Resmikan Jaringan 4G Tersedia di Desa Papua, ZTE-IBS Siap Rampungkan 1811 BTS Hingga Akhir 2021

  • Whatsapp


Jakarta, Selular.ID – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) bersama dengan mitra penyedia terpilih termasuk ZTE dan Infrastruktur Bisnis Sejahtera (IBS) menyelenggarakan acara peresmian menara base transceiver station (BTS) 4G yang berlokasi di Desa Sawyatami Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Indonesia.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama IBS, Makmur Jauri menjelaskan proyek pembangunan BTS ini seperti menorehkan catatan sejarah, yang jika berhasil terlaksana bakal bakal dikenang kedepan.

“Memang dari awal diberi tugas di Papua ini, sangat susah. Proyek ini di atas kertas tidak aman. Kompeksitasnya, seperti membangun perangkat pasif dan aktif itu pun suatu hal yang sulit, mengenai jumlahanya yang cukup masif dengan jangkauan waktu juga menantang,”ungkap Makmur dalam Konferensi Pers ZTE, Infrastruktur Bisnis Indonesia (IBS), BAKTI dan Kominfo Resmikan BTS 4G BAKTI di Papua, Selasa (7/12).

Baca juga: 260 BTS 4G XL Axiata Sambangi Pelosok Kalimantan Barat

Dalam konsorsium ZTE-IBS dalam membangun BTS 4G di wilayah Papua sampai akhir tahun ini akan menyelesaikan sebanyak 1811 BTS, “Sisianya akan ada sekitar 1600-an BTS lagi yang akan kita bangun,” lanjutnya.

Dan sekedar informasi, total pembangunan infrastruktur BTS 4G di Papua secara keseluruhan berjumlah 5.204. Sedangkan untuk seluruh Indonesia, BTS 4G yang akan dibangun dalam dua tahun itu totalnya ada 7.904 lokasi. Itu berarti sekitar 65% dari keseluruhan pembangunan BTS 4G nasional berada di Papua.

Lebih lanjut, untuk mencapai target tersebut, Makmur menjabarkan telah memasang sejumlah strategi.

“Pertama itu tentu merangkul komponen penting yang ada di daerah, dan juga pemerintah daerah setempat, melibatkan masyarakat Papua untuk menjadi bagian yang mengerjakan proyek tersebut misal,” paparnya.

Sementara itu Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo Anang Latif pun menegaskan upaya ini merupakan komitmen Kementerian Kominfo dalam menghadirkan BTS 4G on air, mengingat pemerintah terus melakukan percepatan transformasi digital.

“Kami dari BAKTI sendiri sudah membangun 1600 BTS harapanya, di akhir 2022 dapat menyelesaikan lebih dari 1900 titik lokasi,” tuturnya.

Baca juga: 65% Sebaran Pembangunan BTS 4G Indonesia Ada di Papua

“Terlebih masyarakat Papua dalam program percepatan tranformasi digital nasional ini mendapatkan fokus secara khusus, karena pertimbangan wilayah dan tingkat digitalisasi, kuantitas BTS 4G yang dibangun pun jumlahnya tidak main-main,” lanjutnya.

Sebagai catatan pula, jumlah total 5.204 lokasi BTS 4G di Papua akan melengkapi ratusan BTS yang telah dibangun pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2015 sampai dengan tahun 2020 di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat telah dibangun sebanyak 437 lokasi. Terdiri dari 224 lokasi BTS di Papua Barat dan 213 lokasi BTS di Papua.

Secara nasional, pemerintah menargetkan penyediaan akses internet 4G di 9.113 titik wilayah 3T selama 2020 – 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *