Misteri Di Balik Keindahan Candi Borobudur

  • Whatsapp
Misteri Di Balik Keindahan Candi Borobudur


Meski akhir-akhir ini namanya gagal masuk ke dalam kategori 7 Wonders of the World, keindahan Candi Borobudur sudah terkenal di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Candi borobudur, merupakan sebuah candi yang berlokasi di daerah Magelang, Jawa Tengah. Bangunan ini didirikan pada sekitar tahun 800 Masehi oleh para pemeluk Agama Budha di bawah pimpinan Raja Samaratungga ketika pemerintahan Syailendra berkuasa saat itu. Meski, setelah ditelusuri, seseorang bernama Gunadarma-lah yang berjasa besar dalam proses pembangunannya.

Bacaan Lainnya

Photo by Charl Durand from Pexels

Nama Borobudur sendiri sejatinya tidak memiliki asal-usul yang jelas dan masih simpang siur. Di buku Sejarah Pulau Jawa hasil karya Sir Thomas Raffles mengartikan Borobudur sebagai desa purba. Dimana Boro berasal dari nama desa Bore di Magelang, sedangkan Budur sendiri memiliki keterkaitan dengan istilah dalam bahasa Jawa, Buda. Informasi lain menyebutkan, bahwa Borobudur berarti desa gunung. Namun hingga saat ini, teka-teki mengenai nama bangunan termegah di kawasan Asia Tenggara tersebut masih menjadi misteri dan belum dapat dibuktikan keabsahannya.

Bila menelisik lebih dalam ke kawasan Candi Borobudur, Anda akan terpana dengan banyaknya bangunan berupa relief dan stupa yang artistik. Menampilkan sisi kemahiran para pembuatnya yang begitu memerhatikan detail candi khas kota Magelang. Sebanyak 2600 relief dan sekitar 500 arca membuat monumen berbentuk segi empat ini ditahbiskan sebagai bangunan Budha terbesar di dunia, dan menarik banyak wisatawan baik pribumi maupun mancanegara. Maka Anda jangan heran, bila mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama yang sempat berkunjung ke candi Borobudur pada akhir Juni 2017 pun terkagum-kagum dengan interiornya.

Yang istimewa dari bangunan ini adalah lokasinya. Dimana, candi Budha ini berdiri kokoh dikelilingi empat gunung seperti Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Sungai Progo dan Elo juga ikut “menjaga” keindahan Candi Borobudur.

Misteri lain menyelimuti setiap bangunan yang berada dalam lingkup kawasan ini. Penyebabnya tidak lain karena batuan vulkanik yang membentuk stupa dan candi disusun tanpa olesan perekat sedikitpun. Beberapa peneliti yang mencari asal-usul batuan vulkanik hingga saat ini selalu menemui jalan buntu. Di balik sisi misteriusnya, keunikan dan keindahan Candi Borobudur tetap menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan**GP



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *