Connect with us

Published

on


Suara-Pembaruan.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, di tengah tekanan pada perekonomian di seluruh dunia akibat pandemi COVID-19, industri halal masih mampu mencatatkan kinerja positif. Industri ini tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 3,2 persen atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2019 sebelum pandemi yaitu 2,3 persen.

Hal ini diungkapkan oleh Menkeu dalam sambutannya di sela peluncuran program kolaborasi terkait industri halal yang digelar daring, Kamis, 8 April 2021.

“Secara global, pengeluaran untuk produk-produk halal tahun 2019 sebelum COVID-19 terjadi terutama untuk produk makanan, farmasi, kosmetik, fesyen juga travel secara global mencapai 2,02 triliun dolar Amerika Serikat,” katanya.

Menurut Sri, fakta ini menggambarkan potensi pasar produk halal yang diminati banyak konsumen seluruh dunia. Indonesia sebagai negara yang termasuk dalam kelompok G20 dan memiliki banyak penduduk muslim bisa melihat potensi ini untuk mengembangkan industri-industri yang bisa memenuhi keinginan baik untuk Indonesia sendiri maupun untuk pasar global.

Pihaknya menyambut baik adanya program kolaborasi lintas sektor yang mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, dalam rangka mewujudkan sisi Indonesia maju sebagai pusat ekonomi syariah dunia.

“(Muslim Centre of Excellence) ini merupakan sebuah inisiatif dari industri yang sangat positif di dalam rangka untuk memperkuat ekosistem dari industri halal di Indonesia dan memperkuat kemampuan serta kapasitas dari industri termasuk UMKM dalam memproduksi produk-produk yang sesuai dengan preferensi kelompok muslim,” katanya.

Sri berharap program kerja sama antara Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan dunia usaha yakni PT. Unilever Indonesia, Tbk ini bisa terus mengembangkan ekosistem industri halal di Indonesia sekaligus memperkuat dari sisi pelaku usaha industri kecil dengan industri besar kemudian dengan tujuan pasarnya.

“Sebuah kerja sama supply chain adalah sebuah kenisyaaan pada saat ini, merupakan suatu langkah maju dalam memperkuat ekosistem dan membuat sebuah kerja sama supply chain yang komprehensif,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Suara-Pembaruan.com KNEKS, Ventje Rahardjo berharap kerja sama ini akan memperkuat tujuan Indonesia sebagai pusat produsen halal.

KNEKS akan terus menjalankan peran sebagai konsolidator agar terjalin kerja sama sinergi yang baik dan berkesinambungan di antara para stakeholder baik pemerintah, pelaku usaha, kalangan akademisi dan masyarakat dalam membangun ekonomi syariah dan industri halal di Indonesia.

Hadirnya Muslim Centre of Excellence bertujuan untuk menjadi pusat inovasi produk halal yang akan mencakup pada riset serta inovasi produk halal serta pengembangan dan akselerasi program-program pemberdayaan masyarakat muslim dengan mengedepankan pentingnya literasi ekonomi dan keuangan syariah, gaya hidup halal serta mendorong program-program pemberdayaan berbasis masyarakat.

“Program ini diharapkan mampu menjadi salah satu penggerak kemajuan ekonomi syariah nasional dan mempercepat perkembangan bisnis-bisnis pendukung industri halal lainnya di Indonesia,” demikian kata Ventje. (red/pen)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Suara Keuangan

HUT ke-60 Tahun Bank DKI, Anies Berharap Cetuskan Inovasi Baru

Published

on

By


Suara-Pembaruan.comBank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang genap berusia 60 tahun  diharapkan dapat terus berinovasi sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada warga ibukota.

Harapan tersebut disampaikan Gubernur DKI, Anies Baswedan mengingat Bank DKI selain mengatur keuangan dan kas daerah namun juga berperan meningkatkan kesejahteraan warga ibukota melalui berbagai programnya seperti penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Bank DKI. Semoga di usianya yang ke 60 Bank DKI terus berkembang dan terus berinovasi dengan memunculkan kebaruan yang dapat memberikan manfaat lebih besar bagi kita semua,” ucap Anies dalam sambutannya secara virtual di acara HUT ke-60 Bank DKI.

Ungkapan senada juga disampaikan Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria yang mengaku bangga. Pasalnya, di tengah persaingan yang cukup ketat terlebih di masa pandemi Covid-19, Bank DKI mampu bertahan. Bahkan menorehkan berbagai prestasi di dunia perbankan.

“Ini menunjukkan Bank DKI memiliki daya saing yang tinggi di industri perbankan nasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut Riza menambahkan Bank DKI juga telah berkontribusi memberikan solusi yang memudahkan warga Jakarta dalam mengakses pelayanan publik yang disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Begitupun dengan  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) DKI Jakarta, Marullah Matali, yang menyatakan bahwa Bank DKI memiliki peran penting dalam bergulirnya berbagai program Pemprov DKI.

“Saya berharap Bank DKI dapat tumbuh dengan sentuhan inovasi utamanya di dunia Perbankan sepeti JakOne Mobile dan Jak Card yang makin memudahkan nasabah dan masyarakat jakarta,” imbuh Marullah.

Secara terpisah, Plt Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta, Riyadi menyatakan dalam perjalanannya selama 60 tahun, Bank DKI telah memberikan kontribusi maksimal. Baik di sektor keuangan maupun lainnya.

“Diharapkan Bank DKI dapat menjadi motor penggerak sinergi BUMD untuk membangun kota jakarta yang maju dan sejahtera,” ujar Riyadi.

Sebagai informasi, Bank DKI yang merupakan salah satu BUMD yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, pada tanggal 11 April 2021 kemarin menyelenggarakan peringatan HUT ke 60 yang dilaksanakan secara virtual.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke 60, Bank DKI juga menyelenggarakan berbagai program CSR seperti bantuan modal usaha kepada purna bhakti/pensiunan Bank DKI dan pemberian santunan kepada anak yatim di lingkungan DKI Jakarta.

Bank DKI juga menyelenggarakan kegiatan donor darah dan donor darah konvalesen bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemegang saham mayoritas Bank DKI, serta kepada nasabah yang telah menggunakan produk dan layanan perbankan dari Bank DKI.

Ia juga menyampaikan harapannya agar Bank DKI dapat terus semakin berperan ditengah masyarakat DKI Jakarta.



Continue Reading

Suara Keuangan

Bank Mestika Raih Peringkat 2 sebagai Penukaran UPK-75 Terbanyak

Published

on

By


Suara-Pembaruan.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara memberikan apresiasi peringkat 2 kepada Bank Mestika yang melakukan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke – 75 tahun terbanyak di Sumut dengan 69.960 lembar.

Penyerahan apresiasi ini langsung diberikan oleh Kepala kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo, pada acara Koordinasi Layanan Penyediaan Kebutuhan Uang Layak Edar Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442/2021.

Penukaran UPK-75 tersebut dilakukan kepada seluruh nasabah Bank Mestika dan masyarakat umum yang ingin mempunyai edisi khusus uang pecahan Rp 75.000. Syarat penukaran uang ini cukup mudah yaitu memiliki KTP/E-KTP untuk sekali penukaran uang dan menyiapkan uang Rp 75.000 sebagai nilai tukar.

Penukaran UPK ini masih bisa dilakukan pada saat jam kerja operasional Bank Mestika terdekat. Tentunya, Bank Mestika mengimbau penukaran edisi Rp 75.000 secara langsung ini tetap dengan menggunakan protokol kesehatan.



Continue Reading

Suara Keuangan

Miliki 3 Nilai Strategis Kembangkan Bisnis Internasional, BNI Targetkan KCLN Tumbuh Dua Digit di Tahun Ini

Published

on

By


Suara-Pembaruan.comPT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki jaringan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) terbanyak di tanah air.

Saat ini, Perseroan memiliki sebanyak enam KCLN yaitu Kantor Cabang Luar Negeri di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London dan New York serta satu Sub-Branch di Osaka di Jepang, dua Remittance Centre di Singapura dan satu anak usaha Remittance di Hong Kong.

Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan mengatakan, dalam sepuluh tahun terakhir model bisnis internasional di BNI telah mengalami transformasi dimana 90% aset kredit KCLN adalah bisnis Indonesian-related, baik itu perusahaan Indonesia yang go international maupun supplier dan buyer dari perusahaan top tier yang ada di Indonesia.

Upaya transformasi ini telah membuahkan hasil positif dimana pendapatan dari bisnis internasional BNI tumbuh sebesar 26,8% di tahun 2020 meskipun Indonesia berada dalam pandemi Covid-19. KCLN sebagai salah satu kontributor utama perbankan internasional BNI juga mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 67,5% yang berasal dari pertumbuhan bunga bersih (NII) yang tumbuh sebesar 61,6% dan pendapatan non bunga (FBI) sebesar 49,7%.

“Kami tetap menargetkan KCLN dapat tumbuh dua digit di tahun 2021 dengan memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi emerging market dan tren suku bunga rendah yang masih akan berlanjut tahun ini,” terangnya.

Pengembangan Bisnis Internasional

Bisnis internasional BNI mempunyai tiga strategic value, yaitu sebagai Source of International Funding, Go Global assistance dan Gate to Investment.

Untuk memperkuat strategic value tersebut, Henry mengatakan bahwa BNI akan melakukan beberapa pengembangan dalam beberapa tahun ini antara lain dengan pembentukan Syndication Desk dan pendirian anak usaha BNI Sekuritas di Singapura serta pembentukan Foreign Direct Investment (FDI) Advisory Unit di KCLN.

“International Desk juga akan kami perkuat dengan pembentukan Korea dan China Desk. Selain itu peran Japan Desk yang berdiri sejak tahun 2012 akan ditingkatkan untuk mendukung KCLN Tokyo yang ditunjuk sebagai salah satu Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) bank dalam Local Currency Settlement (LCS) antara Indonesia dan Jepang,” tambahnya.

Sebagai agen pembangunan, BNI juga bersinergi dengan perusahaan BUMN dalam menfasilitasi BUMN menjadi pemain global dengan mendirikan kantor Indonesia Incorporated di Hong Kong.

Di sisi UMKM, BNI akan lebih mensinergikan KCLN dengan unit-unit bisnis di dalam negeri dalam membantu debitur menembus pasar global dan melakukan pembiayaan kepada UMKM Ekspor dan Diaspora Indonesia.

Digitalisasi Bisnis Internasional

Pandemi Covid-19 mendorong terjadinya peningkatan transaksi perbankan internasional secara digital. BNI telah memiliki aplikasi trade yang memungkinkan nasabah bertransaksi tanpa perlu datang ke kantor BNI, yaitu aplikasi BNI Trade Online.

Dalam transaksi remittance, BNI juga telah meluaskan layanan digital ke KCLN di tahun 2018 dengan diluncurkannya BNI Mobile Remittance (BNI More) di KCLN Singapore yang selanjutnya diikuti oleh KCLN Hong Kong dan KCLN Seoul melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan fintech serta peluncuran OTR Mobile Remittance pada tahun 2019 dimana transaksi kiriman uang ke luar negeri dapat dilakukan melalui menu yang ada di BNI Mobile Banking.

Layanan kiriman uang ke luar negeri melalui mobile banking tersebut merupakan yang pertama di antara bank-bank Indonesia. “Ke depan, digitalisasi akan kami fokuskan di KCLN yang telah kami mulai dengan mengintegrasikan core banking system KCLN dengan Kantor Pusat supaya ke depannya dapat memberi layanan cash management untuk nasabah yang ada di luar negeri,” tutup Henry.



Continue Reading

Headline

Headline4 jam ago

Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021 | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Sudah serba daring, banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia bisnis. Banyaknya kegiatan yang beralih dari sistem offline...

Headline8 jam ago

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas | Suara-Pembaruan.com

www.instagram.com Pernah dengar istilah Lamington, dong? Kue ini beberapa tahun lalu sempat diadopsi salah satu selebriti yang membuka usaha oleh-oleh...

Headline1 hari ago

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian | Suara-Pembaruan.com

www.marieclaire.com Tampil dengan jeans setiap hari mungkin akan membuat pemakai setianya bosan. Bagaimana kalau sesekali kamu mencoba belted cullotes yang tak...

Headline1 hari ago

Cara Membuat Chicken Schnitzel dengan Salad Sebagai Menu Makan Siang Baru | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Bingung mau bekal makan siang apa buat besok? Coba sisihkan nasi dan tempemu sejenak. Coba panganan ala Barat bernama...

Headline2 hari ago

Cara Menarik Tampilan Fashion yang Kontroversial

Dobel demin adalah tampilan fashion yang cukup kontroversial. Pasalnya penampilan ini terkenal memecah belah secara agresif masuk dan keluar dari...

Headline3 hari ago

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Tak hanya dianugerahi pesona alam, Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja juga menyimpan banyak potensi karya kerajinan tangan...

Headline3 hari ago

Menciptakan Cinta Abadi, Menurut Orang Yunani Kuno

Semua orang ingin menemukan jenis cinta yang bertahan lama. Faktanya, orang Yunani Kuno mengidentifikasi delapan jenis cinta yang berbeda. Dan,...

Headline3 hari ago

NU Care Gelar Khitanan dan Operasi Katarak Gratis Hasil Donasi Konsumen Alfamart

Suara-Pembaruan.com, Mustafa, seorang pemuda berusia 24 tahun menunggu bapaknya yang sedang menjalani operasi katarak di klinik Asshomadiyah Medicare Centre, Kelurahan...

Headline3 hari ago

Bagaimana Jenggot Pria Bisa Mengubah Gaya

Fakta tak terbantahkan bahwa jenggot membuat pria lebih menarik. Apalagi, banyak pria yang disurvei menjawab bahwa mereka merasa lebih tampan...

Headline4 hari ago

Terobosan Digital, Solusi Jitu UMKM Go Global

Pandemi Covid 19 ternyata juga membawa dampak positif bagi UMKM Indonesia. Bagaimana tidak, melalui sentuhan teknologi digital dan komunikasi mampu...

Trending

Copyright © 2021 Suara-Pembaruan.com | Kerjasama dan kolaborasi silahkan email: pimpinanmedia@gmail.com. Hotline 0817-21-7070