Penanganan Covid-19, BPKH Berikan 4 Unit Ambulance Melalui NU Care-Lazisnu

  • Whatsapp

Suara-pembaruan.com – Program Kemaslahatan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI bersama NU Care-LAZISNU, menyalurkan bantuan 4 mobil ambulance yang bertujuan untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19 pada khususnya.

Ketua NU Care-LAZISNU M Wahib Emha mengatakan, keempat ambulance ini tersedia berkat kerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI melalui Program Kemaslahatan. Mobil disediakan untuk membantu masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Menurut Wahib, pengadaan ambulance tersebut merupakan penyaluran bantuan tahap kedua dari Program Kemaslahatan BPKH RI. Pada tahap sebelumnya, telah disalurkan sejumlah mobil ambulance kesehatan ke berbagai daerah, termasuk mobil penanganan kebencanaan melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU).

“Sudah puluhan (ambulance dan mobil yang disalurkan). Ini tahap kedua. Tahap ketiga, nanti ke beberapa rumah sakit,” imbuh Wahib usai penyerahan, Kamis (05/7).

Pihaknya menambahkan selain bantuan ambulance, kerja sama dengan BPKH RI juga diimplementasikan dalam bentuk kategori kegiatan sosial keagamaan, seperti bantuan untuk penanganan Covid-19 dan bantuan renovasi tempat ibadah.

“Bantuan kebencanaan. Juga bantuan di kategori pendidikan seperti bantuan bangunan pesantren. Dan ini (bantuan), yang diserahterimakan yaitu ambulance, masuk kategori kesehatan,” jelas Wahib.

I Komang Koheri, Anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan menyalurkan bantuan 4 mobil ambulance dari BPKH RI (Badan Pengelola Keuangan Haji) melalui program aspirasi I Komang Koheri sebagai tindak lanjut dari program kemaslahatan antara BPKH dan NU Care Lazisnu kepada lembaga penerima manfaat. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin (05/7/2021) yang bertempat di kampung Rama Dewa, kecamatan Seputih Raman, kabupaten Lampung tengah.

Dalam sambutannya mengawali kegiatan penyerahan 4 mobil ambulance ini Bapak Ahmad Zaki sebagai Deputi SDM dan Umum BPKH RI yang hadir secara online menyampaikan betapa besar perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang berkaitan dengan keagamaan dan kemanusiaan agar dapat berjalan dengan baik. Semoga kehadiran mobil ambulance ini bisa berguna bagi semua masyarakat. Tetap jaga kesehatan dan imun tubuh” imbuhnya.

Sementara itu dalam sambutannya I Komang Koheri menyampaikan, “Bantuan mobil Ambulance ini adalah merupakan aspirasi dari masyarakat yang terkumpul pada saat reses di daerah. Dirinya berkomitmen untuk tetap memberikan perhatian kepada semuanya tanpa membedakan satu dengan yang lainnya. Hari ini secara resmi, kami menyerahkan bantuan pemerintah berupa empat unit mobil ambulans kepada berbagai elemen masyarakat di Lampung. Bantuan Mobil Ambulance silahkan digunakan dan dirawat untuk kepentingan masyarakat tanpa adanya perbedaan dan juga bukan untuk kepentingan politik praktis,”jelas Komang.

Sambutan Anggota DPD RI H. Bustami Zainudin menyampaikan bahwa hadirnya kami adalah untuk memastikan penyaluran bantuan mobil Ambulance ini sampai tepat sasaran. Terima kasih kepada jamaah haji yang telah menitipkan dananya kepada Negara karena bantuan mobil Ambulance ini berasal dari Pengelolaan Dana Haji, gunakan secara maksimal mobil Ambulance ini untuk Kemaslahatan Umat tanpa memandang ras.

Sedangkan para penerima manfaat dari ketua Yayasan Ponpes Miftahul Ulum Bp Nurul Huda, SHi menyampaikan rasa terimakasih kepada BPKH RI dan Anggota DPR RI Komang Koheri yang telah menginisiasi program bantuan mobil Ambulance ini, semoga amal jariyah bagi seluruh jamaah haji yang telah menitipkan dananya kepada Negara.

Penerima Manfaat kedua yaitu Ketua Lembaga Sosial Mental Sabilunnajah Bp. Nurcholis menyampaikan agar semoga amal ibadah atas program penyaluran bantuan mobil Ambulance ini dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Hal ini juga disambut dengan rasa syukur oleh Kyai Rahmad Hidayat sebagai Ketua Yayasan Darussolihin agar bantuan ini bermanfaat untuk seluruh umat. Bapak Ma’ruf Setiawan sebagai Ketua Yayasan Baitul Quran Alqori juga menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan proposal kami berupa bantuan mobil Ambulance.

Ada empat lembaga penerima manfaat bantuan mobil Ambulance di kabupaten Lampung adalah;

  1. Pondok Pesantren Miftahul Ulum, di Jl. Kampung Mahabang Kec. Delte Teldas Kabupaten Tulang Bawang.
  2. Lembaga Kesejahteraan Sosial Mental Sabilunnajah, di Dusun 3 Kp. Kurnia Mataram Kec. Seputih Mataram, Kabupaten Lampung tengah.
  3. Yayasan Darussolihin Pulung Kencana Ponpes Tebu Ireng 12, di Jl. Tiyuh Pulung Kencana Kec. Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat.
  4. Yayasan Baitul Quran Alqori. Alamat : Jl. Meliwis Lk 3 Kec. Bandar Jaya Timur di Kabupaten Lampung tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *