Sensor pintar untuk pengisian cepat di masa mendatang – Proyek penelitian baterai “SPARTACUS” telah menguasai pencapaian pertama

  • Whatsapp


spesifikasi

Bacaan Lainnya

Dengan paket kerja pertama, protokol spesifikasi didefinisikan pada level yang berbeda, dimulai dengan sensor, pra-pemrosesan data, integrasi, modul, sistem manajemen baterai, validasi, dan kerangka kerja metodologi LCA. Paket pekerjaan telah selesai dan menjadi dasar untuk pengembangan kolaboratif dalam proyek SPARTACUS.

Pengembangan sensor

Tujuan dari paket kerja pengembangan sensor adalah untuk mengembangkan teknologi multi-sensor terintegrasi baru untuk memantau status pengoperasian sel baterai dalam hal parameter listrik, mekanik dan termal. Jika memungkinkan, sensor harus memberikan informasi dengan resolusi lokal.

Teknologi sensor termasuk:

  • Berbagai prosedur ultrasound
  • Rangkaian sensor tegangan, regangan, dan tekanan kapasitif yang fleksibel
  • Sensor suhu
  • Pengukuran spektroskopi impedansi

Teknologi perakitan dan interkoneksi

NS teknologi integrasi dan perakitan paket kerja terkait erat dengan paket kerja pengembangan sensor. Selain integrasi dan perakitan utama, evaluasi sinyal dan akuisisi data sebaik pra-pemrosesan data juga tugas-tugas yang menantang. Untuk perakitan, level sensor yang berbeda harus digabungkan menjadi satu sistem tanpa kehilangan sensitivitas untuk sensor yang berbeda.

Pemodelan

Paket pekerjaan pemodelan bertujuan untuk mendapatkan pemantauan dan kontrol lengkap sistem baterai untuk meningkatkannya kualitas, keandalan, dan masa pakai (QRL) dan untuk memastikan operasinya dalam standar area operasi aman (SoA). Dalam konteks ini, status baterai harus diekstraksi dan divalidasi secara sistematis. Sinyal sensor harus dikorelasikan dengan mekanisme kesalahan yang berbeda. Metode berdasarkan kecerdasan buatan juga akan digunakan untuk mengevaluasi sejumlah besar data sensor. Model memberikan dasar untuk mengendalikan sistem manajemen sel.

Pengembangan sistem manajemen sel/baterai

Untuk memanfaatkan keunggulan integrasi sensor cerdas, sistem manajemen sel dan baterai sedang diadaptasi. Tujuan dari CMS/BMS paket kerja adalah mengembangkan sistem manajemen baterai (BMS) yang mampu membaca berbagai pengukuran sensor, memproses data dan mengontrol sel secara optimal selama siklus pengisian/pengosongan berdasarkan perhitungan model.

Pengembangan CMS/BMS meliputi:

  • Desain dan produksi perangkat keras
  • Arsitektur perangkat lunak, pemrograman dan implementasi
  • Realisasi komunikasi saluran listrik CMS/BMS
  • Verifikasi tingkat sistem: serangkaian beberapa sel yang dilengkapi dengan CMS untuk mencapai sistem 24 V.

Penilaian ekologi dan ekonomi

Untuk mengevaluasi kinerja lingkungan dan ekonomi baterai pintar SPARTACUS, proyek ini mencakup a analisis siklus hidup (LCA). Peningkatan kualitas, keandalan dan masa pakai baterai serta kehidupan kedua dan LCOES – itu berarti biaya penyimpanan energi yang diratakan – masa pakai baterai yang lebih lama akan dinilai sesuai dengan European Circular Economy Strategy dan Petunjuk Baterai. .

Validasi / Demonstrasi

Dalam paket kerja ini, kasus penggunaan yang kompleks akan dirancang dan disiapkan untuk diuji semua fungsi baru dari SPARTACUS CMS/BMS, sensor baru dan pemodelan baterai/sel di a platform maya. Ini termasuk misalnya eksperimen penuaan di bawah CMS/BMS konvensional untuk membandingkan dan memvalidasi perilaku penuaan.

Sumber: Institut Fraunhofer untuk Penelitian Silikat ISC



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *