Sedang Hamil, Paula Verhoeven Positif Covid-19 Dua Kali, Mengapa Bisa Terjadi?

  • Whatsapp
Sedang Hamil, Paula Verhoeven Positif Covid-19 Dua Kali, Mengapa Bisa Terjadi?
banner 468x60


Meski sudah pernah dinyatakan negatif atau sembuh dari infeksi COVID-19, rupanya tidak menutup kemungkinan seseorang akan terinfeksi kembali. Contohnya artis Paula Verhoeven yang baru-baru ini dikabarkan positif COVID-19 lagi untuk kedua kalinya.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Istri dari Baim Wong yang sedang mengandung anak keduanya itu diberitakan kembali terinfeksi virus Corona. Padahal, sebelumnya ia sudah pernah terinfeksi virus yang sama. Hal apa saja yang bisa mengakibatkan seseorang terkena COVID-19 lebih dari sekali?

Artikel Terkait: Paula Verhoeven Positif COVID-19 saat Hamil 9 Minggu, Ini 5 Faktanya

Paula Verhoeven Positif COVID-19 Lagi untuk Kedua Kalinya

Paula Verhoeven yang berprofesi sebagai model dikabarkan kembali terinfeksi COVID-19 dan kini tengah menjalani isolasi mandiri di kediamannya sejak tanggal 18 Mei 2021.

Sang suami, Baim Wong, menjelaskan bahwa awalnya mereka berdua menjalankan tes PCR sebagai syarat wajib untuk bepergian keluar kota. Baim dan Paula memang berencana untuk berlibur ke pulau Bali bersama dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Hasil yang mereka dapatkan Baim negatif COVID-19, namun Paula ternyata positif dengan CT Value sebesar 31,32. Ia memang menderita gejala yang ringan seperti batuk dan pilek.

Akhirnya Baim pun membatalkan rencana perjalanan ke Bali tersebut padahal sudah membayar biaya perjalanan dan penginapan.

Sedang Hamil, Paula Verhoeven Positif Covid-19 Dua Kali, Mengapa Bisa Terjadi?

“Bingung nih makanya kok bisa dua kali positif. Yang kemarin kan nggak ketahuan tuh, nah yang sekarang ketahuan,” kata Baim melalui video yang ia unggah di kanal Youtube pribadinya, Baim Paula.

Baim bercerita anak mereka Kiano yang masih kecil sudah bisa merasakan ketidakhadiran ibunya yang harus menjalani isolasi mandiri.

“Jadi Kiano itu tidur lihat kanan kiri, kalau misalkan ada orang dia tengkepin kepala dia ke kepala kita supaya ada teman. Itu kebiasaan dia kalau tidur. Nah, kemarin dia lihat kiri nggak ada orang, abis itu dia tempelin kepalanya ke gue. Dia bangun, abis itu dia duduk ke bawah tempat mamanya nonton Korea,” cerita Baim.

Menurutnya, sang putra tampak sedih karena terpaksa harus berjauhan dengan ibunya. Kiano pun dirasanya lebih manja tanpa Paula yang biasa mengurusnya sehari-hari.

“Ya Allah Mama, nangis lho dia. Langsung ketawa tuh, dia seneng banget. Emang benar, dia nyariin kamu melulu, nginget mulu, manggil kadang-kadang. Nyari ke atas, foto kamu ditunjuk-tunjuk,” kata Baim kepada Paula ketika menghubunginya melalui video call.

Paula juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa kangen harus terpisah sementara dengan buah hatinya meskipun masih satu rumah.

Artikel Terkait: Positif Hamil, Paula Verhoeven: “Allah Tahu Waktu Terbaik Kita Punya Anak Lagi”

Mengapa Seseorang Bisa Terkena COVID-19 Lebih Dari Sekali?

Sedang Hamil, Paula Verhoeven Positif Covid-19 Dua Kali, Mengapa Bisa Terjadi?

Seseorang yang sudah pernah terinfeksi Virus Corona secara signifikan memang lebih kecil memiliki kemungkinan untuk tertular virus tersebut kembali. Namun menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, risiko terinfeksi ulang bukannya tak ada sama sekali.

Berdasarkan studi yang dilakukan di Denmark pada tahun 2020 pada sekelompok penyintas COVID-19, hanya 0,65% yang mengembalikan hasil tes PCR positif sebanyak dua kali. Meskipun begitu, terbukti para penyintas di bawah usia 65 tahun memiliki perlindungan alami dari sistem kekebalan tubuh sekitar 80%.

Sementara mereka yang berusia 65 tahun ke atas hanya mendapatkan perlindungan sekitar 47% yang menunjukkan hasil bahwa mereka lebih mungkin untuk tertular COVID-19 untuk kedua kalinya.

Artikel Terkait: Anak Paula Verhoeven Terinfeksi Flu Singapura, Bikin Panik!

Sedang Hamil, Paula Verhoeven Positif Covid-19 Dua Kali, Mengapa Bisa Terjadi?

Mengutip dari BBC, sistem kekebalan tubuh kita adalah pertahanan untuk melawan infeksi.

Dalam sistem kekebalan tubuh, ada bagian yang bertindak sebagai penyerang zat asing yang terdeteksi dalam tubuh. Bagian ini dikenal sebagai respon imun bawaan dan melepaskan bahan kimia yang menyebabkan peradangan dan sel darah putih untuk menghancurkan sel yang terinfeksi.

Saat pertama kali terinfeksi COVID-19, respon sistem imun setiap orang berbeda-beda. Meski sudah sembuh dan menghasilkan antibodi untuk mencegah infeksi COVID-19, bisa saja antibodi yang dihasilkan dari respon awal ini melemah sehingga tidak menutup kemungkinan seseorang terinfeksi lagi oleh virus Corona.

Selain itu, diketahui ada beberapa varian virus Corona yang bermutasi sehingga virus tersebut bisa menghindari antibodi yang dimiliki oleh penyintas COVID-19. Hingga kini diketahui ada beberapa varian baru Virus Corona yang masuk ke Indonesia, yaitu B117, B1617, dan yang terbaru B1351.

Semoga segera diberikan kesembuhan untuk Paula Verhoeven yang positif terinfeksi COVID-19 lagi untuk kedua kalinya. Mengingat Paula juga sedang hamil, semoga bisa kembali sehat seperti sedia kala.

Baca Juga:

Paula Hamil Anak Kedua, Baim Wong Pertemukan Mak Beti dengan Istrinya sebagai Hadiah

10 Potret Kiano Tiger Wong, Si Pipi Bakpao yang Suka Ngemil Brokoli

Baim Wong ultah, ini yang doa yang diberikan sang istri untuknya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *