Terlanjur Meminjam Uang ke Rentenir? Segera Lakukan Hal ini!


Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan yang datang tidak terduga dengan cepat. Contohnya keperluan kesehatan, dana untuk perbaikan kendaraan atau perbaikan rumah karena bencana.

Hal ini menyebabkan jika kita tidak memiliki dana darurat pastinya akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mendadak tersebut.

Apabila mengandalkan pinjaman dana dengan cepat pasti sulit untuk dilakukan, oleh karenanya sebagian orang mengambil jalan pintas dengan menggunakan jasa rentenir.

Rentenir dipilih karena mudah memperoleh pinjaman dan tidak perlu adannya kelengkapan surat atau keterangan dalam administrasi lainnya.

Akan tetapi ada resiko yang mengintai berupa persentase bunga yang cukup besar. Seperti yang kita ketahui, rentenir merupakan seseorang yang dengan mudah meminjamkan uang kepada masyarakat.

Mereka meminjamkan uang dalam rangka memperoleh keuntungan melalui penarikan sejumlah bunga. Biasaya penagihan dalam pinjaman dilakukan sewenang-wenang tanpa perikemanusiaan.

Terkadang hingga melukai peminjam apabila tidak membayar cicilannya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sesekali terlintas dalam meminjam uang kepada rentenir.

 

Tips Saat Terlanjur Berhubungan dengan Rentenir

Baca Juga: Ketahui Ciri-Ciri Pinjaman Online Aman Sebelum Pinjam

Apabila sudah terlanjur meminjam kepada rentenir, masyarakat perlu melakukan hal ini agar tidak rugi dalam banyak hal.

 

1. Melakukan Perhitungan Nominal

Melakukan perhitungan nominal yang harus dibayar secara detail dengan rentenir. Kemudian lakukan negosiasi dalam mengembalikan utang beserta bunga yang dibayar dengan kesepakatan bersama agar terhindar dari penagihan yang tidak wajar.

2. Turunkan Bunga

Memohon untuk menghapus bunga yang tinggi, di mana jika kita tidak mampu untuk membayar hutang, sehingga untuk meminta potongan atau keringanan bunga kepada rentenir.

Selain itu mintalah untuk diberikan perpanjangan waktu dalam pelunasan pinjaman terkait dengan waktu yang harus dibayarkan agar tidak terlalu terbebani dengan bunga.

 

3. Minta Pendampingan

Apabila rentenir dalam menagih hingga menyita barang atau sudah menggunakan ancaman yang tidak wajar, maka kita perlu meminta pendampingan pada orang yang mengerti kasus utang-piutang sehingga tidak perlu takut dalam menghadapi rentenir.

Setelah urusan dengan rentenir selesai jangan pernah terpikir untuk meminjam kembali kepada rentenir. Apabila kamu  ingin tidak terlibat dengn rentenir, dapat melakukan pinjaman dana kepada bank atau lembaga yang terpercaya lainnya.

Kamu bisa juga menggadaikan barang ke pegadaian. Dengan ini kamu tidak perlu khawatir dengan bunga yang besar dan tidak wajar serta penagihan yang sewenang-wenang.

Baca Juga: Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online

Mau tulisanmu dimuat juga di Suara-Pembaruan.com? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *