Melihat Kembali Tahun Liar NFT Bersama Rhea Myers – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Versi artikel ini diterbitkan dalam buletin TIME Into the Metaverse. Berlangganan panduan mingguan untuk masa depan Internet. Kamu dapat menemukan edisi masa lalu dari buletin di sini.

Bacaan Lainnya

Desember lalu, saya mengunduh aplikasi baru bernama Clubhouse untuk mempelajari lebih lanjut tentang sebuah fenomena yang mulai sering saya dengar tetapi hampir tidak saya pahami: NFT. Di aplikasi, saya menemukan komunitas penggemar yang percaya bahwa NFT, atau token yang tidak dapat dipertukarkan, akan menjadi kekuatan transformatif untuk budaya, perdagangan, dan teknologi. Komunitas mereka bersemangat tetapi kecil dan picik; kebanyakan orang di luar gelembung mereka berasumsi bahwa kebangkitan mereka akan berumur pendek, jika mereka pernah mendengar tentang NFT sama sekali.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Apa perbedaan satu tahun membuat. Saat kita menutup tahun 2021, NFT adalah salah satu kisah terobosan tahun ini, menyebar ke hampir setiap aspek budaya pop, mulai dari musik hingga olahraga. Hiburan Marvel. Ketertarikan pada konsep tetangga seperti DeFi, DAO dan metaverse juga meledak ketika perusahaan dan investor di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk masa depan digital pertama.

Untuk memahami tahun liar di metaverse, saya memanggil salah satu pelopor terkemuka di ruang angkasa: artis dan pembuat kode blockchain Rhea Myers. Sekitar delapan tahun yang lalu, jauh sebelum seni NFT mencapai arus utama, Myers mulai membuat seni berbasis blockchain pada rantai awal seperti Bitcoin dan Dogecoin. Dia sekarang adalah pengembang kontrak pintar senior di Dapper Labs, perusahaan di baliknya NBA TopShot dan CryptoKitties. Seperti saya, Myers agak skeptis tentang prospek NFT pada tahun 2021: “Pada awal tahun, saya cukup kecewa tentang keterlibatan artistik dengan, dan penggunaan, ruang blockchain,” katanya. “Dan semuanya meledak beberapa minggu kemudian. Itu sangat menyegarkan.”

Saya meminta Myers untuk mensurvei lanskap pada tahun 2021—dan juga membagikan beberapa superlatif. Berikut kutipan dari percakapan kami.

Pernahkah ada tahun seperti ini di dunia crypto?

Ada beberapa tahun yang mengingatkan saya pada: Pada 2017, ketika Cryptopunk dan Cryptokitties keluar dan kami mengadakan pameran seni kripto kurasi pertama di Sangat halus [the Ethereum-focused conference]. ERC-721 [a standard for tokens on the Ethereum blockchain] keluar bersama dengan upaya Cryptokitties, yang sekarang harus ditempatkan oleh setiap standar token lainnya.

Bahkan sebelumnya, pada tahun 2014, ada Nili Lerner’s NILIcoin, yang merupakan proyek seni konseptual awal di blockchain yang “menjual” berbagai ide logo perusahaan. Itu adalah gambaran dari banyak hal yang terjadi setelahnya. Dan Kevin McCoy yang luar biasa datang dengan Monegraf, registri seni blockchain. Jadi dua tahun yang sangat kreatif.

Tapi tahun ini kami melihat pengarusutamaan mutlak kripto. [We saw] itu menjadi bahan lelucon dan komedi situasi; stadion yang diganti namanya; dan kembalinya DAO, organisasi otonom yang terdesentralisasi—potensinya terasa begitu besar. Ada begitu banyak dari mereka yang luar biasa, dan saya tidak sabar untuk melihat orang-orang benar-benar memahami teknologi itu dan menggunakannya lebih jauh.

Satu-satunya momen paling mengasyikkan di Web 3

Lelang Native Digital Sotheby. Saya akan berbohong jika saya mengatakan itu tidak luar biasa untuk mendapatkan uang tunai. [Myers’ “Secret Artwork” sold for $63,000.] Tapi sungguh menakjubkan mendapatkan perhatian kritis institusional yang serius dan orang-orang hebat yang datang dari kurasi seni dan ruang teori seni, mulai terlibat lebih serius dengan hal-hal blockchain. Sangat menyenangkan bisa berbicara dengan orang-orang yang mengerti saya setelah saya terlihat aneh selama ini.

Proyek seni NFT favorit

Yang terbaru yang saya minati adalah Urusan oleh seniman avatar metaverse LaTurbo Avedon. Mereka telah terlibat dengan cryptocurrency lebih lama dari saya, dan proyek mereka saat ini adalah keterlibatan jangka panjang yang indah dengan kemungkinan teknologi. Ini sangat banyak tentang estetika ruang dan apa yang dapat Anda lakukan dalam realitas virtual dan metaverse on-chain.

LaTurbo AvedonGambar dari koleksi seni NFT LaTurba Avedon “Materia.”

Perkembangan teknologi yang paling penting

Ini terus menjadi bukti kepemilikan, dalam hal menjawab semua kepanikan moral tentang penggunaan energi. Bitcoin dan Ethereum saat ini menggunakan sistem yang disebut proof-of-work, yang pada awalnya merupakan skema di mana Anda menjalankan jumlah yang rumit untuk membuktikan bahwa Anda bukan seorang spammer. Proof-of-work sengaja tidak efisien: Ini dirancang untuk memperlambat penyerang melampaui titik di mana mereka benar-benar dapat melakukan serangan.

Proof-of-stake mengatakan, daripada melakukan teka-teki rumit menggunakan perangkat keras yang semakin kuat, mari gunakan teknologi yang mendasari blockchain, yang merupakan tanda tangan kriptografi dan token yang menjalankan jaringan. Jika Anda memasukkan beberapa koin ke dalam kumpulan, Anda bisa menjadi orang yang menyetujui blok. Dan jika Anda nakal, Anda kehilangan koin Anda. Jadi ini beralih dari sistem peri pekerja semacam menggunakan banyak dan banyak pekerjaan ke daftar pusat nakal-dan-bagus untuk memproduksi balok-untuk menjadikannya metafora musiman yang mengerikan.

DAO favorit

Teman tapi Mesra, DAO budaya/pengumpulan. Jenis ‘saus rahasia’ untuk setiap proyek yang sukses adalah budayanya. Dan Friends with Benefit memiliki kerangka yang sangat bagus tentang, “Terlibatlah, jadilah luar biasa, bentuklah segala sesuatunya.” Ini juga disesuaikan dengan cara mereka menggunakan mekanisme taruhan dan pengambilan keputusan.

Tren yang paling mengkhawatirkan

Kepanikan moral ditujukan pada seniman hanya karena menggunakan NFT. Ada tren yang muncul di media sosial tentang orang-orang yang merasa sangat santai dengan mengatakan, “Mari kita ganggu artis NFT.” Ini didasarkan pada informasi yang ketinggalan jaman dan tidak diperhitungkan dengan baik tentang rantai selain yang menjadi tujuan seniman. Fokusnya harus pada seniman yang menjadi pemimpin dalam perpindahan ke proof-of-stake, yang memiliki sebagian kecil dari penggunaan energi proof- kerja, serta tata kelola yang lebih baik.

Pemikir Web 3 favorit di media sosial

@Artnome, atau dikenal sebagai Jason Bailey. Dia memiliki latar belakang di bidang analitik dan data seni. Sangat menarik untuk melihat seseorang yang terbiasa melihat seni sebagai angka sulit masuk ke ruang seperti kripto, yang dimulai sebagai angka sulit, tetapi orang mencoba untuk berubah menjadi sesuatu yang lebih sensitif dan kreatif. Saya merasa itu perspektif yang bagus untuk dimiliki.

Takeaway terbesar dari tahun ini

Kreativitas dalam ruang sangat menakjubkan, dan bukan hanya kreativitas artistik tetapi juga orang-orang yang mengerjakan sistem. Setiap keluhan yang pernah saya lihat tentang ruang blockchain memiliki jawaban yang sudah diterapkan dan disetel dengan baik pada blockchain modern, atau memiliki beberapa proyek sumber terbuka atau perusahaan rintisan yang mengerjakan sesuatu untuk membuat hidup orang lebih mudah.

Pada awal tahun, saya cukup kecewa dengan keterlibatan artistik dan penggunaan ruang. Dan semuanya meledak beberapa minggu kemudian. Itu sangat menyegarkan. Dan itu sama dengan teknologinya: melihat sistem proof-of-stake menjadi self-governing, melihat skema bukti tanpa pengetahuan digunakan dalam game. [Researchers hope that “zero-knowledge proofs” will be the key to creating secure online identification.] Saya berharap bahwa secara paradoks, kita bisa mendapatkan kedua sistem identitas yang lebih baik untuk membantu seniman menetapkan bahwa mereka adalah yang mereka katakan; dan sistem komunikasi rahasia yang lebih baik sehingga jika Anda dapat menetapkan siapa diri Anda, Anda tidak perlu memberitahukannya kepada siapa pun yang tidak Anda inginkan.

Seperti segala sesuatu, itu selalu dimulai dengan permainan. Inilah sebabnya mengapa permainan dan seni sangat berguna: mereka adalah cara berisiko rendah untuk bereksperimen dengan teknologi baru. Dan tahun ini, kreativitas di setiap level adalah yang tertinggi yang pernah saya lihat.

Berlangganan Into the Metaverse untuk panduan mingguan masa depan Internet.

Bergabunglah dengan TIMEPieces di Indonesia dan Perselisihan

Sumber Berita



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *