Sejak PPKM Darurat, Smartphone Second Samsung Masih Jadi Primadona

  • Whatsapp


Jakarta, Selular.ID – Meski kian tersebar jajaran smartphone anyar yang memiliki kualitas unggul, namun pesona smartphone second alias bekas juga masih mencuri perhatian banyak orang.

Bacaan Lainnya

Ponsel bekas dengan kondisi cukup mulus pun masih bisa ditemui di pasaran, ditambah pula dengan harga banderol yang sudah merosot jauh dari harga aslinya, dan ini menjadi salah satu alasan konsumen tertarik akan ponsel second.

Berbicara soal smartphone second, penjualan offline dari perangkat lawas itu juga sempat tersendat akibat diberlakukannya kembali PPKM Darurat pada 3 Juli 2021, yang juga mengharuskan salah satu pusat perbelanjaan smartphone terbesar di Jakarta yakni ITC Roxy Mas tutup tirai untuk sementara waktu.

Untuk menyiasatinya, para pedagang lebih menggenjotkan penjualannya secara online dan rupanya membuahkan hasil yang bisa dibilang menjadi angin segar bagi para pedagang smartphone second. Hingga penjualan offline di ITC Roxy Mas sudah kembali beroperasi, penjualan smartphone second masih stabil meski belum sepenuhnya sempurna seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Kalau sekarang sih kita masih beradaptasi lagi buat meningkatkan pemasukan dari penjualan secara offline ya. Waktu kemarin toko tutup kita tetap gencar melakukan penjualan dan berjalan cukup lancar pemasukannya. Sejak toko di buka kembali, penjualan masih tetap tinggi lewat online ketimbang offline,” ujar Abbas, Karyawan toko PhoPho Cell ITC Roxy Mas, (4/10/2021), pada saat diwawancarai langsung oleh team Selular.

Kemudian, berdasarkan hasil tinjauan langsung oleh team Selular ke ITC Roxy Mas, Samsung masih mendominasi penjualan smartphone second. Deretan ponsel lawas Samsung yang masih banyak dicari konsumen kebanyakan berasal dari series Galaxy J Prime.

Selain Samsung, brand smartphone Xiaomi dan Realme juga masih menjadi incaran para pemburu ponsel second. Namun untuk keduanya, tak bisa ditentukan spesifik tentang series mana yang lebih banyak dicari.

“Samsung Galaxy J Prime sih mba paling banyak dicari. Galaxy A dan series second Samsung lainnya juga masih yang paling dicari sampai saat ini. Selain Samsung, ada Xiaomi sama Realme juga yang cukup banyak dicari. Soal Realme dan Xiaomi, kalo ditanya spesifik seriesnya tidak menentu, paling yang keluaran 2 tahun lalu,” kata Fahri di ITC Roxy Mas, Jakarta.

Menyoal kondisi pasar, pada saat team Selular turun langsung ke lapangan dua hari lalu, situasi di ITC Roxy Mas sudah mulai diramaikan oleh para pembeli dibandingkan pada saat sebelum PPKM Darurat ke-2 diberlakukan.

“Saya dan para pedagang smartphone disini sangat berharap kalau kedepannya penjualan offline di ITC Roxy Mas cepat ramai lagi seperti dulu sebelum adanya pandemi virus corona,” tutup Simon, salah satu pedagang smartphone di ITC Roxy Mas.

Tonton juga video di bawah ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *