Suzuki akan Gelontorkan Mobil Listrik Rp 120 Jutaan – Otomotif – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Ilustrasi, mobil mini alias kei car di Jepang yakni Suzuki Hustler. Mobil ini disebut-sebut menjadi salah satu basis mobil listrik yang dikembangkan Suzuki – dok.Nikkei

Bacaan Lainnya

Tokyo, Majalahtime.com – Suzuki Motor Corporation (Suzuki) dikabarkan akan meluncurkan minicar listrik di dalam negeri Jepang pada tahun 2025 nanti. Mobil setrum itu akan dibanderol mulai 1 juta yen atau sekitar Rp 127, 2 juta (kurs 1 yen = Rp 127,2) setelah mendapatkan potongan pajak yang disubsidi pemerintah.

“Harga itu sekitar setengah dari harga yang ditargetkan oleh para pesaing (untuk mobil listrik mereka),” tulis laporan Nikkei, Sabtu (27/11/2021).

Kabar itu melengkapi kabar sebelumnya yang menyatakan pabrikan berlambang huruf S itu akan menjual mobil listrik pada tahun 2025. Tetapi berbeda dengan di India, mobil listrik mini di Jepang berbasis Suzuki Hustler.

Seperti dilansir laman Mobil dan Sepeda akhir Oktober lalu, untuk tahap pertama mobil listrik itu akan dipasarkan di India. “Untuk jadwal peluncuran kendaraan listrik pertama ini akan diputuskan oleh prinsipal kami Suzuki Motors Jepang. Namun kami (Maruti) akan memperkenalkannya pada tahun 2025,” ujar Chairman Maruti Suzuki India, RC Bhargava.

Mobil listrik Suzuki yang dibangun dengan basis Suzuki Karimun Wagon R – dok.Istimewa

Bahkan dia menyebut kemungkinan produksi mobil listrik itu di India. “Kalau bisa, saya ingin menjual 10.0000 mobil listrik dalam sebulan,” tandas Bhargava.

Namun, hingga kini belum ada informasi rinci dari mobil listrik Karimun Wagon R tersebut. Meski sejumlah media lokal di Negeri Sari itu menyebut Suzuki Wagon R listrik itu diklaim mampu berjalan sejauh 200 kilometer dalam sekali isi daya baterai.

Sebelumnya pada 25 Juli, Nikkei melaporkan Suzuki bahkan – saat itu – diketahui tengah pabrik baterai di India bersama Denso dan Toshiba. Pabrik tersebut memproduksi baterai lithium ion untuk mobil hybrid merek yang menguasai 50% pangsa pasar di India tersebut.

Mobil listrik Karimun Wagon R yang tengah diuji di berbagai lintasan di India – dok.Istimewa via Car and Bike

Suzuki dinilai lambat bergerak ke arah pengembangan mobil listrik dibanding rekan-rekannya sesama pabrikan asal Jepang. Sebab Toyota, sudah menawarkan kendaraan berteknologi itu.

Subaru telah mengembangkan kendaraan yang sama bersama dengan Toyota. Nissan, Mitsubishi dan Honda, juga sedang mengembangkan mobil listrik kompak. (Fat/Ara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *