Sembunyikan dan Memunculkan Foto di Google Photos

  • Whatsapp
Sembunyikan dan Memunculkan Foto di Google Photos
banner 468x60


Terhitung mulai 1 Juni 2021, Google mengumumkan mulai membatasi penyimpanan foto di akun Google Anda hanya maksimal 15 GB. Setelah mencapai batas maksimal 15 GB, Anda harus membeli layanan Google One untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan Anda.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Photo by Daniel Romero on Unsplash

Dilansir The Verge, Google menyediakan setiap akunnya dengan penyimpanan gratis sebesar 15GB. Selama beberapa tahun terakhir, Google menyimpan foto dalam jumlah tak terbatas secara gratis selama Anda mengizinkannya untuk dikompresi menjadi 16 megapiksel.

Namun, mulai 1 Juni 2021, Google memasukkan foto dalam perhitungan penyimpanannya. Setelah Anda mencapai batas 15GB, Anda harus membeli layanan Google One untuk mendapatkan ruang penyimpanan tambahan.

Google One saat ini mulai dari penyimpanan 100GB seharga Rp28.000 per bulan (Rp285.000 per tahun) dan berlanjut ke 200GB seharga Rp42.000 per bulan (Rp427.000 per tahun) atau 2TB seharga Rp142.000 per bulan (Rp1,4 juta per tahun). Paket 2TB juga dilengkapi dengan VPN untuk ponsel Android.

Selain itu, tentu Anda sudah tahu bahwa Google Photo bisa secara otomatis menyimpan foto yang ada di smartphone Anda. Namun, sudah tahukan Anda ketika ingin menyembunyikan dan memunculkan kembali foto di Google Photo? Berikut caranya.

Menyembunyikan Foto di Google Photo

1. Log in ke halaman Google Photos Anda lewat link https://www.google.com/photos/about/ atau https://photos.google.com/

2. Masukan username atau nama pengguna dan kata sandi Anda.

3. Di halaman beranda Google Photos, Anda akan menemukan ikon tiga garis di pojok kanan atas.

4. Pilih Archive atau Arsip.

5. Setelah itu pilih foto yang ingin Anda arsipkan, klik Add Photos atau Tambahkan Foto dan Selesai.

6. Anda juga bisa memilih foto yang ingin diarsipkan terlebih dahulu, lalu ketuk ikon tiga titik dan pilih Archive atau Arsip atau langsung menekan Shift+A.

Foto yang Anda sembunyikan itu akan masuk ke halaman Archive atau Arsip. Pilihan mengarsipkan foto ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan foto yang tak ingin Anda lihat tanpa harus menghapus foto tersebut.

Jika Anda sewaktu-waktu ingin melihat foto yang sudah disembunyikan itu, Anda dapat mengunjungi halaman Archive atau Arsip yang terletak di Library atau Perpustakaan Google Photos Anda. Anda juga dapat mengembalikan foto yang sudah diarsipkan ke halaman utama Google Photos Anda.

Cara Mengembalikan Foto yang Disembunyikan

1. Log in ke halaman Google Photos.

2. Buka Archive atau Arsip.

3. Pilih foto yang ingin dikembalikan.

4. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.

5. Pilih Unarchive atau Batalkan Pengarsipan atau menekan Shift+A

6. Foto Anda akan kembali ke halaman utama Google Photos.

Anda dapat melihat kembali foto tersebut bersama foto-foto lainnya. Itulah cara menyembunyikan foto kenangan di Google Photos yang dapat Anda lakukan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *