Suka Bertransaksi Non Tunai? Ini Keuntungan Jadi Cashless Society



Kalau disuruh pilih, kamu mending ketinggalan dompet atau ketinggalan smartphone?

Bagi yang suka belanja non-tunai, sebagian besar akan memilih untuk meninggalkan dompetnya saja smartphone.

Soalnya, di jaman yang serba digital ini, bertransaksi jadi enggak bakal ribet lagi. Tinggal buka aplikasi pembayaran di smartphonekamu sudah bisa pesan makanan, belanja baju, bahkan traktir pulsa teman kamu.

Perubahan pola transaksi digital ini juga dikenal dengan istilah masyarakat tanpa uang tunai atau masyarakat tanpa uang tunai.

Apalagi, dilansir dari laman resminya, Bank Indonesia telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) sejak 14 Agustus 2014 lalu. Gerakan itu pun bertujuan untuk menciptakan adanya gerakan sistem pembayaran yang aman, efisien, dan lancar.


Baca Juga: Kartu Debit Plus Minus Pakai vs Kartu Kredit

Keuntungan Jadi Cashless Society

Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), istilah masyarakat tanpa uang tunai makin populer karena dinilai memang lebih efisien, cepat, dan mudah. Masyarakat tanpa uang tunai juga punya keuntungan lainnya yang bikin transaksi ini makin jadi favorit milenial.

Banyak Promo

Ini bisa jadi alasan utama rata-rata milenial lebih pilih masyarakat tanpa uang tunai. Hampir setiap waktu, banyak banget merchant yang bagi-bagi promo potongan harga dan uang kembali lewat transaksi non tunai kayak dompet digital, kartu debit maupun kredit.

Banyak Promo Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Promo ini bisa banget kamu manfaatin kalau lagi berniat buat menghemat pengeluaran. Asal enggak tiap hari belanja dengan alasan ada promo juga sih. Itu sama aja pemborosan namanya!

Dinilai Lebih Aman

Bawa uang cash kemana-mana memang kadang lebih berisiko. Apalagi, kalau kamu ada di angkutan umum dan daerah yang rawan tindak kejahatan, wah kamu harus lebih waspada biar enggak kecopetan.

Cashless Dinilai Lebih Aman Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Cashless Dinilai Lebih Aman Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Namun, kalau kamu memilih untuk bertransaksi dengan non tunai, risiko keamanan itu bakal lebih kecil. Hal terpenting saat melakukan transaksi digital, kamu harus pintar dan bijak dalam menyimpan data pribadi kayak pin atau kata sandi transaksi, kode OTP (kata sandi satu kali), dll.

Efisien Banget

Transaksi non tunai memang bertujuan buat memberikan banyak efisiensi dan membawa banyak kemudahan buat hidup kamu.

Cashless Efisien Banget Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Cashless Efisien Banget Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Misalnya, dengan adanya e-toll dan uang elektronikkamu jadi enggak perlu lama lagi antre buat masuk tol, bayar parkir, dan naik kendaraan umum. Semuanya tinggal mengetuk doang deh pokoknya!

Gitu juga kalau kamu berniat buat buka rekening, mentransfer uang, atau bayar tagihan bulanan, sekarang kamu enggak usah repot-repot lagi ke bank. Cukup buka aja aplikasi bank yang kamu punya, segala macam transaksi perbankan bisa diselesaikan di manapun dan kapanpun.

Baca Juga: Uang di M-Banking Hilang Tiba-Tiba? Segera Lakukan Hal Ini

Jadi, kamu tim cashless atau tetap sedia uang tunai nih, Be-emers?

Yuk, komen di kolom komentar!

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.