Lava Melonjak Dari Gunung Berapi Pulau Spanyol Setelah Ventilasi Baru Terbuka – Majalah Time.com

  • Whatsapp


MADRID — Beberapa lubang vulkanik baru telah terbuka di pulau La Palma di Spanyol, melepaskan lava baru yang mempercepat menuruni punggung bukit dan mengancam akan memperluas kerusakan di tanah, jalan, dan rumah yang dievakuasi, kata pihak berwenang, Minggu.

Bacaan Lainnya

Batuan cair yang keluar dari lubang baru utama sangat cair dan bergerak dengan kecepatan 6 meter (20 kaki) per menit menuju daerah yang belum terjamah sampai sekarang, kata María José Blanco, juru bicara National Geographic Institute Spanyol.

Letusan di pulau yang terletak di ujung barat kepulauan Kepulauan Canary di Samudra Atlantik itu dimulai pada 19 September.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Dalam 10 minggu sejak itu, setidaknya 11 aliran lava yang berbeda telah diidentifikasi oleh para ilmuwan, meliputi setidaknya 1.100 hektar (2.700 hektar) tanah, termasuk ribuan rumah, jalan, saluran listrik dan pipa irigasi untuk perkebunan pisang yang penting secara ekonomi di pulau itu. .

Salah satu sungai lava minggu lalu menghancurkan pemakaman lokal, mengubur kembali sisa-sisa lebih dari 3.000 orang.

Meskipun ada kerusakan, tidak ada cedera atau kematian yang terkait langsung dengan letusan.

Para ahli mengatakan setidaknya 80 gempa tercatat semalam, dengan yang paling kuat mencapai magnitudo 3,6. Beberapa di antaranya bisa dirasakan warga.

Meskipun aktivitas vulkanik terus berlanjut di pulau itu, penerbangan kembali ke La Palma akhir pekan ini, setelah seminggu pembatalan oleh maskapai penerbangan karena banyaknya abu vulkanik yang bertiup ke arah bandara. Pariwisata adalah industri besar untuk semua Kepulauan Canary, situs liburan cuaca hangat favorit bagi orang Eropa.

Sumber Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *