Rambut Rusak Akibat Keseringan Styling butuh Perawatan Khusus, Ini Caranya

  • Whatsapp
Rambut Rusak Akibat Keseringan Styling butuh Perawatan Khusus, Ini Caranya


Merawat rambut rusak memang susah-susah gampang dan butuh cara khusus. Apalagi jika rambut rusak parah akibat terlalu sering di-styling

Bacaan Lainnya

Rambut rusak membuat siapapun merasa tidak percaya diri, khususnya bagi kaum perempuan. Penyebab utama kerusakan rambut biasanya adalah terlalu sering melakukan styling. Penggunaan alat rambut yang panas seperti catokan atau hair dryer bisa membuat rambut menjadi kering kalau digunakan terus menerus. Styling seperti smoothing, coloring, dan bleaching juga menyebabkan rambut menjadi rapuh, bercabang dan kering.

Pernahkah Bunda mengalami hal tersebut? Sudah menata rambut lama sekali tetapi hasilnya ternyata tidak bisa bertahan lama, rambut kembali kusut, terasa sangat kasar dan mudah sekali patah. Itu menjadi tanda-tanda kerusakan rambut yang parah. Supaya kondisi tidak semakin parah, ketahui cara merawat rambut rusakyang tepat.

Artikel terkait: 10 Cara Merawat Rambut Kering, Kembali Sehat Bercahaya

Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling

1. Hindari Penggunaan Alat Styling yang Bisa Merusak Rambut

Rambut Rusak Akibat Keseringan Styling butuh Perawatan Khusus, Ini Caranya

Apabila kerusakan rambut Bunda disebabkan karena terlalu sering melakukan styling, maka sebaiknya kurangi saja atau bahkan hindari penyebab dari permasalahan ini. Penataan rambut biasanya menggunakan alat yang panas dan bersuhu tinggi seperti catokan, hair dryer, curling iron yang panasnya bisa mencapai suhu 230°C.

Jika rambut Bunda harus terpapar dengan suhu setinggi itu setiap hari, maka rambut pasti menjadi kering dan kusut karena panas dari alat-alat styling tersebut menghilangkan minyak alami pada rambut. Sebisa mungkin hindari penggunaan alat styling yang bisa merusak rambut supaya kerusakan rambut tidak semakin parah.

Bunda juga perlu melindungi rambut Bunda dari berbagai elemen yang bisa merusak rambut seperti paparan sinar matahari dan polusi. Kalau perlu, hindari berbagai elemen tersebut karena kalau dibiarkan terus menerus, maka paparan sinar matahari dan polusi bisa mengurangi kekuatan rambut dan membuat rambut menjadi semakin rapuh.

Artikel terkait: Bolehkah ibu menyusui mewarnai rambut? berikut penjelasannya!

2. Gunakan Masker dan Vitamin Rambut dengan Rutin

Rambut Rusak Akibat Keseringan Styling butuh Perawatan Khusus, Ini Caranya

Cara merawat rambut rusak ini sangat penting untuk Bunda yang tidak bisa menghindari penggunaan alat styling rambut. Agar kerusakan rambut tidak semakin parah selama styling, maka Bunda bisa mengimbanginya dengan perawatan rambut yang tepat. Salah satunya yaitu menggunakan masker dan vitamin rambut. Masker dan vitamin rambut sangat penting untuk membuat rambut menjadi lebih halus, semakin mudah diatur serta melapisi rambut sehingga bisa meminimalisir kerusakan rambut yang parah ketika styling.

Memberikan masker dan vitamin rambut dengan rutin juga bisa membantu mengembalikan rambut yang rusak ke kondisi awal dan membuatnya kembali sehat. Bunda bisa membuat masker rambut sendiri dari bahan alami seperti lidah buaya, lemon, madu dan alpukat. Jika ingin lebih praktis, Bunda bisa menggunakan masker untuk dijual di pasaran.

Bunda cukup mengaplikasikan masker minimal 1-2 kali dalam satu minggu atau Bunda juga bisa meningkatkan intensitas penggunaan jika kerusakan rambut yang dialami sangatlah parah. Sedangkan  untuk penggunaan vitamin rambut, Bunda bisa memilih vitamin rambut yang didesain khusus untuk mengatasi rambut rusak. Aplikasikan vitamin rambut dengan rutin setelah keramas dan setiap kali akan melakukan styling untuk mencegah kerusakan lebih lebih parah.

3. Gunakan Shampo dan Kondisioner Khusus untuk Merawat Rambut Rusak

Cara Merawat Rambut Rusak

Merawat rambut rusak akibat styling bisa dilakukan dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat untuk rambut. Memilih sampo dan kondisioner yang memiliki formula untuk mengatasi rambut rusak. Formula biasanya mengandung nutrisi seperti vitamin protein dan magnesium. Di samping itu, gunakan sampo dan kondisioner yang terbuat dari berbagai bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia sintetis yang bisa merusak keindahan serta kesehatan rambut.

Artikel terkait: 9 Cara Mudah Melemaskan Rambut yang Mengembang dan Sulit Diatur

4. Memenuhi Asupan Nutrisi Rambut

Rambut Rusak Akibat Keseringan Styling butuh Perawatan Khusus, Ini Caranya

Perawatan rambut yang tepat untuk menyembuhkan rambut rusak menjadi sehat lagi adalah dengan memenuhi asupan nutrisi pada rambut. Asupan nutrisi rambut bisa Bunda dapatkan dari penggunaan masker dan vitamin rambut. Sementara itu, asupan dari dalam bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya dengan kandungan zinc, magnesium, zat besi, vitamin C dan vitamin A. Berbagai kandungan itu sangat baik untuk merawat rambut serta meningkatkan kesehatan rambut.

Bunda bisa mendapatkan kandungan tersebut seperti bayam, brokoli dan kangkung. Bisa juga dari kacang-kacangan seperti kacang merah/macadamia. Bunda juga bisa konsumsi buah seperti jambu, alpukat, jeruk dan pisang untuk nutrisi rambut.

5. Gunakan Hair Tonic

Hair tonic menjadi cara yang cukup efektif untuk memperbaiki rambut rusak. Cara merawat rambut rusak yaitu dengan menggunakan hair tonic bisa dilakukan setiap hari. Hair tonic bisa mengatasi rambut rontok dan rambut kering. Jika Bunda menggunakannya setiap hari secara rutin maka Bunda akan mendapatkan rambut yang tebal dan sehat.

Itulah beberapa cara merawat rambut rusak. Semoga bermanfaat ya, Parents. 

Baca juga:

Seputar Perawatan Rambut Anak yang Perlu Bunda Ketahui

3 Penyebab Rambut Cepat Beruban dan 5 Cara Mencegahnya Secara Alami

13 Tips Meluruskan Rambut Secara Alami dengan Bahan dari Dapur

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *