Pemkab Bogor Gelar Lomba Video Desa Wisata Berhadiah Rp 1 Miliar

  • Whatsapp
Pemkab Bogor Gelar Lomba Video Desa Wisata Berhadiah Rp 1 Miliar


SuaraPemerintah.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengadakan lomba video tentang Desa Wisata dengan menghadirkan hadiah sebesar Rp I Miliar.

Bacaan Lainnya

Sayembara perlombaan tersebut dihadirkan untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Bogor pada masa pandemi Covid-19 yang tengah lesu.

Komite Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar atau disapa Gus Udin menuturkan, promosi digital terus dilakukan guna mengembangkan potensi pariwisata.

“Pada era kini, melalui video yang dikemas lalu dimasifkan melalui media sosial suatu promosi yang strategis. Karena siapa yang tidak mempunyai atau mengenal medsos saat ini,” papar Gus Udin, Minggu (18/4/2021).

Kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkomitmen meningkatkan promosi pariwisata dalam memulihkan perekonomian imbas pandemi Covid-19.

Berkaca di 2020, pemkab pernah membuat lomba video kreatif terkait destinasi wisata dan sebanyak 325 peserta berpartisipasi lalu diketahui ada 75 destinasi wisata yang belum tereksplorasi.

“Berkaca dari pengalaman itu, tahun ini kami lebih masifkan lagi. Ada tiga strategi terkait promosi pariwisata mulai dari tingkat pendidikan, desa, hingga masyarakat luas,” kata Gus Udin.

Strategi pertama yakni menggandeng masyarakat luas untuk membuat film pendek terkait sejarah Kabupaten Bogor. Diharapkan, melalui film pendek itu peserta banyak menggali situs-situs bersejarah di Kabupaten Bogor.

Selain itu, dalam waktu dekat juga Pemkab Bogor akan melakukan lomba video pariwisata desa. Gus Udin melihat, setiap desa tentunya mempunyai sisi pariwisata untuk dilombakan.

“Seluruh desa dapat mengikuti lomba dengan harapan mereka mau berbenah dan memvideokan destinasi pariwisata di desanya. Hadiahnya Rp 1 miliar, yang merupakan intensif untuk perbaikan infrastruktur pada desa wisata,” katanya.

Strategi ketiga yakni dengan memberdayakan pelajar tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dalam mata pelajaran lapangan selama pembelajaran jarak jauh membuat konten kreatif terkait UMKM atau kuliner di lingkungan sekitarnya.

Gus Udin optimis bila strategi-strategi itu didukung dengan promosi yang masif dapat meningkatkan pariwisata dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Bogor.

“Sehingga strategi promosi mulai dari masyarakat luas, desa, dan pelajar dapat meningkatkan potensi pariwisata Kabupaten Bogor ke depan,” tambah Gus Udin.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *