Warga Jakarta, Naik Transportasi Umum ini Bikin Kamu Hemat Ratusan Ribu Lho!



Harga BBM yang naik secara tidak langsung berpengaruh pada arus kas dan perencanaan keuangan yang sudah kita susun. Agar tidak terlalu banyak menyedot anggaran transportasi, ada baiknya kamu perlu mempertimbangkan untuk mulai menggunakan transportasi umum.

Pemberitaan mengenai harga BBM yang naik masih memenuhi lini masa media sosial dan kanal berita di Indonesia. Beberapa disertai analisis keuangan dan dampak dari naiknya harga BBM ini.

Banyak diantaranya yang memprediksi bahwa tarif angkutan umum yang menggunakan BBM seperti ojol dan taksi on line akan naik juga. Ini jelas bukan kabar baik bagi kamu yang mobilitasnya menggunakan kendaraan pribadi dan ojol/taksi on line.

Untungnya ada kabar baik untuk kamu warga Jakarta, Pemprov DKI memiliki sistem integrasi transportasi umum yang dinamakan Jaklingko. Dengan menggunakan moda transportasi yang terintegrasi di Jaklingko kamu bisa menghemat hingga ratusan ribu, lho.

 

Transportasi Umum Hemat Biaya

Transjakarta

Dilansir dari website resminya (transjakarta.co.id), Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Transjakarta atau disebut juga TJ dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas masyarakat yang padat. TJ sudah beroperasi sejak tahun 2004 dan kini telah beroperasi 24 jam.

Kamu bisa menggunakan TJ sebagai alat transportasi karena sudah ada 260 halte TJ di DKI Jakarta. Kamu perlu mempersiapkan kartu elektronik (uang elektronik) untuk menggunakan TJ karena sistem pembayaran yang diterima hanya dengan uang elektronik.

 

Berapa Tarif Transjakarta?

Kamu butuh ketuk uang elektronik di pintu masuk dan ketuk lagi di pintu keluar. Dilanisr dari website resminya, ini tarif Transjakarta.

Pkl. 05.00 – Pkl. 07.00 WIB: Rp. 2.000

Pkl. 07.00 – Pkl. 24.00 WIB: Rp. 3.500

Pkl. 24.00 – Pkl. 05.00 WIB: Rp. 3.500

 

minitrans

Minitrans adalah pengganti Metromini atau bus sedang yang beroperasi di Jakarta. Minitrans ini baru beroperasi tahun 2017 dan dikelola oleh pemprov DKI.

Pengoperasian Minitrans ditujukan untuk menjangkau jalan-jalan kecil yang sebelumnya tidak terjangkau oleh Transjakarta. Kamu bisa menggunakan Minitrans untuk transportasi harian karena sudah dilengkapi dengan AC sehingga lebih nyaman.

Sistem pembayaran Minitrans sama seperti Transjakarta, menggunakan uang elektronik. Tarifnya pun kurang lebih sama seperti Transjakarta, sebesar Rp3.500. Bedanya dengan Transjakarta, kamu bisa naik dari bus stop saja, tidak perlu ke halte.

 

Mikrotrans

Mikrotrans sering juga disebut pengganti angkot karena bentuknya sama seperti angkot. Bedanya dengan angkot, supir Mikrotrans mendapat gaji tetap dari pemerintah sehingga mereka tidak memotong untuk mengejar setoran.

Jika kamu mau lebih berhemat, gunakan kartu Jaklingko ketika mengendarai Mikrotrans. Karena dengan menggunakan kartu Jaklingko kamu bisa naik secara gratis atau tariff Rp0. Kami bisa naik dari bus stop terdekat dan turun di mana saja.

 

MRT

Moda Raya terpadu (MRT) adalah kereta yang dalam mobilitasnya menggunakan listrik. Sayangnya MRT belum bisa menjangkau seluruh wilayah di DKI Jakarta karena saat ini baru ada 13 stasiun.

Berapa Tarif MRTnya?

Berikut adalah tarif MRT dikutip langsung dari website resmi MRT (jakartamrt.co.id).

Tarif MRT Jakarta. (Sumber: jakartamrt.co.id)

KRL

KRL atau Jalur Commuter adalah transportasi populer yang digunakan masyarakat pekerja di Ibu Kota. KRL tidak hanya menjangkau wilayah DKI Jakarta, namun juga kota sekitarnya seperti Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

Tarif KRL cukup murah, jika kamu tidak berpindah kereta dari awal hingga akhir kamu hanya perlu mengeluarkan sebesar Rp3.500 saja. KRL cocok dijadikan transportasi pilihan mengingat harga BBM yang melambung.

Bisa yuk beralih ke transportasi umum yang hemat biaya ini. Tidak perlu khawatir harga BBM yang naik, kamu malah bisa menghemat lebih banyak.

Baca Juga: Aktivitas Masyarakat Kembali Normal, Jumlah Penumpang KRL Melonjak

Kalau kamu sudah biasa menggunakan transportasi umum belum? Yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.