Sistem peringatan waktu nyata menandai era baru dalam penelitian ledakan radio cepat

  • Whatsapp


Ilmuwan Universitas McGill telah mengembangkan sistem baru untuk berbagi sejumlah besar data yang dihasilkan oleh teleskop radio CHIME dalam pencariannya untuk ledakan radio cepat (FRB), fenomena ekstragalaksi yang membingungkan yang merupakan salah satu topik terpanas dalam astronomi modern.

Bacaan Lainnya

Bukan hal yang aneh bagi proyek CHIME/FRB untuk menunjukkan dengan tepat beberapa peristiwa FRB dalam satu hari operasi karena ia menyaring hampir 1 juta gigabyte data yang dikumpulkan oleh teleskop. Dengan sistem berbagi data baru, yang menggunakan Virtual Observatory Event (VOEvent), bahasa standar untuk melaporkan peristiwa astronomi, detail penting tentang setiap FRB yang dideteksi CHIME sekarang dapat dikirim secara real time ke observatorium di seluruh dunia, memungkinkan mereka untuk berlatih instrumen mereka pada sumbernya dan mengumpulkan petunjuk lebih lanjut untuk mengungkap misteri FRB.

“Volume data yang sangat besar yang dihasilkan CHIME/FRB dan sejumlah besar FRB baru yang dideteksi setiap hari seperti tambang emas bagi komunitas yang ingin menunjukkan setiap jenis teleskop yang ada di FRB berikutnya,” kata Andrew Zwaniga, pengembang utama dari Layanan Acara CHIME / FRB VO dan asisten peneliti di Departemen Fisika di McGill.

Mempercepat laju penelitian

Gratis untuk digunakan oleh siapa saja yang memiliki akses ke internet, sistem baru ini memenuhi tujuan tim proyek CHIME/FRB untuk membuat setiap FRB yang terdeteksi oleh CHIME tersedia untuk teleskop lain untuk ditargetkan dengan penundaan sesedikit mungkin. Pengembangan ini merupakan langkah kunci untuk membawa sumber daya komunitas riset internasional untuk menanggung data yang dihasilkan oleh proyek CHIME/FRB.

“Sejak CHIME/FRB mulai beroperasi pada 2018, rasanya seperti minum dari selang kebakaran dalam hal jumlah data yang masuk,” kata Emily Petroff, peneliti pascadoktoral di Departemen Fisika di McGill yang memainkan peran kunci dalam menyempurnakan sistem peringatan sebelum rilis publiknya. “Kami tidak bisa mengekstrak semua ilmu dari ini; kita membutuhkan bantuan dunia.”

Menyetel ke CHIME

Pengembang CHIME/FRB VOEvent Service mengatakan “siapa pun yang memiliki akses ke teleskop dan dapat dengan andal mengarahkannya ke lokasi langit Utara” akan dapat menggunakan peringatan untuk melakukan pengamatan lanjutan dari FRB yang terdeteksi oleh CHIME .

“Kami telah menyiapkan tutorial dan dokumentasi substansial untuk pengguna baru dan veteran VOEvents untuk memulai dengan cepat,” kata Zwaniga. “Kami mengundang komentar dan pertanyaan tentang VOEvents dari komunitas di hadapan publik kami Halaman GitHub komunitas CHIME/FRB.”

Sumber: Universitas McGill



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *