Tech SPAC Trump Bisa Menghasilkan Miliaran Dengan Meme-Stock Frenzy – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Kekayaan Donald Trump yang merosot tiba-tiba siap untuk mendapatkan dorongan besar dari mania meme-saham. Berita Rabu malam bahwa perusahaan media mantan presiden yang baru lahir, Trump Media & Technology Group, berencana untuk go public melalui perusahaan akuisisi tujuan khusus telah dikirim investor ritel menjadi hiruk-pikuk, bahkan dengan sedikit detail yang dirilis. Keuntungan saham mendorong nilai tersirat dari usaha baru menjadi lebih dari $8,2 miliar. Berdasarkan angka dari siaran pers dan pengajuan ke Securities and Exchange Commission, tampaknya Trump akan memiliki lebih dari 50% dari perusahaan gabungan. Pada nilainya saat ini, itu akan membuatnya menjadi orang terkaya yang pernah ada, naik dari perkiraan kekayaan bersihnya sekarang sebesar $2,5 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Bacaan Lainnya

Di dunia roller-coaster dari perdagangan berbahan bakar Reddit dan hype SPAC yang megah, keuntungan itu hampir tidak kuat. Tetapi uang yang dipertaruhkan pada konglomerat media Trump menandai perubahan tajam untuk pasca-kepresidenan yang tidak baik bagi kerajaan bisnis miliarder itu.

Hotelnya di Washington, yang pertama kali dipasarkan pada 2019, masih dijual, sementara menara Manhattan di tengah kota yang menyandang namanya telah berkembang. Lowongan. Musim panas ini, kepala keuangan Trump Organization adalah dibebankan dengan penipuan pajak. Kekayaan bersih Trump telah menurun sekitar $500 juta sejak ia memasuki Gedung Putih, dengan pandemi dan dampak dari kerusuhan Capitol Januari memberikan pukulan tambahan pada kepentingan bisnisnya.

Baca lebih lanjut: Keberuntungan Trump Turun menjadi $2,3 Miliar saat Covid dan Kerusuhan Memukul Kerajaan

Sekarang tibalah kedatangan outlet media sosial yang digoda oleh Trump, pemimpin dalam jajak pendapat untuk nominasi presiden GOP pada tahun 2024, selama beberapa waktu. Ada banyak alasan untuk bersikap skeptis terhadap penilaian. Ini akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum usaha baru tersebut secara publik merilis produk pertamanya, sebuah platform media sosial yang disebut Truth Social. Dan sudah ada masalah teknis. Pada hari Kamis, halaman Truth Social diretas untuk membuatnya tampak bahwa Trump membagikan foto babi yang sedang buang air besar.

Juga tidak jelas bagaimana Trump berencana untuk membangun platform media sosial dalam skala Twitter selama beberapa bulan ke depan, apalagi layanan streaming, yang merupakan fase berikutnya dari rencana Trump Media, menurut siaran pers yang mengumumkan perusahaan tersebut. Pernyataan itu ringan pada angka bahkan oleh standar SPAC.

“Kami tidak punya keuangan. Kami tidak memiliki rencana bisnis. Kami tidak tahu bagaimana mereka sampai ke penilaian. Kami tidak memiliki informasi,” kata Kristi Marvin, kepala eksekutif perusahaan riset SPAC Insider. “Itulah masalah mendasar.”

Perwakilan untuk Trump dan Trump Media tidak menanggapi permintaan komentar.

Bisnis tersebut memiliki rencana ambisius yang juga mencakup “tumpukan teknologi” potensial untuk bersaing dengan AWS Amazon.com Inc. dan Google Cloud, antara lain, menurut presentasi di situs web Trump Media. Sampai sekarang, dewan Digital World ringan pada anggota dengan pengalaman media. Chief executive officernya, Patrick Orlando, adalah mantan pedagang derivatif Deutsche Bank AG yang ikut mendirikan perusahaan perdagangan gula dan memulai perusahaan perbankan, Benessere Capital, sebelum baru-baru ini merangkul SPAC.

