Selain Bermanfaat, Ternyata Ini Tips Cermat Pakai Kartu Kredit



Beli ini-itu, tinggal gesek. Tiap akhir bulan juga banyak promo menarik. Hmm.. tapi malah jadi boros enggak sih kalau pakai kartu kredit?

Jawabannya, bisa iya, bisa juga enggak. Kalau kita bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak dan enggak berlebihan, ketakutan terlilit utang pun enggak bakal kejadian. Kartu kredit itu bisa jadi lebih unggul karena punya sejumlah manfaat.

Bahkan saat kamu bepergiandilansir dari Bisnis.comkartu kredit justru bisa bermanfaat karena punya banyak promo. Mulai dari promo tiket pesawat, diskon hotel berbintang, hingga promo hemat di sejumlah restoran. Kartu kredit juga cocok banget buat kamu yang kemana-mana selalu bawa uang terbatas.

Baca juga: Kartu Kredit Syariah, Apa Bedanya dengan Konvensional?

 

Cara Cermat Pakai Kartu Kredit

Godaan buat pakai kartu kredit itu dimana-mana. Nah, walaupun identik sama penagih utang, tapi ada cara hemat yang bisa kamu terapkan saat pakai kartu kredit.

Tips Cermat Pakai Kartu Kredit Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

1. Pertimbangkan Annual Fee

Tahu enggak? Annual fee atau biaya iuran tambahan bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan buat mengajukan kartu kredit, lho!

Bahkan, ternyata ada kartu kredit yang bebas dari Biaya tahunan. Nah, kalau gini kan, kamu jadi bisa berhemat karena enggak bakal terbebani sama biaya tahunan.

 

2. Manfaatkan Reward Point

Biasanya, kartu kredit selalu berikan poin penghargaan. Nah, ini salah satu manfaat yang biasanya ditawarkan oleh bank penyelenggara kartu kredit nih, Be-emers.

Jadi, setiap kamu bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa kumpulkan dan tukarkan poin tersebut dengan berbagai macam promo. Mulai dari tiket, voucher belanja, dan lain sebagainya.

 

3. Buat Perencanaan

Kalau kamu termasuk orang yang suka pakai uang kayak air mengalir alias boros, kamu harus terbiasa buat bikin rencana dulu nih sebelum belanja atau bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit.

Kamu bisa rencanakan lebih dulu dan estimasi waktu pelunasannya. Soalnya, itu bisa bikin kamu jadi lebih ringan melunasi.

Baca juga: Perlu Enggak Sih Punya Lebih dari Satu Kartu Kredit?

 

4. Bayar Tagihan Sesuai Jadwal

Janji adalah hutang. Tagihan adalah upaya pertanggungjawaban buat melunasi utang yang kamu pakai.

Makanya, jangan cuma mau menikmati manfaat dan kemudahannya aja nih. Kamu juga mesti menepati janji buat melunasi sesuai waktu yang sudah ditetapkan alias jatuh tempo. Disiplin waktu dalam membayar cicilan juga bisa membangun kepercayaan orang lain terhadap diri kita lho.

Jadi, kamu tim kartu kredit atau malah mending pakai pay later aja nih, Be-emers?





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.