BeritaEditorial

Apa dan Siapa SS Budi Raharjo: Budi Raharjo alias Jojo

950
×

Apa dan Siapa SS Budi Raharjo: Budi Raharjo alias Jojo

Sebarkan artikel ini

Apa dan Siapa S.S Budi Raharjo: Budi Raharjo alias Jojo

S.S Budi Raharjo adalah Ketua Forum Pimpinan Media Digital Indonesia, Penulis Buku, Coach Densus Digital, Pemimpin Redaksi Konvergensi Media. Penerima beasiswa Ford Foundation, LP3Y, dan ISAI tentang Investigative Reporting.

Pemimpin Umum (HARIAN KAMI.com) adalah S.S Budi Rahardjo, Ketua Forum Pimpinan Media Digital Indonesia dan Ketua Umum Asosiasi Media Digital Indonesia.

Jurnalis “alumni” grup manajemen Majalah Tempo, yang terbit berkala menyebarkan berita kepada masyarakat dengan mekanisme check and balance, kontrol terhadap kekuasaan, maupun masyarakat sendiri.

Jika N Riantiarno, Kemala Atmojo, Arif Bargot Siregar, Usamah Hisyam serta Firmiani Darsjaf hingga Dedet R Moerad dan Wibowo Soemadji adalah seniornya,  yang melatih rangkaian tulisan dan sistem kerja redaksi.

Bens Leo juga termasuk suhu-nya pria ini jurnalistik dalam momen yang lain.

Manajemen Tempo, yang diterapkan Imam Baskoro sangat baik. Sehingga bukan saja berlatih menulis atau  dibentuk sikap hidup, untuk menjadi seorang jurnalis dengan gaya tulisannya, “enak dibaca dan perlu” dan ada sedikit narasi sastrawi-nya.

Dalam mendirikan HARIAN KAMI ini, penerima beasiswa Ford Foundation/ISAI/LP3Y bidang Investigasi Reporting itu mengemas “budaya jurnalistik” dengan independen.

Semua hal-hal yang berkaitan dengan kebenaran, tidak mungkin bisa dinegosiasikan. Benar adalah benar. Idealisme tak boleh dicampur kapitalisme pers.

Normatif kecil atau hal-hal yang diajarkan oleh Mas Goen — panggilan dari Goenawan kepada setiap anak didiknya saat itu.

Setiap jaman ada masa dan orang-nya, setiap orang ada masa dan jamannya.  Seiring berkembangnya industri media elektronik dan tekhnologi digital, terus belajar dan mengikuti perkembangan teranyar.

Pria yang diserahi menjadi CEO majalah eksekutif yang terbit sejak 1979 (Toety Adhitama), juga kemudian membangun majalah Matra yang sempat “rontok” karena situasi.

Atas niat baiknya, ia bangun brand MATRA dengan susah payah, hingga kemudian bisa kembali eksis di era digital. Selain edisi cetak, juga mengembangkan  (www.matranews.id).

Kehidupan membentuknya menjadi “pengrajin media” dan konsultan komunikasi. Kadang dipanggil untuk menjadi coach.

Diantara coach, S.S Budi Raharjo MM kerap memberi pelatihan menulis itu mudah, features dan keyword google.

Menjadi Pemred HealthNews yang direkomendasi UNODC dan Sinar BNN, karena yang bersangkutan juga seorang aktivis RIDMA Foundation — yang sudah terbentuk jaman Bakolak Inpres 71.

Dalam organisasi  TIRAS.id,  yang merupakan jaringan dari Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI), S.S Budi Raharjo termasuk pendiri dan menjadi Ketua umum dari organisasi para pemilik (owner media digital).

Dengan misi mengurangi dampak buruk HOAX yang bisa disamakan dengan sampah peradaban dunia maya. Dengan tabayyun memaparkan kabar baik bagi semua.

Pria yang bernama panjang Stephanus Slamet Budi Rahardjo itu multitalenta,  karena terus mau belajar. Mendirikan TV Magazine (program acara satu jam berbentuk features).

Acara berdurasi satu jam,  tayang di TV Swara (yang studionya di DPR-RI) dan QTV, tayang di satelit penikmat parabola.

Acara TV Magazine, saat itu juga tayang di 18 TV Lokal  daerah seluruh Indonesia.

Kini, alumnus S2 Sekolah Tinggi Bisnis Indonesia (STIEBI) sedang menyiapkan Usaha Konvergensi Media (UKM)  untuk HARIAN KAMI dengan sasaran kaum milenial.

Jika dulu lewat jaringan TV satelit dan boks dekoder, kini HARIAN KAMI.com di online dan sedang dalam proses memancarkannya dengan memaksimalkan potensi Youtube, dikaitkan aplikasi lain yang bisa streaming live di Facebook atau Zoom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *