Antisipasi Musim Kemarau, Perumda Tirta Sanjiwani Angkat 4 Unit Pompa

  • Whatsapp
Antisipasi Musim Kemarau, Perumda Tirta Sanjiwani Angkat 4 Unit Pompa


Suara-Pembaruan.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sanjiwani Gianyar melakukan pengangkatan dan membersihkan empat unit pompa untuk mengantisipasi gangguan pelayanan akibat musim kemarau. Musim kemarau yang sudah dimulai dimana jarangnya turun hujan atau mulai menipisnya persediaan air di dalam tanah maka Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Gianyar yang selama ini melayani masyarakat Gianyar dalam pelayanan air bersih melakukan langkah-langkah antisipasi.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil evaluasi bagian produksi telah terjadi penurunan debit air pada beberapa sumber air khususnya Sumur bor diantaranya Sumur Bor Beng 4 dengan kapasitas 9 l/dt yang terletak di Lingkungan Kaja Kauh Kelurahan Beng Gianyar mengalami penurunan sebanyak 1 l/dt dari sebelkumnya 8 l/dt.

Hal ini dipaparkan oleh Agung Gede Jayeng Ambara, Manajer Wilayah Timur Pelayanan Gianyar, dalam keterangan yang diterima redaksi, 3 Juni 2021. Menurut A A Gede Jayeng untuk Sumur Bor Beng 4 yang selama ini melayani wilayah kelurahan Beng, Kota Gianyar sebagian dan Perumahan LC Bukitjati, selama proses pengangkatan dan pembersihan yang dilakukan tanggal 18 Mei 2021 maka pelayanan dialirkan dari sumber lain, sehingga pelayanan tetap bisa berjalan walaupun tidak maksimal.

Sementara sumber ke dua yang diangkat dibersihkan adalah Sumur Bor Bukit Jati 2 yang terletak di Lingkungan Samplangan Kelurahan Samplangan dilaksanakan pada 24 Mei 2021 dengan kapasitas produksi 8 l/dt menjadi 5,9 l/dt. Sumur Bor Bukit Jati 2 melayani wilayah Kelurahan Samplangan, Desa Tegal Tugu, Desa Temesi dan Br Kaja Kauh Tulikup.

Agung Jayeng juga menambahkan dengan banyaknya wilayah yang mengalami gangguan maka pelayanan selama pengangkatan dialirkan dari Sumur bor bukit Jati 1 yang sebelumnya tertampung dalam Reservoir Bukit Jati serta kepada pelanggan diharapkan mengadakan penampungan air selama air mengalir sehingga kebutuhan air bisa terpenuhi.

Kemudian pengangkatan dan pembersihan pompa ketiga dilaksanakan pada Sumur Bor Abianseka 2 karena mengalami penurunan kapasitas dimana kapasitas saat ini 18 l/dt dari sebelumnya sebesar 22 l/dt, dilaksanakan pengankatan dan pembersihan tanggal 27 Mei 2021.

Sementara menurut Manager Wilayah Barat Kecamatan Sukawati I Ketut Gede Asta Gunawan mengatakan Sumur Bor Abianseka 1 yang terletak di Br Abianseka Desa Mas Ubud tertampung dalam Reservoir Abianseka bersama 2 Sumur lainya yaitu Sumur Bor Abianseka 2 dan Sumur bor Cangi dan pelayanan mengguankan pompa boster melayani wilayah Desa Sukawati, Desa Guwang, Desa Celuk dan Br Rangkan Ketewel.

Sementara Pompa ke 4 dilaksanakan pada pompa Sumur bor Bukit Jati 1 direncanakan akan dilaksanakan 2 Juni 2021 namun belum bisa terlaksana karena ada kendala pada chesing pompa sehingga memerlukan perencanaan lebih mateng lintas Bagian serta akan dijadwal ulang.

Di sisi lain Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Kabupaten Gianyar Ir Made Sastra Kencana, M.Si mengatakan bahwa pengangkatan dan pembersihkan pompa dilaksanakan secara berkala sesuai jadwal dan dilaksanakan secara khusus sesuai kebutuhan sebagaimana saat ini dilaksankan karena antisipasi pelayanan akibat penurunan kapasitas sumber.

Sastra kencana menegaskan bahwa pengangkatan dan pembersihan pompa dilaksanakan dalam sehari selesai sehingga gangguan pelayanan tidak terganggu lebih lama, serta akibat dengan adanya pekerjaan dimaksud pelayanan agar tetap bisa berjalan dengan pengalihan pengaliran dari sumber lain dan pelayanan pelanggan dengan mobil tangki tetap disiagakan ketika ada pelanggan yang membutuhkan air.

Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani saat ini melayani pelanggan berjumlah 60.929 dilayani dengan Sumur dalam (SB), Mata Air Permukaan ( MAP) dan Mata air Grafitasi tersebar di 7 kecamatan yaitu Gianyar, Blahbatuh, Ubud, Payangan, Tegallalang, Sukawati dan Tampaksiring. (red/pen)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *