Tak Hanya untuk Perempuan, Inilah Gerakan Senam Kegel Sederhana untuk Pria

  • Whatsapp
Tak Hanya untuk Perempuan, Inilah Gerakan Senam Kegel Sederhana untuk Pria


Jenis olahraga senam kegel selama ini identik dengan olahraga yang dilakukan oleh perempuan. Namun faktanya, gerakan senam kegel sederhana juga bisa dilakukan untuk pria. Senam kegel pria sendiri memilki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bacaan Lainnya

Melansir dari Halodoc, senam kegel adalah senam yang memiliki tujuan untuk melatih otot dasar panggul. Otot dasar panggul adalah sekumpulan otot yang menyokong organ-organ di panggul seperti rahim, kandung kemih, dan rektum.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan melemahnya otot dasar panggul. Usia hingga faktor medis seperti operasi atau penyakit seperti diabetes dapat menyebabkan otot panggul menjadi lemah, lebar, dan kehilangan tegangannya. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Artikel Terkait: 5 Posisi Bercinta dengan Teknik Senam Kegel untuk Orgasme yang Tak Terlupakan!

5 Manfaat Melakukan Senam Kegel Sederhana untuk Pria

Sumber: Freepik

Senam kegel tak hanya baik dan bisa dilakukan oleh perempuan, melainkan pria juga. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari melakukan senam kegel, termasuk juga pria. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Gerakan Senam Kegel Sederhana Pria dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sumber: Freepik

Menurut penelitian, senam kegel bagi pria dapat membantu untuk mengatasi disfungsi ereksi. Senam kegel dapat membantu melancarkan aliran darah dan oksigenasi menuju penis untuk membantu ereksi.

2. Manfaat Senam Kegel Sederhana unutk Meningkatkan Perfoma Seksual Pria

Gerakan Senam Kegel Sederhana Pria dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sumber: Freepik

Senam kegel dapat termasuk ke dalam sexercise, yakni olahraga yang dapat meningkatkan performa dan kesehatan seksual. Dengan melatih otot dasar panggul, orgasme akan menjadi lebih kuat.

Senam kegel juga dipercaya dapat memperbesar ukuran penis. Namun masih belum ada penelitian ilmiah yang memperkuat anggapan ini.

3. Mengatasi Ejakulasi Dini

senam kegel sederhana pria

Sumber: Freepik

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Andrology, senam kegel dapat membantu kontraksi otot dasar panggul saat mencapai klimaks. Hasilnya, ejakulasi dapat ditunda dan ejakulasi dini pun dapat teratasi.

Artikel Terkait: Sexercise Bisa Meningkatka Performa Seksual, Sudah Coba?

4. Membantu Pemulihan Pascaoperasi Prostat

Gerakan Senam Kegel Sederhana Pria dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sumber: Freepik

Salah satu organ yang ditopang oleh otot dasar panggul adalah kandung kemih. Dengan melakukan senam kegel, peredaran darah pada area panggul akan lebih lancar. Setelah operasi prostat pemulihan kandung kemih pun dapat lebih cepat dan kesehatan prostat akan lebih terjaga.

5. Membantu Mengatasi Inkontinensia Urine dan Alvi

Gerakan Senam Kegel Sederhana Pria dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sumber: Freepik

Jika otot panggul lemah, maka akan berpengaruh pada kontrol kandung kemih. Akibatnya dapat timbul kondisi inkontinensia urine yaitu ketidakmampuan menahan urine yang akan keluar. Senam kegel dapat meningkatkan kekuatan untuk mengontrol kandung kemih dan mengatasi inkonentinensia urine.

Selain itu, senam kegel juga dapat membantu mencegah dan mengatasi inkontinensia alvi yaitu ketidakmampuan menahan buang air besar. Memperkuat otot dasar panggul dapat memperkuat sfingter ani yaitu otot yang berfungsi menutup atau membuka jalur pada anus.

Tak Hanya untuk Perempuan, Ini Cara Melakukan Senam Kegel untuk Pria

Gerakan Senam Kegel Sederhana Pria dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sumber: Freepik

Bagaimana cara melakukan senam kegel untuk pria? Senam kegel dapat dilakukan dalam waktu tersendiri maupun ketika sedang melakukan aktivitas lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Menemukan Otot Panggul Bawah

Pertama, Parents harus dapat menemukan atau merasakan otot panggul bawah di dalam tubuh. Ketika sedang buang air kecil, cobalah menahannya. Otot yang digunakan untuk menghentikan urine adalah otot panggul bawah.

Artikel Terkait: Jarang Disadari, Ternyata Kepuasan Seksual Perempuan Bisa Terhambat Karena Hal Ini

Jika baru pertama kali, Parents dapat melakukan senam kegel dengan cara berbaring. Setelah berbaring, coba kencangkan otot panggul tersebut dan tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan. Setelah itu, ulangi lagi menahan dan melepaskan selama beberapa kali.

Apabila sudah terbiasa dengan tekniknya, Parents bisa melakukan senam kegel saat duduk, berdiri, atau melakukan aktivitas lain.

Ketika melakukan senam kegel, usahakan untuk tidak ikut menahan napas. Kencangkan otot panggul bawah tanpa ikut menahan perut, paha, atau pantat

Lakukan senam kegel secara rutin dengan satu sesi sebanyak 10 atau 30 kali mengencangkan dan melepaskan otot panggul. Melansir dari Alodokter, hasil yang signifikan dapat terlihat setelah Parents melakukan senam kegel secara rutin selama 3 hingga 4 bulan. Semoga informasi mengenai senam kegel sederhana untuk pria ini dapat bermanfaat.

Baca Juga:

7 Faktor Penting dalam Komunikasi Seksual, Parents Sudah Tahu?

7 Kesalahan Pria dalam Melakukan Hubungan Seksual

Apakah masturbasi memiliki manfaat kesehatan? ini penjelasannya!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *