Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton Jawa, Mau Coba?

  • Whatsapp
Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton Jawa, Mau Coba?
banner 468x60


Ramalan jodoh adalah salah satu jenis ramalan yang paling menarik untuk dilakukan. Tak hanya mereka yang masih single saja, yang sudah berpasangan pun kerap kali mengecek ramalan jodoh untuk mengetahui seberapa cocok mereka dengan pasangan. Salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengetahuinya adalah dengan perhitungan weton Jawa.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Dalam budaya Jawa, primbon weton adalah perhitungan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai patokan untuk menunjuk ramalan tertentu. Ada banyak hal yang bisa diketahui dari weton seseorang, dari mulai hari baik, ramalan nasib, rejeki, hingga jodoh.

Menurut kepercayaan jaman dahulu, weton jodoh digunakan untuk menghitung kecocokan dan keserasian antar pasangan berdasarkan tanggal lahir keduanya sebelum menikah.

Artikel Terkait: 9 Arti Mimpi Suami Selingkuh Berdasarkan Primbon Jawa dan Islam

Apabila hasilnya kurang baik atau tidak sesuai dengan harapan, maka dilakukan ruwatan atau ritual-ritual tertentu yang bekerja untuk menolak bala, misalnya memotong ayam atau mengubur tanah sebelum menjalani akad nikah.

Seiring dengan perkembangan jaman, weton jodoh ini tak lagi mejadi tolak ukur utama dalam mencari pasangan. Akan tetapi, masih banyak masyarakat Jawa yang percaya dengan primbon jodoh ini. Apakah Parents termasuk yang percaya akan hal ini?

Ramalan Jodoh Weton Jawa

Ramalan Jodoh Berdasarkan Primbon Jawa, Seberapa Cocok Anda dan Pasangan?

Untuk menghitung weton jodoh berdasarkan primbon Jawa, caranya cukup mudah. Pertama Parents harus menemukan terlebih dahulu neptu yang berasal dari hari lahir. Coba lihat pada tabel di bawah ini.

Hari Nilai Pasaran Nilai
Minggu 5 Wage 4
Senin 4 Kliwon 8
Selasa 3 Legi 5
Rabu 7 Pahing 9
Kamis 8 Pon 7
Jumat 6    
Sabtu 9    

Carilah neptu dari hari lahir Parents menurut penanggalan Islam dan penanggalan Jawa. Jika sudah, jumlahkan kedua neptu tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda lahir pada hari Minggu Pahing, maka neptunya adalah 5+9= 14.

Kedua, carilah neptu dari hari lahir pasangan dengan cara sama seperti hari lahir sendiri, yaitu menjumlahkan neptu yang didapat dari penanggalan Islam dan Jawa. Setelah itu, jumlahkan kedua neptu milik Anda dan juga pasangan.

Jika hasilnya sudah didapatkan, kemudian bagi angka tersebut dengan angka 7. Lihat kembali angka yang tersisa dan sesuaikan hasilnya dengan tafsir berikut di bawah ini.

Artikel Terkait: Cara Menghitung Weton dan Maknanya Bagi Kecocokan Suami Istri

Hasil Perhitungan Ramalan Jodoh dari Weton Sisa Neptu

1. Sisa 1, Wasesa Segara

Ramalan Jodoh Berdasarkan Primbon Jawa, Seberapa Cocok Anda dan Pasangan?

Apabila hasil atau sisa yang didapat adalah angka 1, maka ramalan jodoh untuk Anda dan pasangan adalah akan menjadi pasangan yang besar budinya, memiliki wibawa, dan juga lancar rezekinya.

2. Sisa 2, Tunggak Semi

Ramalan Jodoh Berdasarkan Primbon Jawa, Seberapa Cocok Anda dan Pasangan?

Apabila Anda mendapatkan hasil atau sisa angka 2 dari pembagian neptu Anda dan pasangan, maka hasil ramalan jodohnya adalah akan mengalami rezeki yang ‘seret’ atau sedikit.

3. Sisa 3, Satria Wibawa

Ramalan Jodoh Berdasarkan Primbon Jawa, Seberapa Cocok Anda dan Pasangan?

Jika hasil atau sisa pembagian neptu yang didapat adalah angka 3, maka ramalannya adalah Satria Wibawa. Satria Wibawa memiliki makna bahwa Anda dan pasangan akan mendapatkan kemuliaan dan keluhuran yang tinggi. Bisa saja Anda berdua ditakdirkan menjadi orang yang terpandang, dihormati, dan disegani.

4. Sisa 4, Sumur Sinaba

ramalan jodoh

Hasil atau sisa berupa angka 4 yang didapatkan berarti Anda dan pasangan adalah Sumur Sinaba, yakni pasangan yang bisa menginspirasi banyak orang, serta menjadi panutan tempat orang banyak berguru.

Artikel Terkait: 10 Pantangan Ibu Hamil Menurut Kepercayaan Orang Tionghoa

5. Sisa 5, Satria Wirang

ramalan jodoh

Ramalan jodoh Satria Wirang yang dihasilkan dari pembagian neptu yang mendapatkan hasil atau sisa berupa angka 5 melambangkan bahwa Anda dan pasangan akan sering mendapatkan kesulitan dan berbagai ujian dalam kehidupan pernikahan.

6. Sisa 6, Bumi Kepetak

ramalan jodoh

Penjumlahan neptu suami dan istri yang setelah dibagi angka 7 mendapatkan angka 6 sebagai hasil atau sisanya, disebut dengan Bumi Kepetak. Pasangan Bumi Kepetak diramalkan akan selalu membutuhkan kerja keras dalam kehidupannya. Bumi Kepetak sendiri memiliki makna hati yang kuat dan tahan banting dalam menghadapi masalah dan rintangan.

7. Sisa 7, Lebu Ketiup Angin

ramalan jodoh

Lebu Ketiup Angin adalah ramalan yang didapatkan dari hasil atau sisa pembagian neptu berupa angka 7. Ramalan Lebu Ketiup Angin memiliki makna pasangan akan sering mendapatkan cobaan, sulit meraih cita-cita dan tujuan, serta sulit mendapatkan ketentraman. Pasangan Lebu Ketiup Angin juga diramalkan akan sering pindah rumah.

***
Pada dasarnya, jodoh seseorang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Yang Maha Kuasa. Bisa saja sepasang suami istri memiliki nilai perhitungan weton yang kurang baik tetapi hubungannya langgeng dan harmonis.

Namun ramalan jodoh berdasarkan weton Jawa ini adalah tradisi khas Indonesia yang menarik untuk dipelajari, betul bukan? Bagaimana hasil ramalan jodoh Parents dan pasangan sesuai perhitungan weton ini?

Baca Juga:

9 Mitos & Kepercayaan Aneh yang Diyakini Para Wanita Hamil Zaman Dulu

20+ Arti Mimpi Hamil dan Melahirkan Menurut Beragam Kepercayaan

Pantangan Ibu Hamil: Bedakan Mitos dan Fakta!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *