Sudah Tahu Belum Apa Itu NFT? Cepat Kaya dengan Jual Beli Gambar? Ini Manfaatnya


Bisa dibilang, masih banyak yang belum tahu apa itu NFT. Padahal, NFT menjadi salah satu perbincangan hangat di Indonesia.

Apalagi di era modern seperti sekarang banyak sekali muncul berbagai macam aset investasi. Salah satunya adalah investasi kripto.

Istilah NFT semakin bergaung setelah Ghozali, seorang pemuda yang mendadak kaya karena menjual fotonya melalui pasar NFT. Hal ini lah yang membuat banyak orang penasaran tentang teknologi satu ini. Bagi Anda yang penasaran dan masih belum tahu, bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Ini Cara Mudah Jual NFT untuk Pemula!

 

Mengenal Apa Itu NFT

NFT atau Non Fungible Token adalah sertifikat keaslian pada blockchain yang dikeluarkan oleh si pencipta aset. Aset dengan metadata yang unik ini lah akan terlampir dalam bentuk token berupa koleksi digital, permainan, musik, maupun pemungutan suara.

NFT sendiri berbentuk asset digital sehingga bisa dianggap sebagai milik pribadi. Apalagi benda ini tidak ada wujudnya. Kebanyakan NFT akan menggunakan blockchain Ethereum karena merupakan salah satu aset kripto yang populer. Dengan kata lain, blockchain inilah yang mendukung perdagangan NFT.

Meski begitu, cara kerja dari NFT terbilang cukup sederhana. Hal ini karena sistem penyimpanannya berupa data digital, sehingga penggunanya bisa melakukan transaksi secara rahasia.

Apalagi, pengguna lain tidak akan bisa melacak data NFT Anda. Hebat, bukan?

Manfaat NFT

Beberapa orang mungkin menganggap jika NFT hanya booming sesaat atau hanya sekadar tren saja. Nyatanya, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, terutama dalam dunia bisnis. Setelah mengetahui apa itu NFT, berikut beberapa manfaatnya dalam dunia bisnis.

1. Memudahkan Penjualan Produk

Bisa dibilang saat ini NFT merupakan aset berbasis digital yang mudah untuk diperjualbelikan. Hal ini karena penjual NFT tidak membutuhkan ruang yang nyata.

Penggunaan NFT juga bisa membantu mengurangi biaya dan mendukung kelangsungan bisnis digital di masa depan.


2. Mendukung Pemasaran

Manfaat kedua menggunakan NFT adalah bisa membantu mendukung pemasaran.

Apalagi, di era bisnis seperti sekarang, setiap perusahaan harus mempunyai media sosial atau situs web sendiri agar bisa dikenal. Dari sini lah Anda bisa memanfaatkan media tersebut untuk memperjualbelikan token digital NFT.


3. Menciptakan Ekosistem Perdagangan

Meski ekosistem perdagangan digital masih terbilang baru, tapi kehadiran NFT bisa membuka fenomena perdagangan digital yang terjadi pada sistem blockchain. Sistem tersebut menggunakan aset seperti Bitcoin dan Ethereum.


4. Menjadi Alat Promosi

Anda bisa menggunakan NFT sebagai media promosi yang cepat dan mudah. Hal ini karena pada dasarnya, NFT merupakan token digital dalam bentuk foto, video, dan lainnya.

Promosi bisa dilakukan dengan cara menjualnya dalam bentuk tiket, diskon, atau kupon berbasis digital.

Baca juga: Mau Cuan dari NFT? Kenali Dulu Apa Itu Shilling


5. Bukti Kepemilikan

Seperti yang diketahui, bukti kepemilikan dari suatu produk menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko pemalsuan produk yang dilakukan oknum tertentu.

Selain itu, tidak perlu khawatir karena data akan aman. Hanya pemiliknya saja yang bisa mempunyai data seputar produk.

Setelah mengetahui apa itu NFT dan manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Tidak ada salahnya untuk mendapatkan keuntungan besar dari aset investasi ini.

*artikel ini juga tayang di website saya cakdolan(dot)com

Editor: Rachma Amalia

Mau cerita atau artikel kamu dipublikasi di Suara-Pembaruan.com?

Yuk, tulis aja pengalaman kamu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.