Sejauh ini, investor ritel tidak terlalu peduli. Saham Digital World Acquisition Corp., perusahaan cangkang yang bergabung dengan usaha baru Trump untuk mengumumkannya ke publik, ditutup pada hari Jumat di $94,20 — naik dari $9,96 sebelum kesepakatan diumumkan Rabu. Ini juga merupakan peningkatan lebih dari 800% dari harga penawaran $10 yang biasanya digunakan dalam perjanjian merger SPAC.

Siaran pers mengatakan perusahaan baru akan memiliki nilai perusahaan awal sebesar $875 juta. Dengan asumsi bahwa perhitungan menggunakan $10 per harga penawaran saham dan $293 juta Digital World memiliki kepercayaan, pemilik SPAC akan mendapatkan sekitar 42% dari perusahaan gabungan setelah memperhitungkan saham yang diterima sponsor jika kesepakatan dilakukan.

Itu menyisakan 58% untuk Trump dan mitra mana pun yang dia miliki di Trump Media. Saham itu bernilai hampir $4,8 miliar, berdasarkan harga terakhir Digital World. Seluruh perusahaan dinilai oleh pasar sekitar $8,2 miliar, dibandingkan dengan penilaian ekuitas Twitter Inc. yang hampir $50 miliar.

Dengan penilaian perusahaan media baru yang mengerdilkan nilai perusahaan senilai $875 juta yang disepakati oleh Trump, dia mungkin dapat menegosiasikan kesepakatan yang lebih manis. Ketentuan perjanjian perlu diungkapkan lebih lengkap dan masih bisa berubah sebelum kesepakatan dipilih oleh pemegang saham, sebuah peristiwa yang mungkin masih beberapa bulan lagi.

Ketegangan Bisnis

Sebagian besar kekayaan Trump saat ini terkait dengan Trump Organization, sebuah bisnis real estat yang luas yang telah dirugikan oleh pandemi dan masalah hukum. Ada juga setidaknya $ 590 juta utang yang akan jatuh tempo dalam empat tahun ke depan terkait dengan properti perusahaan, lebih dari setengahnya dijamin secara pribadi oleh Trump.

Pada bulan April, perusahaan mencetak kemenangan ketika mitranya di dua gedung pencakar langit, Vornado Realty Trust, membiayai kembali utang yang terkait dengan menara San Francisco, membawa $617 juta kepada pemiliknya. Organisasi Trump juga tampaknya mendekati a penjualan Trump International Hotel di Washington, yang merupakan hotspot bagi sekutu politik, pelobi, dan tokoh media konservatif selama pemerintahannya.

“Kami adalah salah satu perusahaan real estat yang paling kurang leverage di negara ini dibandingkan dengan aset kami,” kata putra Trump Eric Trump pada saat kesepakatan Vornado. Di atas kertas, dia dan saudaranya Donald Trump Jr. telah terkemuka organisasi Trump. Chief Financial Officer Allen Weisselberg mengundurkan diri dari berbagai perannya setelah dakwaannya. Perusahaan itu juga didakwa dengan 15 tuduhan kejahatan di New York.

Trump belum mengisyaratkan bahwa dia akan kembali ke Trump Organization. Fokusnya sekarang adalah mendominasi partai Republik dan proyek media barunya, yang akan memberinya jalan untuk terhubung dengan pendukung dan mengumpulkan uang setelah dia dilarang dari Facebook dan Twitter. Itu akan menjadi kunci jika dia memilih untuk mencari masa jabatan kedua pada tahun 2024.

Ketika Trump pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden, dia mengaku memiliki harta benda sebesar $10 miliar. Sekarang hiruk-pikuk perdagangan ritel mungkin membawanya lebih dekat untuk sampai ke sana.

© 2021 Bloomberg LP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *