Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan


Timun suri merupakan buah yang cukup popular di tengah masyarakat. Buah yang sekilas menyerupai mentimun berukuran besar ini kerap diburu terutama di musim Ramadan. Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata manfaat timun suri juga melimpah, lho, Parents.

Bacaan Lainnya

Timun suri memiliki bentuk lonjong seperti pepaya, kulit luarnya berwarna kuning, dan daging buahnya lembut berserat. Meski sering dianggap masih famili dengan mentimun, secara morfologi bentuk dan ukuran biji sebenarnya timun suri lebih mendekati melon.

12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan 

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beragam manfaat yang bisa diperoleh timun suri.

1. Menghidrasi Tubuh

Manfaat pertama yang dimiliki timun suri adalah kemampuannya menghidrasi tubuh. Hal ini tak lain karena buah satu ini termasuk jenis buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Maka tak heran, timun suri sangat cocok disantap saat berbuka puasa karena bisa mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Baik untuk Kesehatan Mata, Salah Satu Manfaat Timun Suri

manfaat timun suri

Mata merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Nah, vitamin ini terdapat dalam buah timun suri. 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Selain vitamin A, buah timun suri juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Keberadaan dua zat tersebut membuat buah ini dianggap mampu membantu meningkatkan  sistim kekebalan tubuh.

Di dalam tubuh, vitamin A berperan dalam produksi sel darah putih yang nantinya bertugas sebagai antibodi. Sementara itu, vitamin C melindungi sel-sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

4. Mencegah Anemia, Manfaat Lain Timun Suri untuk Kesehatan

manfaat timun suri

Timun suri juga mengandung zat besi (Fe), yaitu mikronutrien yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Itu artinya, mengonsumsi timun suri bisa membantu mencegah anemia atau kurang darah. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kepala pusing, kelelahan, letih, lemas, lunglai.

Artikel terkait: Sumber antioksidan, ini 8 manfaat timun suri untuk kesehatan ibu hamil

5. Mencegah Pertumbuhan bakteri

manfaat timun suri

Buah timun suri juga diyakini mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini berkat kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid di dalam timun suri. Namun demikian, manfaatnya dalam hal ini masih perlu diteliti lebih jauh.

6. Timun Suri Mampu Melancarkan Pencernaan

manfaat timun suri

Pencernaan terasa kurang lancar? Jangan buru-buru minum obat pencahar. Sebab, buah timuns suri mampu membantu melancarkan pencernaan. Pasalnya, buah timun suri mengandung kadar air yang tinggi dan serat yang melimpah.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat timun suri

Salah satu manfaat timun suri yang tak bisa diabaikan ialah kemampuannya menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan kalsium, fosfor, serta vitamin K di dalamnya.

Kandungan vitamin K di dalam buah timun suri tergolong cukup tinggi. Vitamin larut lemak ini berperan sangat penting untuk meningkatkan massa tulang serta menjaga kesehatan persendian.

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Kandungan vitamin K dalam jumlah tinggi pada buah timun suri ternyata juga membawa keuntungan lain, yaitu membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Pasalnya, Vitamin K diketahui dapat bekerja membatasi kerusakan neuron di otak. 

Alzheimer sendiri merupakan penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Dalam istilah sehari-hari, penyakit ini biasa disebut dengan kepikunan.

Artikel terkait: 7 Manfaat tersembunyi timun untuk ibu hamil dan janin

9. Timun Suri dapat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Berkat kandungan airnya yang tinggi, buah timun suri juga memberikan manfaat untuk kesehatan gigi dan rongga mulut. Sebab, mengunyah buah berkadar air tinggi dapat membantu meningkatkan produksi air liur serta menjaga pH mulut menjadi netral.

Tak sampai di situ saja, manfaatnya dalam menjaga kesehatan gigi diperkuat lagi dengan adanya kalsium dan fosfor. 

10. Mencegah Kanker

Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, buah timun suri juga kaya akan kandungan saponin. Menariknya, para peneliti menemukan bahwa kandungan saponin dalam buah satu ini dapat membantu mencegah munculnya sel tumor dan kanker.

11. Menjaga Kesehatan Ginjal

Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Tingginya kandungan air dalam buah yang dikenal juga dengan sebutan timun betik atau barteh ini dapat membuat proses pembuangan air seni menjadi lebih lancar. Timun suri bekerja sebagai salah satu diuretik alami yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Selain itu, kemampuannya tersebut didukung dengan adanya kandungan fosfor di dalamnya. Mineral satu ini diketahui membantu menyaring racun di ginjal.

12. Mencegah Inflamasi

manfaat timun suri

Timun suri mengandung sejumlah zat antioksidan, antara lain vitamin C, vitamin A, flavonoid, triterpen dan lignan. Nah, zat-zat ini dikenal memiliki sifat anti-inflamasi.

Sebuah penelitian pada hewan uji juga menemukan bahwa vitamin A dari timun suri dapat menjaga kesehatan jaringan pada organ yang mengalami peradangan.

****

Parents, itulah tadi manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Baca juga:

Biasa jadi lalapan, timun bisa diolah jadi sayur yang enak, ini 7 resepnya!

7 Khasiat air timun, kurangi berat badan hingga cegah kanker

12 Manfaat Tomat untuk Wajah, Ampuh Melembapkan hingga Cegah Komedo

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *