Kendal memberi kepastian investor mendirikan usaha dalam waktu singkat. Pasalnya, semua perizinan usaha di-handle melalui kantor administrator KEK, dan investor bisa langsung fokus memikirkan bisnis mereka.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *