Bukan Hanya Coto Makassar, Ini 11 Makanan Khas Sulawesi yang Bisa Memanjakan Lidah

Bukan Hanya Coto Makassar, Ini 11 Makanan Khas Sulawesi yang Bisa Memanjakan Lidah


Hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki makanan khas yang bisa dijadikan wisata kuliner saat berkunjung ke daerah tersebut, termasuk daerah Sulawesi. Selain keindahan pariwisatanya, Sulawesi juga terkenal dengan suguhan kulinernya yang beragam dan memiliki citra rasa khas. Inilah makanan khas Sulawesi yang bisa Parents cicip saat berkunjung ke sana.

Makanan Khas Sulawesi Kuliner Nusantara yang Memanjakan Lidah

Keindahan alam dan laut pulau Sulawesi menimbulkan daya tarik yang begitu kuat sehingga membuat para wisatawan tak pernah bosan untuk berkunjung ke pulau tersebut. Begitu pun dengan makanan dan kuliner khas nan beragam.

Banyak sekali makanan khas yang perlu dicoba jika berkunjung ke sana. Inilah makanan khas Sulawesi, kuliner warisan nusantara:

1. Coto Makassar

Makanan khas Sulawesi ini pastinya sudah tidak asing. Coto merupakan makanan dengan bahan dasar jeroan sapi yang dibuat dengan cara direbus dengan waktu yang lama.

Sama halnya dengan soto, coto memiliki kuah dengan warna cokelat bercampur dengan irisan daging sapi bahkan ada tambahan seperti jantung, babat dan juga hati sapi. Untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan khas, coto diberikan bumbu dari rempah-rempah khas Indonesia.

Di Sulawesi sendiri, menyantap coto Makassar ditemani dengan ketupat atau burasa. Makanan mirip lontong tetapi bentuknya agak pipih dan ditambahi santan sebagai bahan pembuatannya.

Untuk bahan coto, ada jahe, serai, lengkuas, daun salam, kacang tanah, dan bahan lainnya. Misal saja bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jinten, merica, cabai, dan tauco.

Bagi Parents yang akan mengunjungi pulau Sulawesi, bisa menikmati coto Makassar di rumah makan Coto Tol Nusantara, Coto Bawakaraeng, Coto Gembira, dan Coto Nusantara.

2. Sup Konro

Makanan Khas Sulawesi

Makanan khas Sulawesi yang satu ini sudah tidak asing bahkan sudah bisa dinikmati di berbagai daerah nusantara. Sop konro merupakan sop dengan kuah yang berlemak dan berwarna kecokelatan dengan bahan dasar iga sapi yang di rebus.

Selain bumbu rempah sop yang begitu berasa, ciri khas dari sop konro adalah olahan daging iganya dibuat sangat empuk. Jika Parents berada di Sulawesi dan ingin menikmati sop konro, bisa datang ke Jalan Daeng Tata atau yang legendaris di jalan Gunung Lompobattang.

3. Pallubasa

Makanan Khas Sulawesi

Makanan khas Sulawesi satu ini hampir mirip tampilannya dengan coto makassar bahkan bahan utamanya juga. Yakni jeroan sapi atau kerbau beserta dagingnya yang juga sama.

Bedanya, pallubasa menggunakan tambahan telor ceplok mentah di atasnya sedangkan coto tidak. Perbedaan lainya adalah teman makan pallubasa menggunakan nasi, sementara coto menggunakan ketupat atau burasa.

4. Pallumara

Makanan Khas Sulawesi

Salah satu jenis makanan khas Sulawesi yang ini bahan utamanya adalah ikan segar. Pallumara sendiri merupakan sup ikan layaknya pindang. Jika dilihat penamaannya yaitu pallu yang berarti masak dan mara yang mengandung arti pedas. Jadi, makanan ini memiliki rasa pedas.

5. Gogoso

Makanan Khas Sulawesi

Jenis makanan ini merupakan cemilan khas Sulawesi. Tampilannya mirip lontong karena dibalut dengan daun pisang. Namun cara memasaknya saja yang berbeda.

Jika lontong dimasak dengan cara direbus, sedangkan gogoso masaknya dengan cara dibakar di bara api. Untuk isiannya pun agak berbeda. Gogoso isiannya abon sapi atau ayam.

Saat Parents berada di Sulawesi ingin menikmati gogoso ini biasanya banyak dijual di kawasan pantai Losari.

6. Sayur Ganemo

Makanan Khas Sulawesi

Makanan khas Sulawesi bagian utara tepatnya di Kota Manado, terdapat makanan bernama sayur ganemo. Makanan ini merupakan jenis masakan yang menggunakan daun melinjo, bunga papaya, tauge pendek, dan potongan labu kuning dengan kuah bersantan. Walaupun masakan ini tergolong sederhana, tetapi jenis makanan ini tetap eksis sebagai makanan yang berasal di Manado.

7. Tinutuan

Makanan Khas Sulawesi

Makanan yang terkenal dengan nama bubur Manado ini berasal dari Sulawesi Utara, ada yang bilang dari Manado ada juga yang bilang dari Minahasa. Seperti kebanyakan bubur, tinutuan memiliki bentuk lembek dengan campuran sayuran yang cukup bayak tetapi tak menggunakan daging.

Jenis makanan yang sudah dijual sekitar tahun 1970-an di sudut Kota Manado ini, berbahan utama beras, lalu ditambah dengan berbagai jenis sayuran, yakni labu kuning, bayam, daun gedi, kangkung, singkong, kemangi dan jagung.

Warna khas yang tampak adalah kuning dengan beberapa warna hijau sayur menyembul keluar. Kebanyakan masyarakat menyajikannya dengan ikan asin, sedangkan untuk orang Manado menambahkan dengan sambal roa, perkedel nike, perkedel jagung dan tuna asap.

Artikel tekait: 6 Makanan Khas Madura Unik dan Nikmat yang Sayang Kalau Dilewatkan

8. Panada

Makanan Khas Sulawesi

Jenis makanan yang mirip dengan pastel, merupakan cemilan khas Sulawesi. Perbedaannya pada bahan kulit dan juga isiannya. Jika pastel dibuat dengan kulit pastry, sementara panada, luarannya seperti roti. Sedangkan isiannya, paling khas adalah ikan bumbu panpis khas Sulawesi.

9. Nasi Jaha

Bukan Hanya Coto Makassar, Ini 11 Makanan Khas Sulawesi yang Bisa Memanjakan Lidah

Panganan khas Manado ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan dan beras putih. Kedua bahan tersebut nanti diaron atau dikukus setengah matang lalu akan dicampur dengan santan. Setelah itu, dimasukkan ke dalam bambu berlapis daun pisang.

Bambu yang sudah diisi dengan adonan tersebut, dimasak kembali dengan parapian dari kayu bakar. Nasi jaha sebetulnya mirip lemang dari Sumatera Barat.

Akan tetapi, di Sulawesi sendiri nasi jaha di santap dengan ikan pampis. Nasi jaha di Sulawesi pun menjadi hidangan untuk acara-acara adat, pernikahan, dan penyambutan tamu penting.

Artikel terkait: 10 Makanan Khas Ambon yang Populer dan Wajib Dicoba

10. Kasoami

Bukan Hanya Coto Makassar, Ini 11 Makanan Khas Sulawesi yang Bisa Memanjakan Lidah

Makanan khas Sulawesi Tenggara ini terbuat dari ubi kayu atau biasa disebut singkong. Pembuatannya dibuat dari bahan seperti tepung ubi kayu, tepung gaplek atau dari ubi kayu hasil fermentasi. Pengertian kasoami sendiri merupakan makanan yang dibuat dengan bahan ubi kayu yang dikukus dengan cetakan berbentuk kerucut.

Dalam pembuatan kasoami, yang terlebih dahulu harus dibuat adalah kaopi atau tepung ubi kayu yang dibuat dari parutan ubi tersebut dan telah dihilangkan airya sampai menjadi tepung. Hasil proses tepung tersebutlah yang kemudiaan dikukus. Setelah matang, dinikmati bersamaan dengan ikan asin atau ikan bakar.

11. Kapurung

Bukan Hanya Coto Makassar, Ini 11 Makanan Khas Sulawesi yang Bisa Memanjakan Lidah

Makanan khas dari kota Palopo, Sulawesi Selatan ini terbuat dari sagu berisi sayuran rebus. Aneka sayuran yang bisa ditemui didalam sajian kapurung adalah bayam, kacang panjang, hingga ada pula irisan jagung.

Untuk menambahkan citra rasa segar, kapurung akan disajikan dengan kuah yang segar berwarna kecokelatan. Bahkan tak hanya sayuran sebagai lauk kapurung, ada juga udang, ikan dan ayam.

Ciri khas olahan sagu yang berasal dari Masamba dan Larompong ini adalah rasanya yang sangat pedas sehingga disukai khalayak ramai.

Artikel terkait: 9 Makanan Khas Kalimantan Bercita Rasa Gurih dan Manis yang Wajib Dicoba

Parents, itulah makanan khas Sulawesi yang bisa dinikmati ataupun bisa dibuat sendiri jika Anda belum sempat berkunjung ke daerah asalnya. Bahkan ada beberapa jenis makanan yang sudah tersedia di seluruh penjuru nusantara.

Baca juga:

Belajar Sifat Jujur dan Sederhana dari Kisah Nabi Zulkifli AS

10 Tips Jitu Mengasuh Anak Saat WFH, Orang Tua Tenang Anak pun Senang!

Unik, 7 Ide Parsel Anti Mainstream untuk Lebaran Lebih Berkesan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *