Resmikan Labinov, LAN RI : Inovasi Tidak Harus Mahal

  • Whatsapp
Resmikan Labinov, LAN RI : Inovasi Tidak Harus Mahal


SuaraPemerintah.id – Lembaga Administrasi Nasional (LAN) RI, meresmikan Laboratorium Inovasi Kabupaten Lombok Utara (klu), Rabu, 28 April 2021. Pada kesempatan itu, LAN menegaskan jika dalam berinovasi tidak harus mensyaratkan biaya tinggi.

“Stigma yang terbentuk, seolah inovasi yang bagus adalah yang mahal, padahal tidak. Inovasi yang bagus adalah yang bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Ketua LAN RI, Dr. Adi Suryanto, M.Si., di Aula Bupati Lombok Utara, kemarin.

Adi menjelaskan, banyak daerah yang terjebak dengan mereplikasi inovasi daerah lain untuk diterapkan di daerahnya. Namun semestinya, inovasi satu daerah disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

Dengan terbentuknya Labinov di Lombok Utara, LAN sebut Adi, akan memberi pendampingan maksimal. Pasalnya, Lombok Utara adalah satu dari 4 daerah yang mendapat kesempatan pendampingan pada tahun 2021 ini. Tiga daerah lain di Indonesia yaitu Kabupaten Tanimbar, Kabupaten Tojo Una-Una dan Kabupaten Sorong.

“LAN mendampingi KLU, bukan semata-mata untuk memperbaiki indeks, tapi perbaiki pelayanan sehingga masyarakat terpuaskan, karena inovasi yang baik adalah inovasi yang bermanfaat,” tegasnya lagi.

Ia menyambung, sejak LAN dibentuk pada 2014 dan mulai aktif memberi pendampingan pada 2015, terdapat perubahan pelayanan pada daerah yang didampingi. Imbas dari inovasi pelayanan yang diterapkan, daerah tersebut mendapat ganjaran dari pemerintah pusat.

“Setelah kabupaten yang didampingi berhasil, muncul permintaan setelahnya. Karena hasilnya, pada inovasi KemenPAN RB, kabupaten mendapat nominasi dan penghargaan berupa Dana Insentif Daerah,” jelasnya.

Demikian dengan Lombok Utara, LAN juga akan maksimal agar Lombok Utara dapat mengejar perbaikan kualitas pelayanannya.

Namun demikian ia berpesan, dalam sebuah inovasi sangat bergantung pada manajemen kepemimpinan kepala daerah setempat. Selain itu, ia juga mengajak agar semua aparatur tidak mengendurkan motivasi kerjanya.

Dalam inovasi nanti, Pemda tidak harus menyiapkan banyak opsi inovasi. Melainkan menonjolkan satu inovasi namun fokus sehingga berdampak dan diakui oleh nasional.

“Dukungan leadership kepala daerah sangat menentukan berjalannya inovasi dengan baik. Harapan kami, dengan adanya Laboratorium Inovasi ini, Lombok Utara bisa lebih baik lagi dari tahun ke tahun,” tandasnya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *