Rencana Program Travel Corridor 10 Provinsi Anggota Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama

  • Whatsapp
Rencana Program Travel Corridor 10 Provinsi Anggota Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama


Suara-Pembaruan.com – Awal mula berdirinya Mitra Praja Utama (MPU) Forum ini terbentuk dengan dilandasi adanya keinginan bersama enam Gubernur se-Jawa dan Bali untuk menangani masalah yang dialami bersama oleh masing-masing daerah seperti masalah penyebaran penduduk yang belum merata.

Bacaan Lainnya

Upaya menggali dan memanfaatkan potensi daerah yang apabila tidak segera diupayakan penanggulangannya akan menimbulkan kesenjangan ekonomi dan sosial antar daerah dan pada akhirnya menimbulkan berbagai masalah yang lebih kompleks, oleh karena itu diperlukan adanya kerjasama antar daerah atas dasar saling membantu untuk mendukung pembangunan daerah masing-masing.

Menurut Suwarno sebagai Direktur eksekuti Mitra Praja Utama menyatakan kerja sama ini ada 10 provinsi yang ada di Indonesia. “Ada 10 provinsi yang sudah bekerja sama Mitra Praja Utama dalam hal pemulihan ekonomi masyarakat melalui travel corridor ini”ungkapnya.

Maksud diadakannya Perjanjian Kerjasama ini adalah untuk mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mengupayakan perjalanan wisata yang aman, sehat, dan terkendali, dengan melibatkan seluruh sektor yang mendukung industri pariwisata.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk :

  • Sebagai upaya penyelenggaraan wisata secara terpadu yang melibatkan seluruh sektor industri pariwisata;
  • Sebagai upaya mempercepat/akselerasi pergerakan wisata di antara provinsi-provinsi anggota Mitra Praja Utama;
  • Mendukung dan memfasilitasi pergerakan wisata di antara provinsi-provinsi anggota Mitra Praja Utama;
  • Mengupayakan mitigasi resiko secara bersama-sama dari akselerasi pergerakan wisata tersebut;
  • Meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melibatkan UMKM, pelaku industri pariwisata, komunitas, dan stakeholder lainnya agar pergerakan pariwisata tersebut menghasilkan dampak pengganda ekonomi secara optimal; dan
  • Mempromosikan Travel Corridor agar menjadi pendorong perjalanan wisata di antara provinsi anggota Mitra Praja Utama.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *