3 Jensi Sexercise, Olahraga yang Bisa Meningkatkan Performa Seksual

  • Whatsapp
3 Jensi Sexercise, Olahraga yang Bisa Meningkatkan Performa Seksual
banner 468x60


Berolahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat meningkatkan performa seksual. Kualitas hubungan seksual pun sedikit banyak akan berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga. Tertarik untuk mencoba sexercise, olahraga untuk meningkatkan performa seksual ini?

Bacaan Lainnya
banner 300250

Mengutip dari Medical News Today, istilah sexercise digunakan untuk merujuk kepada berbagai aktivitas atau olahraga apapun yang dapat secara khusus meningkatkan performa seksual. Istilah ini diciptakan oleh Jason Rosell, seorang instruktur olahraga selebriti dari Amerika Serikat.

Menurut Jason Rosell, kebugaran fisik dapat memengaruhi seksualitas dengan membuat seks terasa lebih mudah dan nyaman, mengurangi risiko disfungsi ereksi, serta beragam masalah mengenai gairah seksual.

Artikel Terkait: Olahraga Bersama Pasangan Meningkatkan Rasa Cinta

Berbagai masalah kesehatan seperti diabetes yang menyebabkan masalah seksual pun dapat dicegah dengan olahraga.

Orang-orang yang berolahraga pun cenderung merasa lebih percaya diri dengan tubuh mereka, sehingga performa seksual pun akan meningkat.

Manfaat Olahraga untuk Tingkatkan Performa Seksual

Olahraga sendiri dapat meningkatkan kinerja seksual dengan berbagai manfaat, yaitu sebagai berikut: 

  • Mencegah Disfungsi Ereksi
    Olahraga aerobik seperti berlari atau berjalan dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi. Sebuah meta analisis pada tahun 2017 menemukan bahwa latihan aerobik intensitas sedang hingga tinggi dapat memberikan manfaat yang optimal untuk mencegah disfungsi ereksi. 
  • Menangkal Efek Samping Antidepresan Tertentu pada Libido
    Sebuah studi tahun 2013 yang memelajari konsumsi antidepresan pada perempuan menemukan olahraga sebelum berhubungan seksual dapat meningkatkan gairah dan fungsi seksual secara menyeluruh.
  • Mengurangi Risiko Kondisi Medis Kronis
    Penyakit kronis seperti diabetes dapat mengganggu performa seksual karena berisiko menimbulkan komplikasi seperti disfungsi ereksi dan penurunan gairah seksual. Karena berolahraga dapat mengurangi risiko penyakit kronis, maka secara tidak langsung akan berpengaruh pula terhadap kesehatan seksual.
  • Meningkatkan Fungsi Seksual
    Olahraga tertentu dapat memperkuat otot dasar panggul yang bekerja aktif ketika melakukan hubungan intim. Contohnya, senam kegel dapat membantu seseorang untuk lebih mudah mencapai orgasme dan mencegah inkontinensia atau kebocoran urin.
  • Meningkatkan Ketahanan dan Kekuatan
    Dengan berolahraga, ketahanan dan kekuatan tubuh kita pun akan terasah. Menurut para ahli, hal ini dapat membuat kita melakukan posisi seksual yang beragam dengan lebih mudah. Selain itu, ketahanan yang baik dapat membantu mengurangi kelelahan selama sesi hubungan seksual.

Artikel Terkait: Ingin Suami Tahan Lama di Ranjang? Lakukan 5 Olahraga Ini!

Jenis-Jenis Sexercise yang Bisa Dilakukan

Ada tiga kategori olahraga yang termasuk ke dalam sexercise berdasarkan jenisnya, yaitu sebagai berikut: 

1. Aerobik

Sexercise Bisa Meningkatkan Performa Seksual, Sudah Coba?

Olahraga yang termasuk dalam kategori aerobik dapat meningkatkan detak jantung dan membuatnya menjadi lebih kuat dan sehat. Latihan aerobik dapat mempertahankan berat badan, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan, serta meningkatkan kinerja seksual secara umum.

Beberapa jenis olahraga yang termasuk ke dalam kategori aerobik adalah berenang, jalan kaki, dan latihan aerobik intens seperti lari, jogging, lompat tali, ski, dan lain sebagainya. 

2. Latihan Dasar Panggul

Sexercise Bisa Meningkatkan Performa Seksual, Sudah Coba?

Latihan dasar panggul akan memperkuat dasar panggul atau otot-otot yang menopang kandung kemih. Otot-otot inilah yang akan berkontraksi ketika mengalami orgasme. Olahraga dasar panggul contohnya seperti senam kegel dan squat. 

3. Latihan Kekuatan dan Fleksibilitas

Sexercise Bisa Meningkatkan Performa Seksual, Sudah Coba?

Meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh dapat membuat posisi seksual tertentu lebih mudah dilakukan dan nyaman. Olahraga seperti yoga dan pilates dapat meningkatkan kelenturan tubuh sementara angkat beban atau senam dapat memperkuat otot-otot.  

Artikel Terkait: 7 Jenis Olahraga untuk Bantu Mengencangkan Payudara, Bunda Mau Coba?

Posisi Bercinta yang Bisa Berfungsi Sebagai Olahraga

sexercise

Ada beberapa posisi seks yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot-otot seperti sedang melakukan olahraga. Syaratnya, posisi tersebut harus memenuhi syarat misalnya dilakukan dengan kecepatan atau intensitas aktivitas seksual yang kuat untuk meningkatkan detak jantung.

Posisi-posisi yang mengharuskan seseorang mengangkat pasangannya, mendorong pasangan untuk lebih banyak bergerak, dan dikombinasikan dengan peregangan yang lembut juga dapat berfungsi sebagai olahraga.

Secara umum, aktivitas seksual sendiri dapat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat seks antara lain adalah sebagai berikut: 

  • Kesehatan jantung yang lebih baik
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Memperbaiki kesehatan emosional
  • Memperkuat hubungan
  • Manajemen stres 

Pada dasarnya olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan seksual. Olahraga adalah cara yang aman untuk meningkatkan kinerja seksual Anda dibandingkan menggunakan obat-obatan. Tertarik untuk mencoba melakukan sexercise?

Baca Juga:

Olahraga saat haid dapat meredakan nyeri, cek manfaat lainnya

Catat, ini 5 gerakan olahraga sederhana untuk melancarkan persalinan

Ingin Rajin Olahraga? 7 Hal Ini Bisa Memotivasi Bunda untuk Melakukannya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *