Trik Mengatur Posisi Cermin Agar Kamar Terkesan Lebih Terang | Suara-Pembaruan.com

  • Whatsapp
Trik Mengatur Posisi Cermin Agar Kamar Terkesan Lebih Terang | YuKepo.com
banner 468x60


Bacaan Lainnya
banner 300250

pinterest.com

Pencahayaan adalah salah satu unsur penting dalam menata sebuah ruangan. Dengan penataan yang pas, sebuah ruangan akan terasa lebih luas dan nyaman ditinggali. Sebenarnya kamu nggak hanya bisa mengandalkan jendela lebar dan lampu yang dipasang di berbagai sudut ruangan. Cermin ternyata bisa menjadi sesuatu yang bisa berpengaruh terhadap pencahayaan di sebuah ruangan. 

Agar kamar mendapatkan lighting terbaik, kamu bisa mengikuti saran ini. Dengan begitu, kamu dapat memiliki ruangan yang lebih nyaman dan terang dengan cahaya alami. 

1. Pasang cermin lingkaran di dekat lampu tidur



pinterest.com

Cermin besar mungkin bisa menjadi pilihan yang baik untuk mendatangkan cahaya yang lebih baik. Namun harganya akan lebih mahal. Untuk menyiasatinya, kamu dapat menggantinya dengan menggunakan dua cermin ukuran sedang yang berbentuk lingkaran dan menempelnya di tembok. Posisikan di belakang lampu meja yang berada di samping kanan kiri tempat tidur. 

Cara ini tak hanya memberikan pencahayaan yang lebih baik, tetapi juga menciptakan cahaya yang lebih lembut. Cahaya yang dipantulkan nggak akan membuat mata merasa lelah. Justru cahaya yang muncul akan membuat atmosfer terasam lebih hangat. 

2. Sebagai headboard



pinterest.com

Pernah kepikiran untuk menjadikan cermin sebagai headboard? Ternyata cara ini cukup efektif untuk membuat kamar terasa lebih terang. Supaya biayanya nggak terlalu mahal karena ukuran cermin yang dibutuhkan mungkin cukup besar, kamu dapat memasang kaca yang tinggi secara horizontal, bukan vertikal.

Pastikan untuk mengukur cermin dengan tepat. Akan lebih jika ukurannya beberapa inci lebih lebar dari lebar tempat tidur. Fungsinya agar cermin bisa memantulkan cahaya baik yang datang dari jendela maupun lampu yang dipasang di kamar. Dengan begitu, cahaya akan lebih menyebar dan kamar jadi lebih terang. 

3. Cermin oval di atas drawer



pinterest.com

Kalau punya drawer di dalam kamar, pastikan untuk tidak membiarkan bagian atasnya kosong. Gantung cermin oval untuk memberi aksen pada tembok. Selain itu juga bisa membuat kamar terasa lebih terang dan luas. Kalau diposisikan di dekat lampu dan jendela, cahaya yang dipantulkan akan jauh lebih banyak. Kamar akan dua kali lebih terang tanpa harus memasang lebih banyak lampu. 

4. Pasang di tembok yang posisinya berhadapan dengan jendela


pinterest.com

Kamu bisa pasang cermin apapun di tembok yang berhadapan dengan jendela. Nantinya, fungsinya akan menjadi seperti jendela kedua karena memantulkan cahaya yang masuk dari jendela. Selain itu juga bisa memantulkan view dari luar jendela.

Kamu akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Menciptakan ilusi ruangan yang lebih lebar dan tentu saja mendapatkan pencahayaan alami yang lebih terang. Simple tapi berguna banget, ‘kan? 

5. Pasang kaca lingkaran di tengah rak buku


www.houzz.in

Memiliki rak buku yang cukup tinggi di dalam kamar? Untuk menambahkan cahaya dan memberi aksen unik, pasangkan cermin lingkaran di tengah rak tersebut. Daripada meletakkan TV, cermin dianggap lebih baik. Ini akan memberi sisi unik sekaligus menjadi sumber pencahayaan lain yang membuat kamar terasa lebih hidup dan tak terasa sesak.  

Memanfaatkan cermin untuk menjadi sumber cahaya alami adalah pilihan yang jauh lebih hemat. Kamu nggak perlu pasang terlalu banyak lampu yang akan menghabiskan banyak energi. Pasalnya, benda ini dapat memantulkan cahaya alami dari jendela dan lampu sudah cukup untuk menerangi seluruh bagian kamar jika dipasang di posisi yang tepat. 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *