Tidak Makan dan Cuma Minum Air Putih Saat Sahur? Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Tidak Makan dan Cuma Minum Air Putih Saat Sahur? Ini Dampaknya bagi Kesehatan


Ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan, sangat penting menjaga tubuh agar tetap berenergi saat sedang beraktivitas seharian sambil berpuasa. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan waktu berpuasa untuk menjalankan diet guna menurunkan berat badan. Namun sayangnya mereka justru mengarah pada diet ekstrem. Misalnya hanya minum air putih saat sahur dan tidak memakan apapun.

Seorang ahli gizi bernama Mochamad Rizal, SGz dalam laman Detik Health mengatakan bahwa sebenarnya tidak masalah jika seseorang hanya minum air putih saat sahur. Yang terpenting adalah kebutuhan kalori hariannya sudah cukup.

Dengan demikian, ketika berbuka puasa, orang yang sedang diet tersebut harus mengembalikan kebutuhan gizi harian ketika mereka sedang berbuka puasa. Karena kalau diet dilakukan terlalu ekstrem dan mengabaikan nutrisi harian maka dampaknya sangat negatif.

Mochamad Rizal juga mengatakan jika orang yang diet harus melakukan aktivitas yang sangat berat pada siang hari maka sebaiknya jangan sahur hanya dengan minum air putih. Terlebih lagi jika pekerjaan yang harus dilakukan adalah pekerjaan lapangan.

Hanya minum air putih saat sahur jelas tidak bisa dilakukan. Sebenarnya ketika seseorang lebih banyak mengkonsumsi air ketika diet, tubuh akan kehilangan banyak nutrisi yang dibutuhkan.

Selain itu, orang akan cenderung merasa lebih lapar dan bisa memakan lebih banyak makanan ketika berbuka puasa. Akibatnya adalah berat badan justru akan bertambah, bukan menurun.

Artikel terkait: Hindari Minum Kopi Saat Sahur, Risiko Ini Bisa Saja Dialami Parents

Aturan Minum Air Putih Saat Sahur

Minum Air Putih Saat Sahur

Tubuh manusia membutuhkan asupan air minimal 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas air putih. 80% tubuh manusia terdiri air. Oleh karena itu, kurangnya asupan cairan bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Salah satunya yaitu memicu dehidrasi atau kekurangan cairan.

Tetapi, bagaimana cara menjaga asupan cairan tubuh ketika berpuasa? Aturan minum air putih ketika berpuasa adalah 2-4-2 yaitu 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur.

Cuma Minum Air Putih Saat Sahur Tanpa Makan? Waspadai Dampaknya bagi Kesehatan Tubuh

Ketika sahur sangat dianjurkan minum air putih minimal 2 gelas. Bunda bisa membaginya yaitu satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur.

Mengingat pentingnya makanan dan minuman yang bisa memberikan energi tubuh selama puasa, sebaiknya jangan melewatkan makan sahur. Jangan lupa minum air putih supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Artikel terkait: 7 Tips Menjaga Mulut Tetap Segar Saat Puasa, Nomor 3 Sering Diabaikan!

Manfaat Cukup Minum Air Putih Saat Sahurdan Buka Puasa

1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Cuma Minum Air Putih Saat Sahur Tanpa Makan? Waspadai Dampaknya bagi Kesehatan Tubuh

Metabolisme tubuh dapat terjaga dengan konsumsi air putih yang cukup ketika berpuasa. Kandungan mineral dalam air juga bisa mengoptimalkan metabolisme nutrisi yang kita dapatkan dari makanan ketika sahur atau berbuka puasa.

Namun tetaplah aktif bergerak, olahraga secara rutin, cukup tidur dan konsumsi makanan yang sehat khususnya makanan yang kaya dengan protein.

2. Tubuh Tetap Terhidrasi

Minum Air Putih Saat Sahur

Air putih hangat maupun dingin bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih yang cukup bisa membantu mencegah dehidrasi setelah menahan haus selama seharian.

Air sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Dengan membiasakan minum air putih secara teratur ketika perut kosong maka sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh serta mencegah infeksi.

Artikel terkait: 13 Manfaat Konsumsi Jus Kurma Bagi Kesehatan, Tak Sekadar Menambah Energi

3. Menyehatkan Pencernaan

Cuma Minum Air Putih Saat Sahur Tanpa Makan? Waspadai Dampaknya bagi Kesehatan Tubuh

Minum air putih saat sahur dalam jumlah yang cukup bisa menyehatkan pencernaan. Terlebih lagi, selama bulan puasa ini keluhan sakit maag dan sembelit kerap menghantui.

Kandungan chloride dalam air mineral bisa mempercepat kerja lambung serta meningkatkan kerja usus dan produksi asam empedu dalam mengolah makanan sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik.

Air putih juga bisa memperlancar kerja usus besar sehingga Bunda tetap bisa lancar buang air besar selama berpuasa. Tetapi ini juga harus diimbangi dengan cukup asupan serat yaitu konsumsi sayur dan buah-buahan.

4. Detoksifikasi

Minum Air Putih Saat Sahur

Air juga bisa membantu detoksifikasi tubuh. Ketika air putih yang dikonsumsi cukup, maka air bisa mengeluarkan keringat cukup banyak. Berkeringat bisa mengeluarkan racun serta bisa membersihkan pori-pori. Racun tubuh bisa keluar lewat urin. Semakin banyak mengkonsumsi air maka semakin banyak juga urin yang harus dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

***

Tubuh kita butuh nutrisi yang cukup selama berpuasa. Oleh sebab itu selain cukup minum air putih, usahakan untuk mengonsumsi makanan juga saat sahur.

Baca juga:

7 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim saat Ramadhan, Catat Parents

4 Bacaan Istighfar Penghapus Dosa Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa

Yuk, Kurangi Sampah Jelang Hari Raya dengan Ramadan Hijau

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *