Taklukan 30 Gunung dari Miangas Sampai Pulau Rote Dengan 30 Juz

  • Whatsapp
Taklukan 30 Gunung dari Miangas Sampai Pulau Rote Dengan 30 Juz




Bacaan Lainnya

banner 300250

Suara-Pembaruan.com – Samawe adventure sebuah komunitas yang aktif dalam pendakian gunung sejak 1996 dan juga tergabung dengan Asosiasi pemandu Gunung Indonesia akan menaklukan 30 gunung di Indonesia dalam waktu 1 tahun (Mei 2021- Mei 2022).

Ekspedisi 30 Summits ini tercetus saat mendengarkan khutbah jumat seorang khatib yang mengatakan “melakukan suatu kebaikan itu tidak memilih tempat, dari manapun dan kapanpun kita menyuarakan kebaikan sesuai dengan rutinitas yang kita jalani”, hal itu di ungkapkan R Bambang Adi Wijaya salah satu pencetus Samawe di Jakarta, Jumat (18/12).  ‘Ekspedisi 30 Summits’ ini melibatkan 12 pendaki Samawe Adventure dibawah naungan panasehat, Harry Koko Santoso dan Butet Kertaredjasa.

Ia mengungkapkan dalam perjalanannya nanti setiap sampai puncak para pendaki ini akan membacakan ayat suci Al’Quran “setiap puncak gunung 1 Juz, jadi pas 30 juz,” beber Awe panggilan akrab R Bambang Adi Wijaya.

Lanjut Awe, tidak hanya mendaki gunung saja misi utama adalah mengeksplorasi keanekaragaman alam dan budaya, dan akan di rangkum dalam satu karya film dokumenter untuk mendukung promosi pariwasata Indonesia.

Perjalanan akan di mulai pada Mei tahun depan dengan awal 5 gunung di Sumatra serta 5 desa atau kesenian dan tradisi di Sumatra, menyusul 17 gunung di Jawa, Bali, Lombok Nusa tengara, disini akan juga di eksplore 4 desa atau kesenian serta tradisi di wilayah Bali, Lombok Nusa Tenggara, dan yang terakhir adalah 8 gunung di Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan Papua, beserta 7 desa atau kesenaian serta tradisi di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan Papua. “Dimulai dari Gunung Leuser di Aceh dan berakhir di Gunung Cartensz, Papua,” imbuh Gigih Adi Prabowo tim Ekspedisi 30 Summits.

Ia menambahkan ada 3 output dalam perjalanan kali ini yaitu pertama adalah jurna perjalanan di sini dokumentasi perjalanan harian dalam bentuk audio visual yang akan tayang di youtube Samawe Adventure , yang kedua adalah Dokumentasi 30 gunung, dengan Video dokumenter masing masing gunung dan masarakat sekitar, dan yang terakhir adalah buku, perjalanan ini akan di rangkum dalam satu buku yang berisikan jurnal, pengalaman informasi, terkait 30 gunung tersebut.

Ekspedisi pertama Samawe Adventure ini juga mengajak musisi Denny Frust terlibat langsung dalam pendakian. Rencananya pelantun ‘Mari Bergerak Kawan’ ini akan ikut perjalanan di Gunung Merapi (Jawa Tengah) dan Gunung Marapi (Sumatera Barat).

“Tertarik ikut dalam ekspedisi ini. Karena mereka komunitas yang luar biasa, menaklukan 30 gunung di Indonesia. Ide ‘gila’ inilah yang buat saya penasaran,” aku Denny penuh semangat.


Photo Credit :  Tim Ekspedisi 30 Summits Iwan Kurniawan (Pendaki Utama)  R. Bambang Adi Wijaya (Awe), Denny Fruitz (Musisi), Gigih Prabowo (Humas) (ki-ka) /Doc/telegraf


 

Atti K.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *