Transaksi Bijak dengan Dompet Digital – MAJALAH EKSEKUTIF # terbit sejak 1979 – – Tempo

  • Whatsapp
banner 468x60


Eksekutif.com – Saat ingin bertransaksi secara digital pilih platform yang terdaftar di otoritas terkait yakni Kominfo, OJK dan lainnya. Untuk semua perusahaan teknologi yang beroperasi di Indonesia pastinya harus terdaftar di Kominfo.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) punya dua otoritas untuk keuangan capital market yaitu pasar modal juga non pasar modal serta satu lagi Satgas Waspada yang bekerjasama dengan polisi. Penggunaan dompet digital di zaman serba digital adalah sebuah keharusan. Dompet digital memudahkan kita melakukan pembayaran secara non tunai.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Tapi jangan lupa transaksi harus pintar dan bijak. Cara pintar maksudnya adalah kita bisa menggunakan promo yang platform berikan. Kita bisa membandingkan promo mana yang menguntungkan itu tidak masalah. Namun tentu harus bijak juga, apakah kita memang butuh belanja atau transaksi itu. Jadi seimbang antara pintar memilih promo dan tentu bijak sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Bowo Witjaksono Suhardjo, Konsultan Keuangan dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (22/7/2021).

Menurut Bowo, seperti pay later, sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Asal kita tetap pembayaran dengan tepat waktu. Malah justru akan membantu kita untuk mempunyai cash flow yang lebih rapi. Kita bisa membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Selama bertransaksi digital, jaga data pribadi dan privasi sebelum, saat, dan setelah transaksi. Sebelum transaksi ketika kita ingin memiliki akun, kita harus membuat username. Buat username yang unik dan mudah diingat, umumnya merupakan kombinasi huruf dan angka. Sebaiknya dilakukan perubahan secara berkala misal 3 bulan atau 6 bulan sekali. Dibuat pola yang mirip dari beberapa akun yang dimiliki.

“Untuk password minimal 8 digit gabungan huruf angka dan karakter. Huruf dibuat pola misalnya 4 digit pertama adalah 2 huruf kecil dan huruf kapital. Selanjutnya 3 digit berikutnya karakter dan tambahkan kode menunjukkan akun Anda acak namun berpola dan selalu berganti secara berkala. Jangan bagi username password OTP dan PIN kepada pihak lain,” jelasnya.

OTP, one time password adalah sebuah kode otentifikasi klasifikasi yang biasanya dikirimkan lewat email atau SMS. Hal ini merupakan langkah tambahan dalam memperkuat otentifikasi atau klarifikasi ketika memasukkan username juga password. OTP diberlakukan di setiap aplikasi terumata dompet digital atau transaksi digital demi mencegah berbagai tindak kejahatan dan tindakan kriminal yang merugikan satu pihak

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKomInfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (22/7/2021) ini juga menghadirkan pembicara, Dicky Renaldi (Kreator Siberkreasi), Leni Fitriani (RTIK Garut), Bambang Iman Santoso (Neuronesia Learning Center) dan Almira Yunita sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 111 kali dilihat,  15 kali dilihat hari ini



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *