Sembilan Bahan Pokok yang Dibutuhkan Setiap Keluarga

Sembilan Bahan Pokok yang Dibutuhkan Setiap Keluarga


Sembako atau sembilan bahan pokok dianggap sebagai bahan-bahan dasar pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Sebenernya istilah sembako pertama kali populer setelah terjadinya krisis moneter sekitar tahun 1998 lalu. Kesembilan bahan pokok dibutuhkan oleh semua kalangan.

Sembilan Bahan Pokok yang Dibutuhkan Setiap Keluarga

1. Beras, Sagu, atau Jagung

Beras adalah salah satu bahan makanan sumber energi sekaligus bahan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena beras merupakan sumber energi maupun sumber nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis makanan pokok lainnya.

Sedangkan sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia Timur. Di dalam sagu, terdapat karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, sagu juga memiliki protein, vitamin, dan mineral, meski jumlahnya tidak banyak.

Selain itu, bahan makanan pokok khas Indonesia adalah biji jagung. Dimana biji jagung memiliki kandungan karbohidrat yang kaya. Selain itu jagung memelukan air dalam perkembangannya yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan padi. Karena itu, di wilayah kering, jagung banyak digunakan untuk sumber makanan pokok pengganti beras padi.

2. Gula Pasir

Sembilan bahan pokok

Isi selanjutnya dari sembako adalah gula pasir. Pemberi rasa manis pada setiap hidangan ini telah menjadi bahan pokok dalam berbagai pelengkap rasa makanan. 

Artikel terkait: Sama Manisnya, Ini 14 Pengganti Gula yang Lebih Sehat Bagi Tubuh Anda!

3. Sayur-sayuran dan Buah-buahan

sembilan bahan pokok

Sayur dan buah-buahan sudah menjadi bahan pokok yang sering dikonsumsi oleh semua masyarakat. Manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk kesehatan dan pemenuhan gizi. Sebab keduanya pun termasuk ke dalam makanan empat sehat lima sempurna.

Secara umum, sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan bagi tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan 400 g sayur dan buah per hari, tepatnya 250 g sayur atau setara dengan 2,5 porsi, serta 150 g buah atau setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang, 1½ pepaya ukuran sedang, atau 3 buah jeruk ukuran sedang.

4. Daging Sapi, Ayam, dan Ikan

sembilan bahan pokok

Daging-dagingan dan ikan merupakan sumber protein bagi tubuh. Protein yang dikandung dalam daging hewani sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hal ini karena, jutaan sel dalam tubuh manusia bisa berfungsi karena jumlah protein cukup dan itu yang membuat setiap aktivitas berjalan optimal

Daging sapi memiliki nutrisi seperti protein, lemak, Vitamin B3, B6, B9, dan B12, zat besi, zink, dan selenium. Sedangkan itu daging ayam memiliki kandungan nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, D, E, B5, B12, dan K, dan rendah kolesterol. Di dalam ikan memiliki nutrisi seperti protein, lemak esensial, Vitamin A, D, E, B6, dan B12, zat besi, seng, zink, selenium, yodium, dan rendah kolesterol.

5. Minyak Goreng dan Margarin

sembilan bahan pokok

Minyak goreng sangat memenuhi kebutuhan pangan, karena berfungsi untuk menggoreng hidangan. Sedangkan margarin, dapat menggantikan posisi minyak untuk menggoreng dan bisa digunakan dalam olahan kue. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyedapkan makanan. 

Minyak umumnya terdiri dari lemak tak jenuh, yaitu mono-unsaturated dan poly-unsaturated, sedangkan mentega memiliki rasa asin dan memiliki lemak jenuh lebih dalam bentuk protein mentega dan protein susu dan juga sejumlah air di dalamnya. Sedangkan margarin mengandung lemak jenuh, namun lemak ini sehat untuk jantung. 

6. Susu juga Termasuk Sembilan Bahan Pokok

sembilan bahan pokok

Jenis minuman ini adalah bahan pokok yang juga melengkapi makanan empat sehat lima sempurna. Susu mengandung zat gizi yang lengkap. Di samping kaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral, yang terpenting, mengandung kalsium guna menunjang pertumbuhan dan kepadatan tulang.

Selain itu, banyak manfaat susu, misalnya kandungan laktosa, yakni karbohidrat. Manfaat lain dari susu selain untuk energi juga memberi efek positif untuk kesehatan saluran cerna.

Artikel terkait ; Kenali Metode Parent-Child Led untuk Mengembangkan Bakat Natural Anak

7. Telur Ayam

sembilan bahan pokok

Telur merupakan hasil produksi dari hewan unggas, manfaatnya sangat banyak dalam kehidupan. Mulai dari bahan pangan, seperti memasak maupun menjadi bahan baku kue, bahkan berfungsi untuk kecantikan. Telur bermanfaat untuk membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan mata, dan menjaga stamina.

8. Minyak Tanah atau Gas Elpiji termasuk Sembilan Bahan Pokok yang Dibutuhkan

sembilan bahan pokok

Minyak tanah (minyak gas; bahasa Inggris: kerosene atau paraffin) adalah cairan hidrokarbon yang tak berwarna dan mudah terbakar. Diperoleh dengan cara distilasi fraksionaldari petroleum pada 150 °C dan 275 °C. Penggunaanya sebagai bahan bakar untuk memasak. 

Kini, penggunaan minyak tanah sudah mulai tergantikan oleh gas ELPIJI, pelafalan bahasa Indonesia dari akronim bahasa Inggris; LPG (liquified Petroleum gas, harafiah: “gas minyak bumi yang dicairkan”).

Keduanya berfungsi sebagai bahan bakar untuk memasak. Untuk itu minyak tanah atau Gas Elpiji menjadi termasuk dalam salah satu dari sembilan bahan pokok.

9. Garam Beryodium atau Bernatrium

sembilan bahan pokok

Selain gula, garam pun termasuk dalam sembilan bahan pokok yang dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Terutama garam yang memiliki yodium ataupun natrium. Karena garam yang memiliki yodium atau natrium memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah mencegah dari penyakit tiroid serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Garam beryodium merupakan garam yang sudah difortifikasi atau ditambahkan mineral yodium. Yodium ini berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi hormon tiroid, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur proses metabolisme tubuh dan berbagai fungsi organ di dalam tubuh.

Sedangkan Natrium atau secara awam dikenal dengan garam, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tekanan darah dan menyediakan saluran sinyal saraf.

Artikel terkait ; Unik, 7 Ide Parsel Anti Mainstream untuk Lebaran Lebih Berkesan

Nah, Parents, itulah sembilan bahan pokok yang selalu dibutuhkan untuk kelengkapan dan keberlangsungan hidup seluruh masyarakat.

Baca juga ;

Ingin Donor Darah Saat Puasa? Perhatikan Hal Berikut Ini Dulu, Parents!

Mari Tunaikan Zakat, Ini 7 Hikmah yang Akan Didapat Pemberi dan Penerimanya

Selain Opor Ayam, Inilah 7 Menu Pendamping Makan Ketupat di Hari Raya

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.