Resep Tahu Cabe Garam, Camilan Gurih Tinggi Protein

  • Whatsapp
Resep Tahu Cabe Garam, Camilan Gurih Tinggi Protein


Sepiring tahu hangat memang menggugah selera. Tak hanya lezat dijadikan lauk sebagai teman makan nasi, tahu juga cocok untuk dijadikan camilan di sore hari. Seiring dengan perkembangan zaman, muncul banyak kreasi masakan tahu, salah satunya adalah tahu cabe garam.

Bacaan Lainnya

Tahu cabe garam adalah penganan khas Kota Bandung yang dapat dinikmati sebagai camilan. Rasanya yang gurih, asin, dan pedas, sungguh memanjakan lidah dan membuat kita selalu ingin makan lagi dan lagi. Apa Parents juga menyukai camilan ini?

Artikel Terkait: 5 Resep Tahu Bercita Rasa Resto Bintang Lima

Sejarah Tahu di Kota Bandung

Sumber: Kompas

Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya tahu adalah makanan yang datang ke Indonesia dari Tiongkok. Contohnya adalah di Bandung. Familiar dengan Kampung Tahu Cibuntu?

Melansir dari Ayobandung, Kampung Tahu Cibuntu di Bandung awalnya adalah sebuah pabrik kecil penghasil tahu yang didirikan imigran asal Tiongkok di tahun 1937 silam. Berawal dari industri rumahan skala kecil, kini Kampung Tahu Cibuntu menjadi salah satu identitas khas dari kawasan Cibuntu. 

Menurut warga asli Cibuntu, Babah Mpe adalah nama dari sang imigran Tiongkok yang mendirikan Kawasan Tahu Cibuntu. Tahu sendiri adalah makanan khas Tiongkok yang sudah ada sejak zaman Dinasti Han, atau kurang lebih 2000 tahun yang lalu.

Makanan yang terbuat dari endapan biji kedelai ini memiliki nama ‘Tauhu’ dari bahasa Hokkian yang memiliki arti kedelai fermentasi. Setelah melalui proses penyerapan bahasa, masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai ‘Tahu’.

Selain Kampung Tahu Cibuntu, pabrik tahu yang paling terkenal di Bandung adalah Tahu Yun Yi yang berlokasi di kawasan Andir. Pabrik tahu kenamaan ini didirikan oleh warga Tionghoa yang bernama Ko Aseng.

Pada awalnya tahu dibuat dengan cara tradisional yakni dengan menggunakan kain untuk mengendapkan biji kedelai.

Di zaman yang sudah canggih ini, pabrik-pabrik memproduksi tahu dalam jumlah besar menggunakan mesin-mesin. Meskipun begitu, industri rumahan masih ada yang menggunakan cara tradisional dalam memproduksi tahu. Garis-garis yang terdapat pada tahu putih berasal dari serat kain yang digunakan untuk membuatnya.

Artikel Terkait: Bisa Buat Camilan dan Teman Makan, Ini 12 Resep Olahan Tahu yang Pasti Anda Suka!

Resep Tahu Cabe Garam yang Enak dan Gurih

Sejarah dan Resep Tahu Cabe Garam, Camilan Sedap Tinggi Protein

Sumber: Tribun News

Tahu cabe garam sendiri adalah makanan yang diadaptasi dari Tiongkok. Ada cara sendiri untuk memasaknya yang berbeda dengan olahan tahu lainnya, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan nikmat.

Membuat tahu cabe garam sebenarnya sangat mudah. Bunda bisa dengan mudah membuatnya di rumah untuk disajikan pada keluarga.

Dikutip dari Masak Sehat, satu porsi tahu cabe garam yang diperuntukkan untuk 2 hingga 3 orang mengandung 367 kalori, 7gr lemak, 55gr karbohidrat, dan 19gr protein. Kadar proteinnya yang tinggi bagus untuk pertumbuhan anak-anak dan memelihara kesehatan tubuh.

Berikut adalah resep tahu cabe garam yang dilansir dari berbagai sumber.

Cara Membuat Tahu Cabe Garam Crispy

tahu cabe garam

Bahan:

  • 3 buah tahu cina besar, potong dadu
  • 200 gram tepung maizena
  • 2 sendok makan bawang putih bubuk
  • 3 sendok makan kaldu bubuk
  • 8 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai rawit
  • 8 siung bawang merah
  • 1 batang daun bawang
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Artikel Terkait: Resep Tahu Crispy Cheetos, Cemilan Sehat yang Pasti Disukai Si Kecil!

Langkah-Langkah:

  1. Panaskan 500ml air di dalam panci, biarkan hingga medidih. Masukkan garam dan penyedap rasa ke dalamnya, kemudian masukkan potongan tahu cina. Biarkan hingga masak sekitar 3 menit lalu tiriskan hingga kering.
  2. Campur tepung maizena, bawang putih bubuk, dan kaldu bubuk hingga rata. Masukkan potongan tahu, aduk hingga tahu terlapisi oleh adonan tepung. Diamkan selama beberapa menit.
  3. Goreng potongan tahu hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah. Sisihkan.
  4. Cincang kasar bawang putih, kemudian tumis hingga layu. Tiriskan. 
  5. Cincang bawang merah, tumis hingga harum dan campurkan irisan cabai dan daun bawang. Masak hingga layu, bubuhkan garam dan penyedap rasa sesuai selera.
  6. Kecilkan api, masukkan potongan tahu goreng. Aduk-aduk hingga tercampur rata, kemudian masukkan tumis bawang putih.
  7. Matikan api dan angkat. Tahu cabe garam siap disajikan.

Enak, lezat, dan bergizi, itulah resep tahu cabe garam yang mudah dan sederhana. Bingung mencari ide camilan sehat untuk keluarga? Yuk coba masak tahu cabe garam yang nikmat. 

 

Baca Juga:

Suka makan tahu isi? Contek 5 resep enaknya di sini, yuk!

5 Resep Tahu Crispy Renyah dan Lezat, Bunda Mau Coba?

Resep Udang Balado Tahu Pete Nikmat, Gurih Pedasnya Bikin Nagih!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *