Rapimkota I Kadin Jakarta Selatan Untuk Selatan Bersinar

SUARA-PEMBARUAN.com —  Setelah pekan lalu menggelar rapat koordinasi wilayah, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta Selatan, pada hari Kamis (24/3), melakukan Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) I tahun 2022.

Rakor berlangsung di The Tribata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bertemakan “Sinergitas Menuju Selatan Bersinar”, Rapimkota ini akan menentukan program, rencana kegiatan, anggaran, dan bidang kerja  lainnya, dimana  hasil dari Rapimkota I ini, nanti dibawa atau diusulkan ke dalam Rapim Kadin Provinsi DKI Jakarta.

Momen dalam Rapimkota yang diselenggarakan pada hari ini sekaligus dimanfaatkan untuk menggelar forum dialog, forum bisnis, dan pameran produk-produk UMKM yang menjadi binaan Kadin Jakarta Selatan.

“Forum dialog dan bisnis ini membantu kita untuk menambah wawasan. Pertama, tentang Koperasi dan UMKM. Kedua, terkait investasi dan perizinan,” kata Ketua Kadin Jakarta Selatan, Akhmad Lafranta Siregar, SE MBA MPM, yang akrab disapa Affan.

Walikota dan Ketua Kadin menekan sirene tanda Rapimkot I Kadin dilaksanakan.

Acara Rapimkota I 2022, Kadin Jakarta Selatan, dibuka secara resmi oleh Walikota Jakarta Selatan, Munjirin.

Turut hadir antara lain, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop & UKM, Deputi Bidang Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM.

Juga hadir Sekjen Induk Koperasi Pasar, Kepala Unit Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Jakarta Selatan, para Ketua Umum Kadin se-Jakarta.

Ada juga Dandim Jaksel, perwakilan Kapolres dan Kajari, Dirut Jaktour dan perwakilan beberapa BUMD DKI termasuk Bank DKI, Waketum Kadin Indonesia, dan beberapa mitra usaha Kadin Jaksel.

Pada sambutannya, Affan menegaskan, Rapimkota merupakan agenda yang wajib dilaksanakan.

Adapun tema “Sinergitas Menuju Selatan Bersinar” merupakan visi dari Kadin Jakarta Selatan, di mana melihat potensi yang luar biasa besar.

Anggotanya terbesar di tanah air, banyak industri kreatif, dan suasana lingkungan yang kondusif.

Oleh karena itu pula, peningkatan sinergitas program maupun rencana antara Kadin Jaksel dengan Pemkot Jaksel, sangat diperlukan.

Walkot Jaksel meninjau Booth UMKM yg dipamerkan saat rapimkot diselenggarakan di gedung The Tribrata Darmawangsa Jaksel (24/3/22)

“Alhamdulillah, sinergi Kadin dan Pemkot selam ini cukup positif. Harmonis dan cepat merespon.”

“Tetapi, rasanya perlu terus ditingkatkan sinergisitasnya untuk menumbuhkembangkan UMKM dan menciptakan pengusaha baru,” jelas Affan seraya mengungkapkan dari jumlah besar anggota Kadin Jaksel, 60 persennya masih UMKM.

Affan berharap, dengan sinergisitas yang terus terbangun, program pemberdayaan UMKM Kadin dan Pemkot Jaksel, terus meraih sukses.

Misalnya, Kadin dan Pemkot Jaksel bisa bekerjasama membangun lapangan futsal, sentra kuliner, di setiap kelurahan atau kecamatan.

“Utamanya, Walikota Jaksel memberikan kemudahan bagi pengusaha Kadin. Setiap pekerjaan yang kecil, prioritasnya kepada pengusaha di Jaksel. Jangan pengusaha dari luar kota,” imbuhnya.

Affan juga mengungkapkan, Kadin Jaksel juga terus menjalin kerjasama dan bersinergi dengan mitra lainnya, seperti Bank DKI, Baznas DKI, Pegadaian, dan Kaktus.

“Alhamdulillah, hari ini, Bank DKI telah mencairkan kredit kepada anggota Kadin sebesar Rp10 miliar, dari target Rp15 miliar bulan ini. Dan, mudah-mudahan, target penyaluran kredit bisa mencapai Rp100 miliar tahun ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sejak dikukuhkan pada Nopember 2021 lalu, sudah banyak rencana dan program Kadin Jakarta Selatan yang berjalan.

“Insyaallah dua-tiga bulan ke depan, Kadin Jakarta Selatan dapat meluncurkan media komunikasi, yang dengan ini diharapkan menciptakan 300 pengusaha baru tanpa modal. Sumber dana sudah siap,” pungkasnya.

Sementara, pada kesempatan itu, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta yang berhalangan hadir lantaran ada acara sosialisasi pajak.

Pada sambutannya yang dibacakan Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, mengatakan, pengurus Kadin Jaksel kali ini memang berbeda dari sebelumnya. Banyak anak muda.

Dengan ini, harapannya, potensi ekonomi kreatif dapat terus didorong dan mendapatkan nilai tambah.

“Saya berharap, Kadin Jakarta Selatan dapat ikut mengembangkan wisata bahari di kepulauan Seribu,” ujarnya.

Selanjutnya, Walikota Jaksel, Munjirin dalam sambutan pembukaan Rapimkota I Kadin Jaksel ini menyatakan harapannya.

Pertama, Kadin Jakarta Selatan akan mampu melahirkan program-program menarik dan berkolaborasi baik dengan Pemkot Jaksel serta elemen-elemen masyarakat lain yang ada di Jaksel.

“Kita sangat berharap dan percaya, dengan Rapimkota pertama ini, ke depannya Kadin Jaksel dan Pemkot Jaksel.’

“Akan bersinergi lebih kuat dan akan menghasilkan sesuatu yang menambah kesuksesan atau bermanfaat untuk masyarakat,” tegas Munjirin yang mengaku sudah bersinergi dengan Kadin Jaksel jauh sebelum menjabat Walikota Jaksel.

“Saya ikut kiprah Kadin Jaksel sejak saya bertugas menjadi Sekretaris Kota,” imbuhnya.

Didalam acara tersebut, Kadin Jakarta Selatan juga menggandeng Kantor Cabang PT Pegadaian Jakarta Selatan.

Ya, sebagai bagian dari mitra kerjasama dalam upaya mengoptimalkan solusi pembiayaan UMKM di wilayah Jakarta Selatan, dengan melakukan  penandatanganan kerjasama (MOU).

Sebagai mitra kerja Kadin, PT Pegadaian memiliki produk yang bisa dimanfaatkan oleh anggota Kadin, seperti pembiayaan usaha atau permodalan, bahkan investasi dalam bentuk logam mulia.

“Secara khusus sebagai mitra kadin, PT Pegadaian juga memprioritaskan pengajuan pinjaman modal usaha pada anggota Kadin Jaksel.”

“Terutama pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan jaminan sesuai yang akan dipinjam,” ujar Agus Asrofi, Kepala Cabang PT Pegadaian Cilandak Jakarta Selatan.

sumber: #Beng Aryanto

BACA JUGA: majalah EKSEKUTIF edisi cetak, klik ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.