Lifestyle

Sunscreen SPF 25 30 50, Mana yang Paling Efektif?

132
×

Sunscreen SPF 25 30 50, Mana yang Paling Efektif?

Sebarkan artikel ini

Salah satu concern orang-orang ketika memilih sunscreen adalah terkait SPF. Banyak yang lebih memilih sunscreen dengan SPF yang tinggi. Apakah semakin tinggi SPF akan semakin efektif?

Meskipun mendapatkan sinar matahari memiliki manfaat kesehatan tertentu, seperti meningkatkan kadar vitamin D dan lainnya, tapi ada juga bahayanya lho.

Paparan sinar matahari tinggi meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Apalagi Indonesia adalah negara tropis yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.

Maka dari itu penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Untungnya saat ini masyarakat di Indonesia sudah mulai menyadari pentingnya menggunakan sunscreen dalam aktivitas sehari-hari.

Pemakaian Sunscreen yang Baik dan Benar

Ada banyak macam sunscreen yang beredar di pasaran. Kebanyakan orang menggunakan sunscreen secara tipis-tipis hingga tidak disadari tidak menutupi seluruh bagian kulit.
Untuk melindungi kulit, disarankan sebaiknya menggunakan kira-kira enam hingga delapan sendok makan untuk menutupi tubuh orang dewasa.

Baca Juga: Seberapa Penting Penggunaan Sunscreen Secara Rutin?

Sunscreen dipakai setidaknya 30 menit sebelum pergi keluar dan dioleskan kembali setiap dua jam, serta segera setelah berenang atau berkeringat.

Jika takaran enak hingga delapan sendok makan dirasa terlalu banyak dan membuat tidak nyaman, kamu harus mencari alternatif produk sunscreen yang cocok di kulit.

Cari produk sunscreen yang tidak lengket, tidak meninggalkan white cast, cepat menyerap, dan tidak membuat iritasi. Selain itu pilih tekstur sunscreen yang paling nyaman untuk kulitmu.

Berapa SPF Sunscreen yang Paling Efektif?

Saat memilih sunscreen, identik dengan SPF. SPF atau Sun Protection Factor adalah kandungan dalam sunscreen sebagai pelindung kulit dari sinar UVB.

SPF juga merupakan penentu seberapa lama penggunanya dapat berhadapan dengan sinar matahari langsung tanpa mengalami sunburn atau terbakar matahari.

Kulit normal manusia bisa bertahan di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit hingga kulitnya perlu mendapat perlindungan sunscreen. Jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit terlindungi sebelum terbakar.

SPF umumnya diikuti dengan angka yang menjadi kode seberapa besar perlindungan yang diberikan kepada kulit. Ada SPF 15, 30, dan 50.

SPF menjadi informasi pertama yang dilihat orang ketika akan membeli produk sunscreen. Kebanyakan orang mencari sunscreen dengan SPF yang paling tinggi.

Apakah besar kecilnya SPF apa berpengaruh pada kulit setelah menggunakannya? Jawabannya iya karena SPF menunjukan seberapa lama dan seberapa besar kulit kita terlindungi dari sinar matahari.

Baca Juga: Foto Mark Zuckerberg Pakai Suncreeen Sempat Heboh dan Jadi Meme, Begini Kisah di Baliknya

Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk, menentukan berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit. Secara singkat, semakin tinggi nilai yang tercantum maka semakin lama perlindungannya.

SPF 15 menyaring 93 persen paparan sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97 persen, sementara SPF 50 menghalangi 98 persen paparan sinar UVB.

Angka lebih tinggi dari 50 dianggap tidak efektif karena SPF tidak dapat melindungi sampai 100 persen dari paparan sinar UVB.

Selanjutnya, mari kita hitung waktu perlindungannya. Kulit normal  bisa bertahan di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit dan jumlah SPF menunjukan 10 kali lipat perlindungan.

Maka SPF 15 akan memberikan ketahanan 10 menit x 15, yaitu 150 menit atau setara 2,5 jam. SPF 25 lebih lama lagi yaitu 250 menit atau setara 4 jam 10 menit.

SPF 30 memberikan ketahanan 300 menit yang setara 5 jam dan SPF 50 memberi ketahanan paling lama yaitu 500 menit atau 8 jam lebih.

Nah, dari sini kamu sudah tahu kan perbedaan jumlah SPF yang ada dari tiap produk sunscreen. Kamu jadi bisa memilih sunscreen yang tepat untuk kondisi kulitmu.

Dapatkan info terkini terkait gaya hidup hanya di Bisnis Style.

Mau tulisanmu dimuat juga di Suara-Pembaruan.com? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik Di Sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *