Stres Mengganggu? Lakukan 8 Cara Alami dan Mudah ini untuk Mengatasinya

  • Whatsapp
Stres Mengganggu? Lakukan 8 Cara Alami dan Mudah ini untuk Mengatasinya


Pada masa pandemi, semakin banyak orang yang mengalami stres. Penyebabnya bisa sangat beragam seperti karena kesepian, pekerjaan atau kecemasan. Stres sebaiknya dikelola dengan baik karena stres yang berkepanjangan bisa memunculkan dampak buruk terhadap kesehatan fisik/mental. Beberapa cara mengatasi stres antara lain dengan meditasi, olahraga, bersosialisasi, minum teh. Ini bisa menjadi  langkah yang paling sederhana untuk mengurangi stres.

Bacaan Lainnya

Berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater juga bisa menjadi pilihan dan berguna dalam jangka panjang. Mengalami stres yang berat bisa mengganggu kegiatan bahkan memunculkan penyakit fisik. Menurut sebuah penelitian, stres bahkan bisa meningkatkan resiko terkena kanker. Sebaiknya, stres tidak dipendam terus menerus. Berikut ini beberapa cara mengatasi stres berat secara alami.

Cara Mengatasi StresSecara Alami dan Efektif

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang tinggi gula serta lemak memang bisa mengurangi stres, namun hanya dalam jangka pendek saja. Ini karena rasa manis dan lezat membuat hati sedikit agak lega. Namun, kebiasaan ini bisa memperparah stres dalam jangka panjang. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula secara mendadak. Ketika ini terjadi maka kadar gula juga bisa turun mendadak. Ini bisa menjadi pemicu stres dan gangguan kecemasan.

2. Melatih Pernafasan

Stres Mengganggu? Lakukan 8 Cara Alami dan Mudah ini untuk Mengatasinya

Salah satu cara mengatasi stres berat yaitu mengubah cara bernafas. Dengan melakukan teknik pernapasan yang benar, maka tubuh dan otak bisa menjadi lebih tenang hanya dalam waktu beberapa menit. Latihan pernapasan ini juga bisa dilakukan di berbagai tempat, yaitu dengan cara:

  1. Menghirup nafas sambil menghitung satu sampai tiga dalam hati. Tarik nafas sampai perut dipenuhi dengan udara.
  2. Tahan nafas satu detik kemudian hembuskan secara perlahan sambil menghitung satu sampai dengan tiga. 
  3. Lakukan ini sambil membayangkan tempat yang tenang dan menyenangkan. Ini sangat bermanfaat untuk meredakan stres. 

Artikel terkait: Benarkah Stres Pada Wanita Kebanyakan karena Ulah Pasangan?

3. Meditasi

Cara Mengatasi Stres

Melakukan meditasi atau yoga selama 10-15 menit dan dilakukan sebanyak 4-5 kali dalam satu minggu bisa menenangkan pikiran. Melakukan meditasi secara rutin juga bisa menjadi cara mengatasi stres dan menurunkan kadar hormon stres yaitu kortisol. Seiring dengan penurunan kadar hormon ini, seseorang bisa menjadi lebih tenang.

4. Olahraga Secara Rutin

Cara Mengatasi Stres

Berolahraga secara rutin bisa menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Itu sebanding dengan kadar stres. Olahraga juga memicu produksi hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati atau mood dan bisa menjadi pereda nyeri yang alami.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak sekaligus berkualitas. Istirahat yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk meredakan stres. Bunda tidak perlu melakukan olahraga berat untuk meredakan stres. Cukup lakukan olahraga yang sederhana seperti bersepeda atau sekadar jalan santai saja.

Artikel terkait: Tips Mengatasi Stres Pada Anak

5. Mengontrol Diri Sendiri

Cara Mengatasi Stres

Ini mungkin terdengar klise, namun ketika stres berat mengenai pikiran, solusi yang paling ampuh untuk menghilangkan ini yaitu dengan mengambil kontrol atas diri sendiri. Yakinkan bahwa diri kita bisa melewati berbagai cobaan dan kembali membuka diri.

Selama masih pasif dan berpikir tidak ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk keluar dari berbagai permasalahan yang dihadapi, maka stres akan menjadi semakin parah.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Stres Mengganggu? Lakukan 8 Cara Alami dan Mudah ini untuk Mengatasinya

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang mengandung gizi, tidur yang cukup, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol sampai dengan tidak menggunakan berbagai obat-obatan yang terlarang.

Jangan biarkan stres berlarut-larut dan menjadi semakin parah sehingga memunculkan gangguan kesehatan. Jika berbagai cara mengatasi stres juga tidak berhasil maka jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Artikel terkait: Rambut Rontok Akibat Stres, Bagaimana Langkah Tepat Mengatasinya?

7. Hindari Pemicu Stres

Stres Mengganggu? Lakukan 8 Cara Alami dan Mudah ini untuk Mengatasinya

Sumber stres bisa datang dari mana saja, termasuk berita yang ada di televisi, unggahan yang ada di media sosial, sampai dengan omongan orang terdekat.

Cara mengatasi stres berat yang timbul dari hal-hal semacam ini yaitu dengan menghindarinya sejauh mungkin. Tidak salah untuk mengistirahatkan telinga dan mata dari layar televisi dan meluangkan waktu untuk berpuasa gadget selama beberapa saat. Ini bisa menjadi cara ampuh meredakan tekanan pada pikiran.

8. Fokus pada Saat Ini

Cara Mengatasi Stres

Jangan terlalu lama terjebak pada peristiwa yang sudah terjadi. Apalagi kalau kejadian tersebut bisa membuat Anda sedih. Jalani hidup yang ada saat ini. Jangan cemaskan apa yang nanti akan terjadi. Jalani hidup dengan perasaan yang bahagia dan pikiran positif. Ini akan memberikan pengaruh yang baik pada kehidupan ke depannya.

Itulah beberapa cara mengatasi stres yang bisa Parents coba lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Video Edukatif : Dampak Stres Pada Otak

17 Ciri Anak Alami Stres Selama Pandemi, Parents Perlu Mengenalinya

Tak selalu buruk, stres juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *