10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah

  • Whatsapp
10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah


Ular adalah bagian penting dari ekosistem. Namun, banyak dari spesies ular memiliki sifat yang berbahaya, atau bahkan mematikan bagi manusia. Oleh karena itu, jika Parents tinggal di daerah rawan ular, cobalah memanfaatkan tanaman pengusir ular.

Bacaan Lainnya

Tanaman tertentu diketahui mampu mengusir ular berbisa maupun tidak berbisa. Jenis tanaman ini dapat diletakkan di sekitar taman, area tempat beraktivitas, dan pintu masuk rumah.

Anak-anak bisa menjadi target yang rentan, karena tanpa disadari mereka akan menjelajah ke area sekitar saat bermain di mana bisa saja ular berada.

Jika Parents seorang pecinta tanaman dan suka berkebun, Anda juga bisa menjadi target, karena ular biasanya bersembunyi di tempat-tempat sempit atau di sela-sela tanaman.

Oleh karena itu, Parents tetap harus waspada terhadap ancaman ular.

10 Tanaman Pengusir Ular

1. Lidah Mertua

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, tanaman lidah mertua bisa digunakan sebagai penangkal ular. Ular takut dengan tanaman ini karena daunnya yang tajam dapat melukai mereka saat merayap di tanah sekitar lidah mertua. Selain itu, tanaman ini juga sangat fungsional dalam menghasilkan oksigen lebih banyak daripada produksi oksigen normal tanaman.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih, Tanaman Terbaik Pengusir Ular

Tidak saja sebagai tanaman kebun yang berguna untuk masakan, bawang merah dan bawang putih adalah tanaman yang sangat ampuh untuk mengusir ular. Kedua tanaman ini mengeluarkan bau tajam yang tidak disukai ular. Bau itu juga dapat membingungkan mereka.

10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah

Terutama, bawang putih yang dianggap sebagai tanaman terbaik untuk mengusir ular. Bawang putih mengeluarkan residu berminyak ketika ular merayap di atasnya. Minyak ini bekerja sangat mirip dengan bawang ketika kita mengirisnya, aromanya membingungkan seperti semprotan merica.

Artikel terkait: 9 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun, Jauhkan dari Jangkauan Si Kecil!

3. Serai

Serai adalah tanaman yang mudah dirawat karena tahan kekeringan. Tanaman ini juga adalah bumbu favorit yang membuat aroma makanan makin menggugah. Banyak orang menyukai serai karena aromanya yang kuat. 

10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah

Lantaran aromanya yang kuat itulah ular tidak menyukainya. Selain itu, permukaan daun serai yang kasar akan membuat ular menghindari tanaman ini. Serai juga adalah salah satu tanaman terbaik yang untuk mengusir nyamuk dan bahkan hama di kebun.

4. Marigold

Bagi para pecinta bunga dan tanaman hias, marigold bisa menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan berada di taman. Tanaman satu ini memiliki bunga yang indah dan berwarna cerah. 

tanaman pengusir ular

Marigold telah lama digunakan sebagai salah satu pengusir hama dan ular yang paling ampuh. Tanaman ini memiliki akar yang kokoh yang dapat tumbuh sangat dalam. Akar ini memancarkan bau yang kuat yang tidak disukai ular, bahkan jika ular tersebut bersembunyi di dalam tanah.

5. Baru Cina

Tanaman baru cina mungkin kurang terkenal di kalangan pecinta bunga, tetapi tanaman ini cukup dikenal di kalangan para pengguna herbal. Kebanyakan orang menggunakan tanaman herbal ini sebagai obat untuk mengatasi mimisan, diare, dan sembelit.

10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah

Beberapa orang juga menerapkan lotion daun baru cina langsung ke kulit untuk meringankan gatal-gatal yang disebabkan oleh luka bakar. Tanaman baru cina juga memiliki sifat insektisida yang tinggi. Ular akan secara refleks menjauhinya.

Artikel terkait: 10 Tanaman Pembawa Keberuntungan yang Bisa Dipelihara di Rumah

6. Kaktus, Termasuk Tanaman Pengusir Ular

tanaman pengusir ular

Kaktus termasuk tanaman hias yang cukup digemari oleh pecinta bunga dan tanaman hias. Ada beragam spesies kaktus yang banyak memiliki duri.

Ular sangat menghindari tanaman berduri sehingga Anda dapat melindungi rumah Anda dengan menanam kaktus di sekitar rumah dan kebun. Spesies kaktus Opuntia yang besar sangat cocok untuk tujuan ini karena akan mengintimidasi ular.

7. Jeruk Purut

tanaman pengusir ular

Tanaman pengusir ular berikutnya adalah jeruk purut. Kendati memiliki pohon dan batang kayu yang besar, tanaman satu ini banyak disukai penggemar tabulampot karena mudah dicangkok. Sehingga, hanya bagian dahan kecil yang berbuah saja yang akan ditanam dalam pot. Bau harum dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengusir ular karena mereka tidak menyukai bau jeruk purut yang tajam.

Artikel terkait: 7 Jenis Tanaman Hias Ini Tahan Panas, Cocok Bikin Udara Rumah Jadi Sejuk

8. Lavender sebagai Tanaman Pengusir Ular yang Cantik!

tanaman pengusir ular

Selain memiliki bunga yang indah, tanaman lavender banyak digunakan sebagai aromaterapi dan pengusir serangga seperti nyamuk. Wangi lavender tidak hanya dibenci oleh serangga, tetapi juga tikus dan ular. Parents bisa menanam lavender di pekarangan rumah dan juga ditanam di pot. Bau menyengat dari lavender akan mencegah datangnya ular.

9. Mint, Pengusir Ular Sekaligus sebagai Tanaman Herbal

Tanaman mint selain dijadikan tanaman hias, khasiatnya juga sangat banyak bagi kesehatan. Tanaman ini memiliki kandungan serat dan vitamin A yang tinggi di dalamnya.

10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah

Aroma mint juga bisa dimanfaatkan untuk aromaterapi yang dapat berperan untuk relaksasi. Aroma yang dikeluarkan inilah yang dapat membuat ular menjauh. Daunnya yang kasar juga membuat ular enggan melewati semak daun mint ini.

10. Agapanthus Pink

10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah

Bunga agapanthus pink ini masih satu keluarga dengan bawang putih dan bawang merah. Tanaman ini mudah dirawat karena toleran dengan kekeringan. Serta dapat tumbuh setinggi dua kaki dan memiliki bunga merah muda yang cantik.

Tanaman ini dapat melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan bawang putih terhadap ular. Selain ular, kebanyakan serangga juga tidak menyukainya.

****

Nah, itulah tadi sederet tanaman pengusir ular. Jangan lupa tanam di rumah, ya, Parents.

Baca juga:

Hobi Baru Selama Pandemi, Titi Kamal Bagikan 4 Tips Merawat Tanaman Hias

9 Cara Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bikin Tanaman Tumbuh Subur

10 Tanaman Hias Ini Cocok untuk Pemula, Pilih yang Mana?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *