Terjawab, Shopee Indonesia Tidak Terkena PHK Massal Global


Be-emers, sebelumnya kita dapat berita hangat tentang adanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) massal secara global yang akan dilakukan oleh Shopee.

Hal ini tentu saja membuat kita kebingungan dan bertanya-tanya. Jika ada PHK besar-besaran, kenapa memulai ini masih aktif juga merekrut karyawan baru. Apa penyebab Shopee melakukan PHK? Apalagi Shopee merupakan salah satu perdagangan elektronik terbesar saat ini di Indonesia.

Dikutip dari laman CNA, Shopee akan memutuskan hubungan kerja dengan beberapa karyawannya di lini bisnis ShopeeFood dan ShopeePay di Asia Tenggara.

Selain itu, Shopee juga akan memangkas karyawannya yang ada di Meksiko, Argentina dan Chili, serta penarikan bisnis dari pasar Spanyol, Memo tertanggal 13 Juni 2022, dikirim oleh presiden grup Shopee, Chris Feng.

Baca juga: Banyak Startup Officer yang PHK, Benarkah Scan Fenomena Bubble Burst?

Adapun alasan kenapa terjadi hal tersebut adalah karena akibat dampak ketidakpastian ekonomi global yang semakin tidak jelas. Oleh karena itu, Shopee membuat keputusan untuk mengoptimalkan operasi di segmen dan pasar tertentu. Caranya adalah dengan meningkatkan efisiensi dan memfokuskan sumber daya.

Chris Feng juga mengatakan Shopee akan menutup uji coba tahap awal di Spanyol, setelah sebelumnya berencana akan meluncurkan penjualan online di negara itu Oktober lalu. Karyawan Shopee yang terkena dampak PHK akan mendapatkan pemberitahuan melalui surel.

Kemudian, informasi selanjutnya adalah dari pihak Shopee Indonesia. Apakah Shopee Indonesia termasuk dalam list itu juga?

Dikutip dari laman bisnis.comHandhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia angkat bicara bahwa kebijakan dari Shopee Global yang akan melakukan PHK karyawan tidak berlaku untuk bisnis di Indonesia. Alasannya adalah Shopee Indonesia menunjukan performa yang baik dan pangsa pasar Indonesia tetap menjadi prioritas mereka.

Shopee ingin terus mengembangkan bisnis di Indonesia seperti membantu lebih banyak UMKM lokal untuk menjual produknya. Selain itu, ingin juga membantu lebih banyak lagi pengguna untuk merasakan pengalaman dengan adanya dampak ekonomi digital.

Di Shopee Indonesia sudah memiliki karyawan yang lebih dari 20.000 orang, yang terdiri dari berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood.

Nah Be-emers, bagaimana pendapatmu akan hal itu?





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.