Entertainment

Rayakan 30 Tahun Berkarya: Ini Vokalis Dewa 19 Favorit para Baladewa

111
×

Rayakan 30 Tahun Berkarya: Ini Vokalis Dewa 19 Favorit para Baladewa

Sebarkan artikel ini



Menampilkan empat vokalis sekaligus, yakni Ari Lasso, Once Mekel, Virzha, dan Ello Tahitoe, siapa vokalis favorit para Baladewa yang datang di konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19?

Lagu Anginjadi pembuka konser tunggal Dewa 19, Sabtu (4/2) di Jakarta International Stadium (JIS). Suara lantang Ello dan Virzha menyatu merdu pas bawain lagu yang udah eksis sejak tahun 2002 itu.

Buat kamu yang udah jadi Baladewa sejati, nama Ari Lasso dan Once Mekel emang melekat banget sebagai vokalis Dewa 19. Namun sejak keduanya hengkang dari band yang dipimpin Ahmad Dhani itu, nama Virzha, kemudian disusul Ello mulai mengisi posisi sebagai vokalis Dewa 19.

Meskipun, sampai sekarang sih Dewa 19 masih sering ngajak Ari Lasso dan Once Mekel untuk menampilkan di setiap konser maupun menutupi lagu-lagu lama mereka nih, Be-emers.

Baca Juga: Musisi Once Mekel akan Rilis Lagu Kolaborasi Berbentuk NFT

Kok Vokalis Dewa 19 Ganti Terus? Gini Lho Singkat Ceritanya

Di tahun 1986, Ahmad Dhani mulai membentuk band Dewa bersama Andra Ramadhan, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso. Saat itu, Ahmad Dhani ternyata jadi vokalis pertama Dewa, sekaligus keyboardist lhoBe-emer!

Baru deh, sekitar tahun 1988, Ari Lasso gabung ke Dewa 19 sebagai vokalis. Dari sini nih, era kejayaan Dewa 19 di dekade 90-an dimulai.

Sayangnya, di tengah proses penggarapan album Pandawa Lima, Ari Lasso harus hengkang dari band yang udah jadi bagian dari hidupnya sejak usia belia.

Enggak lama, Once Mekel pun menggantikan posisi Ari. Kemunculan Once, rupanya makin melambungkan nama Dewa 19 (saat itu ganti nama jadi Dewa) di era 2000-an. Namun, setelah lebih dari 10 tahun bersama Dewa 19, Once memutuskan keluar di tahun 2011.

Nah, sejak Once ‘cabut’, Dewa 19 mulai nerapin konsep band tanpa vokalis. Sampai akhirnya, Virzha muncul mengisi posisi vokalis band yang albumnya kejual jutaan menyalin itu.

Finalis Indonesian Idol 2014 itu kerap tampil di berbagai konser hingga mengisi lagu-lagu membuat ulang Dewa. Gitu juga dengan Marcello Tahitoe, alias Ello, yang di 2022 menempati posisi vokalis Dewa 19.

Penampilan Ello sebagai Vokalis di Konser 30 Tahun Dewa 19 – Jakarta International Stadium
– Image: Rachma Amalia/Suara-Pembaruan.com

Ari Lasso, Once, Virzha, atau Ello? Siapa Sih Favorit Baladewa?

Di malam konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19, empat vokalis dalam sejarah Dewa 19 dipertemukan dalam satu panggung. Pastinya, ini jadi konser Dewa 19 paling akbar yang pernah dilalui selama 30 tahun eksis di dunia musik.

Baladewa dari masa ke masa pun bisa nikmatin lagu-lagu yang dibawakan sama vokalis Dewa 19 sesuai zamannya. Soalnya, setiap Baladewa punya pendapatnya sendiri-sendiri nih sama keempat vokalis Dewa 19!

Menanggapi hadirnya Virzha dan Ello sebagai vokalis di Dewa 19, Baladewa asal Bintaro yang dateng ke konser 30 Tahun Dewa 19 bernama Tyo, Riska, Citra, dan Arman justru menjadikan Ari Lasso dan Once Mekel sebagai vokalis Dewa 19 favorit mereka!

Pasalnya, mereka dari masa kecil udah suka banget sama Dewa 19! “Dari album pertama, dari zamannya Ari Lasso,” ujar Tyo.

Di sisi lain, sejumlah Baladewa merasa enggak masalah dengan hadirnya Ello dan Virzha sebagai vokalis Dewa 19. Justru, aransemen Ahmad Dhani yang bisa menyesuaikan karakter vokal Virzha dan Ello, dinilai bisa bikin Dewa 19 makin keren dan lebih berkelanjutan di era sekarang.

Penampilan Ahmad Dhani di Konser 30 Tahun Dewa 19

Penampilan Ahmad Dhani di Konser 30 Tahun Dewa 19 – Jakarta International Stadium
– Image: Rachma Amalia/Suara-Pembaruan.com

Menurut Cici, Baladewi asal Kota Depok, Ahmad Dhani sangat kreatif dan jenius memilih Virzha dan Ello sebagai vokalis yang banyak dikenal sama anak muda.

“Jeniusnya dia (Ahmad Dhani), bisa ngelihat Dewa supaya bisa berkelanjutanharus bikin gebrakan nih dengan cara ambil vokalis vokalis yang anak muda tau,” -Cici, fans dan penonton konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19

Apalagi menurut Cici, Ahmad Dhani bisa menyesuaikan aransemennya. “Pas Ello sama Virzha, dia enggak pake Versi: kapan ketika dinyanyikan sama Once atau Ari. Aransemennya berbeda,” imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan sama pasangan muda yang juga penggemar berat Dewa 19, yakni Malik dan Maria. Datang ke konser 30 Tahun Dewa 19 dengan kaos dan jaket khas Baladewa dan Baladewi, mereka yakin kalau siapapun vokalisnya, Dewa 19 akan selalu keren selama ada Ahmad Dhani.

Malik dan Maria sebagai Pasangan Baladewa dan Baladewi di Konser 30 Tahun Dewa 19

Malik dan Maria sebagai Pasangan Baladewa dan Baladewi di Konser 30 Tahun Dewa 19
– Image: Rachma Amalia/Suara-Pembaruan.com

Fleksibel sih ya, siapapun vokalisnya. Ya kalau mainnya masih Dhani yang ngurus sihmasih enak-enak aja,” ujar Malik.

Meski enggak terlalu ngikutin era Dewa 19 dengan vokalis Ello dan Virzha, Baladewi bernama Gea dan Neni juga tetap yakin kalau penampilan Dewa 19 bakal bagus terus.

“Tapi aku yakin sihbagus juga ya (Virzha dan Ello), karena kan Dewa ya,” ujar Neni.

Nah, kalau kamu, suka sama vokalis Dewa 19 yang mana nih?

Kalo Be-emin sih, suka semuanya! Apalagi Tyo Nugros!
(Eh, itu kan penabuh drum ya, bukan vokalis. Hehe)

Mau tulisanmu dimuat juga di Suara-Pembaruan.com? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik Di Sini untuk bergabung.

Writer: Rachma Amalia





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *