Headline

Tips Traveling Asyik di Malioboro

7
×

Tips Traveling Asyik di Malioboro

Sebarkan artikel ini

Suara-Pembaruan.com — Tips Traveling Asyik di Malioboro

Siapa yang tak kenal Malioboro? Jangankan orang Indonesia, orang luar negeri yang gemar traveling, pasti tahu Malioboro. Tentu saja demikian, sebab Malioboro merupakan salah satu tempat populer yang ada di Indonesia.

Anda punya rencana menyambangi Malioboro dalam waktu dekat?

Supaya waktu traveling Anda di Malioboro bisa efisien dan menyenangkan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Tapi tentunya, sebelum merencanakan detail travelingnya, booking hotel terlebih dahulu. Supaya semua rencana Anda bisa dilakukan dengan lancar.

  1. Pahami dan Patuhi Semua Peraturan

Supaya bisa traveling asyik selama di Malioboro, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami dan mematuhi segala peraturan. Misalnya saja peraturan yang berlaku akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Sekarang pandemi memang berangsur menurun. Akan tetapi belum hilang sepenuhnya.

Jadi dalam melakukan perjalanan hingga ke Jogja, khususnya Malioboro, Anda patut melakukan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Dari mulai terpenuhinya syarat vaksin serta menjaga kesehatan selama di perjalanan dengan menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, serta menghindari diri dari kerumunan banyak orang.

  1. Pilih Jenis Trasportasi yang Pas

Untuk liburan di Malioboro yang menyenangkan, pastinya semua diawali dengan keberangkatan yang menyenangkan juga.

Hal ini berkaitan erat dengan pilihan jenis transportasi yang pas. Nah karena Malioboro jaraknya sangat dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu, memilih moda transportasi kereta akan lebih baik.

Namun pun begitu, jika Anda memang nyamannya menggunakan pesawat, jarak 9 km dari Bandara Adi Sucipto menuju Malioboro pun mungkin tidak mengapa. Toh dari bandara, Anda bisa memilih taksi bandara yang memang sudah ada.

  1. Masukkan Tempat Wisata Terdekat di Malioboro ke Dalam Itinerary

Malioboro memang merupakan tempat wisata belanja yang asyik. Akan tetapi sebelum berbelanja, ada baiknya Anda menyambangi berbagai tempat wisata di sekitar Malioboro sebelum berbelanja.

Kenapa demikian, sebab tempat-tempat wisata yang dekat dengan Malioboro juga banyak yang menarik. Misalnya saja Tugu Jogja, Alun-Alun Kidul Jogja, Museum Keraton Jogja, Taman Sari Keraton, kemudian ada juga Museum Sonobudoyo, lalu Museum Benteng Vredeburg, dan Taman Pintar, serta Pasar tradisional Beringharjo.

Jika sudah menyambangi tempat-tempat tersebut, barulah Anda belanja di jajaran toko-toko di sepanjang jalan Malioboro.

  1. Tulis Barang Belanjaan yang Akan Dibeli

Belanja di Malioboro sangat mungkin membuat Anda kalap. Itu sebabnya, jika Anda hendak ke Malioboro, akan lebih baik jika Anda menuliskan semua barang yang ingin dan akan Anda beli.

Dari mulai pakaian, pernak-pernik, makanan, hingga oleh-oleh. Perhitungkan juga perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan.

Dengan begitu, jadinya Anda tidak akan boros karena belanja barang-barang yang tak direncanakan. So, dana lebih dari budget yang Anda persiapkan bisa Anda gunakan untuk kepentingan yang lainnya.

  1. Jangan Terburu-Buru Membeli

Nah ini yang biasanya terjadi. Saat belanja di Malioboro, dan Anda sudah keburu menyukai barang tersebut, Anda dengan cepat langsung membelinya.

Jangan lakukan hal tersebut. Di Malioboro ada ratusan pedagang. Barang yang dijual juga ada banyak yang sama. Saat menyukai suatu barang, ada baiknya Anda melihatnya dan menanyakannya di pedagang yang lain.

Siapa tahu ada yang lebih bagus, kualitasnya lebih baik, dan harganya lebih murah. Jika Anda begitu menyukai suatu barang, dan pedagangnya bisa melihat itu, bisa jadi harganya sengaja dia naikkan terlebih dahulu.

  1. Jangan Malu untuk Menawar

Para pedagang di Malioboro menjual barang dengan harga yang tidak saklek. Jadinya saat Anda menyukai suatu barang, sebelum membelinya, Anda jangan malu untuk menawar harganya.

Jika Anda pandai menawar, barang yang Anda suka bahkan bisa Anda beli dengan harga yang hanya setengahnya saja.

Sebagai tipsnya, saat membeli barang di Malioboro, gunakan Bahasa Jawa.

Jika Anda tidak bisa berbahasa Jawa, Anda bisa mengajak teman yang bisa berbahasa Jawa.

Jangan juga Anda berpenampilan wah. Sebab itu akan membuat para pedagang di sana menaikkan harga setinggi-tingginya. Berpenampilanlah secara wajar-wajar saja.

  1. Nikmati Hiburan Jalanan

Di Malioboro, selain banyak makanan enak dan juga barang-barang menarik untuk dibeli, juga banyak hiburan dari seniman jalanan.

Jika Anda tidak terburu-buru, nikmatilah pertunjukkan dari para seniman jalanan ini. Kesemuanya akan membuat liburan Anda terasa berbeda.

  1. Jajan Makanan Warga Lokal

Anda yang gemar berkuliner, saat datang ke Malioboro, jangan lupa untuk mencicipi makanan dan jajanan ala warga lokal Yogyakarta.

Jangan hanya jajanan yang dijual di jalan utama Malioboro saja. Tetapi juga makanan yang ada di warung-warung yang mungkin masuknya ke dalam perkampungan lebih dulu. Selain rasanya lebih khas, harganya juga murah-murah.

  1. Pilih Akomodasi yang Nyaman

Selama di Malioboro, Anda tentu harus menginap. Setidaknya satu malam saja. Untuk hal ini, pilihlah tempat menginap yang nyaman. Dan tentunya yang sesuai dengan anggaran.

Penginapan yang bisa dipilih di Jogja sangatlah banyak. Anda bisa memilih hotel, losmen, vila, atau yang lainnya. Nah untuk hotel, supaya lebih nyaman, pilihlah hotel dekat Malioboro. Biar memudahkan Anda untuk ke sana ke mari selama di Malioboro.

Dalam hal booking hotel dekat Malioboro, Anda bisa mengandalkan aplikasi Traveloka. Selain dekat dan nyaman, Anda juga bisa berhemat banyak.

Traveloka bisa mewujudkan #StaycationJadi lebih hemat, sebab ada promo di setiap harinya, baik untuk hotel domestik dan luar negeri, vila, resor, apartemen, atau pun hotel budget.

Ayo rencanakan traveling ke Malioboro sekarang juga dan booking hotelnya di Traveloka saja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *